Aplikasi Edit Video di Laptop (PC) Terbaik Sepanjang Masa

  • 7 min read
  • Mar 29, 2020
aplikasi edit video

Setelah kemarin mengulas tuntas cara mengetahui password WiFi, pada kesempatan ini Mahatekno akan membagikan 15 aplikasi edit video untuk PC atau Laptop terbaik yang sangat direkomendasikan.

Bukan hanya soal bagus saja, kelima belas aplikasi edit video yang saya ulas ini juga sangat mudah sekali digunakan untuk beragam kebutuhan kamu, misalnya buat edit konten YouTuber, jasa editing, dan lain-lain.

Aplikasi editing video yang saya bagikan kali ini mempunyai keunggulan masing-masing, dan memiliki berbagai fitur-fitur canggih yang akan membantu kamu dalam mengedit video agar mendapatkan hasil yang memuaskan, keren, dan elegan.

Saya sengaja mengulas 15 software ini dalam satu artikel, agar kamu bisa memilih software edit video yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Penasaran aplikasi untuk mengedit video di laptop dan PC yang akan Mahatekno ulas apa saja? Silakan simak review berikut ini.

AVS Video Editor

download aplikasi edit video

AVS Video Editor tergolong aplikasi edit video yang memiliki kapasitas dan ringan saat dioperasikan. Jadi, wajar saja jika aplikasi ini menjadi pilihan banyak pengguna untuk melakukan editing video.

Software AVS Video Editor memiliki fitur menarik yang bernama “Video Cache” yang memungkinkan kamu untuk menyunting video apa saja dengan resolusi full-HD secara cepat dan optimal tanpa kendala.

Selain itu, AVS Video Editor juga menyematkan fitur-fitur umum yang dimiliki setiap software edit video seperti memotong video, memisakan, memasukkan audio untuk video yang sedang diedit, ataupun menambahkan teks.

Oiya, aplikasi pengedit video yang satu ini juga sudah menyiapkan 300 efek dan juga transisi yang bisa kamu gunakan untuk memberikan sensasi video menjadi lebih kreatif dan menarik untuk ditonton.

Mau mencoba aplikasi pembuatan video AVS ini? Download saja software-nya di sini.

Sony Vegas Pro 13

software edit video

Secara sekilas, sebagian dari kamu pasti akan mengenali namanya, dan bisa menyimpulkan kalau aplikasi edit video yang satu ini pasti buatan Sony.

Tebakan kamu benar, software Sony Vegas Pro 13 ini adalah aplikasi besutan Sony yang bisa membantu kamu dalam proses pembuatan ataupun mengedit video bagus secara mudah.

Aplikasi made in Jepang ini termasuk salah satu aplikasi editing video yang sering digunakan oleh para editor profesional.

Sebagai aplikasi yang tergolong profesional ini, Sony Vegas Pro menawarkan berbagai fitur mumpuni untuk para penggunanya.

Cara menggunakan aplikasi edit video pc gratis terbaik ini sangatlah mudah, kamu hanya perlu drag saja video yang akan diedit, lalu Sony Vegas Pro 13 ini akan membuatkan 2 kolom khusus, yakni video dan juga sound.

Selanjutnya, kamu bisa meng-kreasikan video tersebut sesuai keinginan kamu dengan memanfaatkan tools yang disediakan di dalam aplikasi Sony Vegas Pro 13.

Buat kamu yang penasaran dan ingin mencoba software ini, kamu bisa mengunduhnya di sini.

VirtualDub

editing video

Butuh aplikasi untuk edit video di laptop atau komputer (PC)? Kamu dapat mencoba software VirtualDub sebagai salah satu pilihan yang paling tepat.

Sayangnya, aplikasai yang satu ini hanya mendukung PC yang menggunakan sistem operasi Windows saja. So, untuk pengguna Linux, dan OS lainnya, silakan pilih software yang lainnya.

Aplikasi editing video yang satu ini nggak ribet untuk digunakan. Tampilannya yang simpel, membuat orang nyaman saat mengedit video dengan VirtualDub.

Kalau ingin mengganti audio ataupun menghapusnya, kamu bisa melakukannya dengan mudah menggunakan VirtualDub.

Eitsss… Bukan hanya itu saja!

Software VirtualDub juga memiliki sebuah fitur menarik yang memungkinkan kamu untuk merekam video di layar laptop alias Screen Recorder, lho!

Ingin mencobanya? Jajal saja langsung aplikasi ini sekarang juga! Untuk menginstall-nya, klik di sini.

Corel Video Studio

aplikasi edit video di laptop

Setelah berhasil merilis Corel Draw sebagai software editing foto terbaik, kini juga hadir Corel VideoStudio sebagai aplikasi edit video terbaik secara gratis dan berbayar.

Mungkin sebagian teman-teman editing sudah tidak asing lagi jika mendengar Corel yang menciptakan software CorelDraw dan Corel Video Studio yang sangat terkenal dengan aplikasi video editing.

Aplikasi Corel Video Studio ini menawarkan kemudahan dalam proses pembuatan maupun penyuntingan video, dengan antarmuka (interface) yang sangat simple juga sederhana.

Bukan itu saja, Corel Video Studio juga termasuk salah satu dari sekian aplikasi edit video yang canggih sepanjang masa.

Dengan segala kemudahan yang ditawarkan, aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk menyunting video bagi pemula (newbie).

Buat kamu yang berminat untuk mencoba menggunakan aplikasi ini, silakan install aplikasinya melalui link ini.

Adobe Premiere Pro

adobe premiere pro

Siapa coba yang nggak kenal dengan Adobe? Perusahaan yang terkenal dengan aplikasi edit fotonya yang bernama Adobe Photoshop, dan Adobe Ilustrator.

Sekarang ini, Adobe juga merilis software yang bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhan edit video, yaitu Adobe Premiere Pro.

Pada aplikasi ini, Adobe menawarkan berbagai jenis fitur dan segala kemudahan bagi penggunanya untuk menunjang kebutuhan pengeditan video, agar memperoleh hasil yang bagus.

Jangan ragu lagi dengan developers software yang satu ini, Adobe sudah sangat terkenal dan ahli dalam merilis aplikasi editing, entah itu foto maupun video.

Adobe Premiere Pro juga tergolong aplikasi pengedit video yang sering dipakai oleh para profesional, sama dengan Sony Vegas Pro 13 yang sudah tadi saya bahas di atas.

Jika kamu berminat untuk menggunakannya, silakan download Adobe Premiere Pro ini dengan cara klik di sini.

Windows Movie Maker

Aplikasi edit video untuk PC yang selanjutnya hany bisa digunakan oleh pengguna komputer ataupun laptop berbasis Windows.

Windows menciptakan software ini khusus buat kamu yang suka banget membuat ataupun mengedit video.

Masih sama dengan aplikasi yang sebelumnya, tampilan antar muka aplikasi ini juga sangat sederhana dan simpel.

Alhasil, aplikasi Windows Movie Maker ini sangat cocok sekali buat editor pemula yang baru terjun ke dunia editing video.

Salah satu fitur unggulan yang ditawarkan oleh Windows ialah dengan menyematkan beberapa dasar-dasar dalam dunia editing.

Kamu ingin memulai terjun ke dunia editing video juga? Coba gunakan aplikasi Windows Movie Maker ini saja. Jika berminat, silakan klik link ini untuk memulai mengunduh software-nya.

Avidemux

Okeh, kita kembali lagi ke aplikasi edit video untuk laptop (PC) yang bisa kamu download secara gratis tanpa harus mengeluarkan biaya.

Meskipun aplikasi ini ditawarkan secara “free download”, namun aplikasi Avidemux ini menawarkan keunggulan yang bisa diandalkan, yaitu Keperaktisan untuk penggunanya.

Avidemux adalah sebuah aplikasi sederhana yang bisa dimanfaatkan untuk mengedit video.

Aplikasi ini cocok sekali untuk para pemula yang ingin sekali belajar edit video seperti membuat slow motion, memasukkan filter di video, memotong, hingga melakukan pengkodean.

Kamu bisa belajar teori-teori dasar pengeditan video dengan menggunakan aplikasi Avidemux.

Avidemux ini juga sudah support berbagai macam format file video seperti MP4, 3GP, AVI, MKV, ASF, DVD, WebM, dan yang lainnya. Ingin mencobanya? Silakan download software Avidemux di sini.

Camtasia

Dari tadi saya membahas dan review aplikasi edit video untuk laptop dan PC yang support OS Windows saja, beda ceritanya dengan Camtasia. Aplikasi ini sangat kompatibel dan mendukung sistem operasi Windows dan Mac OS.

Begitu terkenal dengan fitur-fitur pengeditan videonya, maka Camtasia bisa dikategorikan sebagai software yang paling keren yang bisa digunakan oleh siapa saja.

Camtasia juga menawarkan sebuah fitur yang bisa kamu gunakan sebagai alat untuk merekam video di PC secara langsung.

Setelah proses perekaman selesai, kamu dapat mengeditnya langsung menggunakan aplikasi Camtasia ini.

Sangat mudah sekali, bukan? Tertarik? Download langsung aplikasi Camtasia ini melalui link ini.

Pinnacle Studio

Jika kamu seorang pemula atau masih tahap belajar mengedit video di PC. Kamu bisa membeli software murah ynag memiliki fasilitas paling lengkap, yang sangat Mahatekno rekomendasikan, yaitu Pinnacle Studio.

Aplikasi edit video berbasis PC ini memang dirancang untuk para pemula, dengan beragam fitur-fitur editing dasar. Intinya, kamu bisa mengedit video sambil belajar juga.

Dengan software Pinnacle Studio ini, pengguna bisa terus mengasah kretivitas pengeditan video. Pasalnya, kualitas yang ditawarkan oleh Pinnacle sendiri sudah terbilang sangat baik.

Mau ikut belajar menyunting video juga? Jangan banyak mikir, langsung saja download aplikasi Pinnacle Studio melalui link berikut ini.

Penggunanya bisa mengasah kreativitas penyuntingan video dengan aplikasi Pinnacle studio. Kualitas yang disajikan oleh Pinnacle studio terbilang cukup baik juga lho. Anda mau belajar editing video? Download aplikasi Pinnacle studio di sini.

HitFilm Express

Kamu mencari aplikasi edit video pc gratis terbaik seperti saya? Kamu bisa gunakan saja software HitFilm Express (free).

Walaupun gratis, namun aplikasi ini tetap memberikan hasil editan video yang bagus dan juga berkualitas.

Satu hal lagi, aplikasi ini tidak hanya support PC Windows saja, tetapi juga bisa digunakan oleh kamu yang memakai sistem operasi MAC.

HitFilm Express juga menyodorkan fitur-fitur yang sangat membantu kamu dalam proses pembuatan video ataupun pengeditan.

Tertarik juga untuk ngedit video dengan HitFilm Express? Jika iya, kamu bisa unduh dan install aplikasinya dengan cara klik disini.

Kate’s Video Toolkit

Buat kamu yang ingin sekali dengan aplikasi edit video yang mendukung format file video yang lengkap, saya sarankan kamu untuk memilih software Kate’s Video Toolkit saja.

Keunggulan aplikasi ini ialah mendukung format video secara lengkap, seperti MP4, SVCD-PAL, MPEG2, DVD-PAL, DVD-NTSC, MPEG1, AVI, WMV, MOV, DIVX, ASF, 3GP, VCD-PAL ,VCD-NTSC, SVCD-NTSC, dan lain-lain.

Selain itu, aplikasi ini bahkan bisa digunakan untuk convert video dengan cepat dan mudah.

Ditambah lagi, software ini mempunyai fitur yang memungkinkan kamu untuk menambah efek 3D Transtions ke video.

Tertarik? Kamu bisa mencoba memasang aplikasi ini di PC yang kamu miliki. Oiya, Kate’s Video Toolkit ini juga bisa digunakan di Komputer yang berbasis Windows 10, 8, 7, Vista, XP, hingga Windows 98.

CineFX Jahshaka

Jika di bahasan sebelumnya, admin hanya membahas aplikasi edit video untuk PC sistem operasi Windows dan MacOS, kini akan me-review software berbasis Linux. Ya, dia adalah CineFX Jahshaka.

Aplikasi yang satu ini tidak hanya dirancang secara khusus untuk pengguna PC dengan sistem operasi Linux saja.

Buat kamu yang menggukan Windows 7, 8, Vista dan XP juga bisa mencicipi aplikasi video yang diberi nama CineFX ini.

Pada aplikasi ini, kamu bebas mengedit video HD, VD, SD, hingga real 3D. Bukan hanya itu, software ini juga bisa membuat video dengan format yang beragam, baik itu AVI, MP4, MOV, MPEG, OGG.

Sayangnya, aplikasi ini belum bisa dikategorikan sempurna 100%. Meskipun belum sempurna, CineFX Jahshaka bukan aplikasi yang buruk untuk editing video, ya.

Kalau ingin mencobanya, kamu bisa mengunduh aplikasi yang satu ini melalui tautan berikut.

VideoPad Video Editor

Kalau kamu pengguna smartphone Android, mungkin pernah mendengar aplikasi VideoPad ini.

Namun kenyataannya aplikasi VideoPad Video Editor ini bukan hanya untuk HP Android saja, software ini bisa digunakan di laptop dan komputer (PC) dengan OS Windows apa saja.

Pada dasbor aplikasi, kamu akan dibuat manja dengan berbagai macam fitur yang menarik, seperti cutting video, drag & drop, serta kamu juga bisa menambahkan efek dan transisi yang sangat unik dan menarik di VideoPad.

Tertarik? Kamu bisa mendapatkan aplikasinya dengan cara klik saja di sini.

VSDC

Yang satu ini adalah aplikasi edit video terbaik untuk PC kesukaan admin Mahatekno, namanya VSDC Free Video Editor.

Aplikasi yang satu ini mampu mengedit video dengan berbagai pilihan kualitas baik HD, Full-HD, Q-HD, U-HD, hingga 4K tanpa watermark.

Tak cukup sampai di situ, software PC yang satu ini juga bisa kamu install dengan cepat dan mudah sekali.

Yang lebih istimewa dari aplikasi ini, kamu nggak usah bingung disaat melakukan editing video. Sebab, VSDC ini sudah dibekali dengan interface atau tatap muka aplikasi yang mudah, aman, dan nyaman.

Bagaimana sangat keren sekali bukan? Kamu juga bisa unduh langsung aplikasinya di sini. (Jika butuh lisense pro, silakan hubungi saja admin via Contact Us).

Lightworks

Aplikasi edit video untuk PC yang terakhir, dan sangat saya rekomendasikan adalah Lightworks.

Developers aplikasi ini mengklaim aplikasi besutannya ini mampu mengedit video layaknya seorang video editor profesional.

Pasalnya, aplikasi yang satu ini banyak menyuguhkan fitur-fitur yang menarik.

Yang paling unik adalah Lightworks ini juga bisa mengedit video dengan resolusi HD, NTSC, dan PAL.

Yang lebih mengesankannya lagi, aplikasi ini sudah berhasil diuji oleh para editor profesional juga lho.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba aplikasi yang kaya akan fitur ini? Langsung saja download aplikasinya di sini.

Demikianlah bahasan dari saya mengenai kumpulan aplikasi edit video di laptop dan PC yang terbaik sepanjang masa versi Mahatekno.

Semua aplikasi tersebut, bisa kamu gunakan disaat sedang online maupun offline, lho.

Jadi, kamu bisa memakai kelima belas aplikasi di atas tanpa harus membutuhkan koneksi internet, ya.

Semoga membantu.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *