Aplikasi Telegram Hadir Dengan 6 Keunggulan Menarik

  • 3 min read
  • Mei 23, 2020
aplikasi telegram

Di Indonesia banyak sekali aplikasi chatting yang sangat menarik dan nyaman digunakan seperti halnya Facebook, WhatsApp Mesenger, Instagram, LINE. Ditambah satu aplikasi chatting yang tidak kalah populernya dan memiliki segudang fitur unik, yakni Telegram.

Apa itu Telegram? Telegram adalah salah satu aplikasi chatting yang bisa kamu gunakan untuk mengirim dan menerima pesan, share foto/gambar, video dan juga audio, serta bisa saling tukar file yang ter-enkripsi. Bukan hanya itu saja, Telegram juga bisa digunakan di semua platform atau sistem operasi baik itu di smartphone Android, iOS (iPhone), Windows, Linux, hingga laptop atau komputer MacOS milik Apple sekalipun.

Telegram juga mempunyai banyak sekali kelebihan-nya jika dibandingkan dengan aplikasi chatting yang lain. Apa saja kelebihannya? Yuk, kita simak sama-sama :

Fleksibel

Kelebihan yang pertama dari app Telegram itu sangat fleksibel. Yang artinya banyak sekali fitur-fitur tambahan yang bisa kamu manfaatkan dalam aplikasi chatting yang satu ini, salah satunya ialah kamu bisa membuat polling.

Untuk membuat polling di aplikasi Telegram itu sangat mudah sekali, kamu tinggal membuat dan langsung menambahkannya sendiri di aplikasi. Jadi, kalau cuma urusan polling, kamu nggak harus nunggu developers Telegram untuk memperbaharui (update) fitur ini.

Oleh karena itu, aplikasi ini pantas dinobatkan sebagai aplikasi perpesanan yang sangat fleksibel sekali. Coba saja kamu bandingkan dengan aplikasi chatting sejenisnya seperti WhatsApp Mesenger ataupun LINE, lebih fleksibel mana ayo?

Sangat Aman

Sama seperti WhatsApp, aplikasi Telegram juga sudah dibekali dengan fitur keamanan yang bernama enkripsi end-to-end. Yang menjadikannya unggul adalah Telegram ini memakai skema MTProto yang jelas akan membuatnya sangat aman sekali.

Bukan hanya itu, ternya Telegram mempunyai sebuah fitur unik yang belum dimiliki oleh aplikasi chatting manapun, yakni Secret Chat.

Secret Chat adalah salah satu fitur unggulan Telegram yang memungkinkan dua pengguna untuk saling mengirim pesan. Begini, jika ada dua pengguna contohnya si A dan si B yang keduanya saling terkoneksi pada jalur screet chat Telegram, maka pesan yang dikirim oleh si A akan sampai dan berakhir di chat si B, begitu juga sebaliknya.

Channel

Tidak mau kalah dari WhatsApp dan Blackberry Mesenger (BBM) yang memiliki fitur Broadcast Message, Telegram app juga mempunyai fitur Channel yang tidak kalah menariknya.

Broadcast Message ataupun Channel Telegram adalah sama-sama fitur komunikasi satu arah. Yang menjadi pembedanya adalah fitur Channel sangat mudah sekali digunakan, lho!

Buat kamu yang ingin tahu arti dari setiap emoji atau emote di WhatsApp, kamu bisa membaca artikel Mahatekno yang berjudul: Arti Emoticon WhatsApp.

Jika pada layanan Broadcast Message pengguna harus menentukan terlebih dahulu siapa saja yang akan dikirimi pesan (chat), namun di fitur Channel milik Telegram ini pengguna cukup fokus ke konten chat saja. Jadi, nggak perlu ribet harus memikirkan bagaimana cara mengirimkan pesannya!

Intinya, ketika kamu sudah selesai menulis pesan, maka berkat bantuan fitur Channel ini pesan tersebut akan masuk ke semua orang yang mengikuti kamu (follower’s) secara otomatis.

Keunggulan utama dari fitur Channel ini adalah mempunyai kapasitas yang sangat besar, sehingga buat para pelaku bisnis online shop (olshop) bisa memanfaatkan fitur ini untuk jualan produk atau jasa ataupun untuk update informasi seputar bisnis yang ia geluti.

Cloud-Based Message

Kelebihan ke-empat dari Telegram adalah fitur cloud-based message (bahasa Indonesia: pesan berbasis awan). Artinya dengan menggunakan Telegram, kamu dapat berkomunikasi atau chattingan dengan siapa saja (yang terdaftar di Telegram) tanpa adanya batasan device.

Kamu bisa membuka aplikasi Telegram di ponsel pintar, laptop, komputer (desktop PC) dan chat (pesan) yang masuk ke akun Telegram-mu atau pesan yang berhasil kamu kirim semuanya akan sama saja.

Uniknya, setiap pesan yang kamu kirimkan ke lawan chatting kamu itu dirubah (hapus atau edit), maka pesan yang akan/sudah diterima akan ikut berubah juga. Jadi, nggak seperti WhatsApp kan?

Kirim File Ukuran Besar

Jika di aplikasi WhatsApp (WA) kamu hanya bisa mengirim file dengan ukuran maksimal 16 MB, dan/atau mengirim video di statusnya dengan durasi yang sangat singkat, yaitu cuma 30 detik.

Beda ceritanya dengan Telegram, lho!

Kamu bisa mengirimkan berbagai jenis file baik itu teks, audio (mp3, voice note, dll), foto atau gambar, video, dokumen dan file lainnya melalui pesan Telegram dengan ukuran file yang super jumbo, yaitu 1,5 GB (maksimal).

Yang lebih menariknya lagi terletak pada fitur chat grup, kamu bisa membuat sebuah group dengan kapasitas anggota yang sangat banyak, yakni hingga mencapai 5.000 pengguna.

Sangat Ringan

Yang terakhir, keunggulan Telegram ini adalah sangat ringan digunakan dan sama sekali tidak membebani memori penyimpanan perangkat kamu.

Berbeda dengan WhatsApp yang setiap file yang kamu bagikan/kirimkan akan tersimpan di dalam memori HP kamu. Namun di Telegram file-file tersebut akan tersimpan di servernya (cloud) selamanya, kecuali kamu menghapus file tersebut.

Kamu nge-share file apa saja (foto, audio, video, dll) itu sama sekali tidak akan membuat memori gadget kamu terbebani. Dan fitur inilah yang mampu membuat aplikasi Telegram lebih unggul dari LINE yang notabenya akan menyimpan file di server hanya dalam jangka waktu tertentu saja.

Demikianlah artikel mengenai Telegram beserta 6 fitur unggulannya yang bisa saya ulas pada kesempatan ini.

Jika memang ada yang ingin ditanyakan, atau mau memberikan saran atau kritik, silakan tuliskan saja di kolom komentar di bawah.

Jangan lupa untuk share artikel ini ke akun sosial media milikmu, agar teman-teman kamu juga tahu apa yang sudah kamu tahu!

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *