4+ Aplikasi Untuk Memantau Tumbuh Kembang Anak

  • 4 min read
  • Nov 02, 2020
aplikasi untuk memantau tumbuh kembang anak

Adakah aplikasi untuk memantau tumbuh kembang anak? Pertanyaan semacam ini seringkali dilontarkan oleh ibu-ibu kepada saya beberapa pekan lalu. Seperti halnya bunda yang ingin si buah hatinya tertarik mengonsumsi sayuran dan buah-buahan, bunda bisa menyajikan sayuran atau buah tersebut sebagai menu finger food yang menarik. Sedangkan untuk memantau tumbuh kembang si buah hati, bunda bisa memanfaatkan aplikasi smartphone, lho!

Sekarang ini, semua informasi sangat mudah sekali didapatkan hanya dengan memanfaatkan ponsel pintar atau smartphone dengan bantuan jaringan internet.

Bunda bisa memperoleh semua informasi tentang apa saja dengan hanya menggeser dan mengusap-usap layar gadget, termasuk informasi mengenai perkembangan si buah hati.

Aplikasi Untuk Memantau Tumbuh Kembang Anak

Ada banyak sekali aplikasi-aplikasi yang bermunculan guna membantu memantau tumbuh kembang anak, mulai dari perkembangan motorik mingguan, sampai dengan rangsangan agar si buah hati bisa berkembang sesuai dengan tahapan – tahapan atau fase pertumbuhannya.

Oke bunda, mari kita simak sama-sama aplikasi apa saja yang bisa membantu memantau tumbuh kembang anak berikut di bawah ini :

Teman Bumil

aplikasi teman bumil

Pertama kita awali ketika si buah hati masih berada dalam kandungan bunda, ya!

Teman bumil merupakan salah satu aplikasi android yang sangat cocok sekali untuk bunda gunakan.

Dalam aplikasi ini ada banyak sekali referensi-referensi yang dapat digunakan oleh ibu hamil (bumil) dalam melewati dan menikmati masa-masa kehamilan.

Teman bumil adalah salah satu aplikasi parenting yang mempunyai konten-konten menarik di dalamnya.

Salah satu contohnya adalah ada beberapa tahapan atau suatu proses (persiapan) semenjak bunda hamil sampai dengan menjelang melahirkan si buah hati dalam bentuk ceklis.

Aplikasi ini tentunya akan memudahkan bunda untuk melihat sudah sejauh mana persiapan-persiapan calon ibu dalam menyambut bayinya yang akan lahir.

Bukan hanya itu saja, ada juga konten yang berisi mengenai informasi penting baik untuk ibu ataupun janin yang berbentuk artikel, misalnya seperti resep masakan, inspirasi nama bayi, tips hidup sehat, dan yang lainnya.

Oiya, teman bumil juga menyediakan sebuah konten unggulan yang bernamakan “Janin 360” yang mana akan memudahkan bunda untuk melihat perkembangan janin, termasuk juga untuk memantau perkembangan organ-organ janin.

Informasi tambahan, buat bunda yang sedang berjualan makanan di media sosial namun kurang menarik perhatian pembeli, coba deh baca artikel yang berjudul contoh kata kata promosi makanan di Instagram.

Apikuan

aplikasi untuk memantau tumbuh kembang anak

Setelah bunda melahirkan si buah hati, ada sebuah aplikasi tumbuh kembang anak yang dapat bunda unduh secara gratis di Google Play Store, namanya tidak lain adalah Apikuan.

Apikuan adalah salah satu aplikasi android yang didesain secara khusus untuk orang tua – orang tua baru untuk memantau tumbuh kembang si buah hatinya sampai dengan usia 24 bulan (2 tahun).

Konten yang disediakan di dalam aplikasi ini sangat beragam sekali, mulai dari deskripsi perkembangan si kecil (tahapan demi tahapannya), timeline pertumbuhan, jadwal melakukan imunisasi dan bahkan bunda bisa membuat catatan harian sesuai dengan perkembangan-perkembangan yang ditunjukkan oleh si buah hati.

Di Google Play Store sendiri, aplikasi ini berhasil mendapat rating 5.0 yang merupakan rating bagus. Oiya, aplikasi yang satu ini ternyata dirancang oleh mahasiswa-mahasiswa cerdas dari Fakultas Teknologi Industri – Universitas Islam Sultan Agung (Unissula), Semarang – Jawa Tengah.

Baca juga: Contoh Iklan Kue Ulang Tahun, Kering, Lebaran di Instagram

PrimaKu

aplikasi untuk anak cerdas

Aplikasi tumbuh kembang anak yang satu ini dipublikasikan di Google Play Store oleh PT. Cipta Medika Informasi, omong-omong aplikasi ini dilatarbelakangi oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

PrimaKu adalah aplikasi yang akan memudahkan orang tua sebagai pengguna dari aplikasi ini untuk terus memantau tumbuh kembang si kecil, secara berkala dan juga berkelanjutan.

PrimaKu juga biasanya akan memberikan sebuah kuesioner untuk mendeteksi adanya faktor yang menyebabkan keterlambatan pertumbuhan si kecil, yang mana sudah dilengkapi dengan adanya cara stimulasi yang dapat bunda terapkan agar tidak terjadinya keterlambatan.

Selain itu, ada juga fitur KPSP atau Kuesioner Praskrining Perkembangan. Fitur ini akan meminta bunda untuk memasukkan (entry) data si buah hati, mulai dari tanggal lahir, berat dan tinggi badan, lingkar kepala dan yang lainnya, dan setelah itu akan terlihat apakah si kecil tumbuh dengan perkembangan yang normal atau tidak.

Menurut admin Mahatekno sendiri, yang paling penting dalam aplikasi ini adalah, PrimaKu ini secara langsung terkoneksi dengan para dokter spesial anak di seluruh Indonesia, yang mana sudah disesuaikan dengan domisili/tempat tinggal bunda.

Oiya, saat bunda mengunduh dan menginstal aplikasi ini, maka bunda akan langsung mendapatkan sebuah ID atau nomor anak yang dapat secara langsung bunda konsultasikan ke dokter anak, lho!

Baca juga: Toko Buah Terdekat (Fruit Store) Daerah Jakarta dan Sekitarnya

Chai’s Play

Yang terakhir ada aplikasi tumbuh kembang anak yang bernama Chai’s Play, yang mana aplikasi ini berisikan aneka ragam permainan-permainan edukasi untuk si buah hati dan juga informasi parenting lainnya.

Aplikas yang satu dirancang secara khusus untuk orang tua yang memiliki anak-anak berusia 0 s/d 6 tahun.

Game edukasi yang disediakan dalam aplikasi ini sangat beragam sekali, mulai dari permainan emosi dan kognitif, kelekatan dan sensorik, dan game-game lainnya.

Permainan edukasi yang disarankan juga termasuk yang paling mudah untuk dibikin dengan hanya bermodalkan peralatan dan perlengkapan sederhana yang bisa bunda atau ayah temukan di rumah, lho!

Oiya, semua permainan atau game yang ada di Chai’s Play sudah disesuaikan dengan usia si buah hati. Oleh sebab itu, bunda diharuskan untuk mengisi data anak terlebih dahulu pada saat masuk ke dalam aplikasi (pertama kali).

Yang lebih menariknya lagi, sekarang aplikasi Chai’s Play sudah tersedia dalam bahasa Indonesia, Korea dan juga Mandarin (China), dan bunda bisa mengunduh dan menginstalnya secara gratis di Google Play Store.

Mungkin kamu juga tertarik untuk membaca artikel berikut :

Semoga bermanfaat!

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *