Arti Emoticon WhatsApp | Jangan Salah Menerjemahkan!

  • 7 min read
  • Apr 04, 2020
arti emoticon

Arti emoticon – Siapa sih yang nggak kenal dengan yang namanya emoticon atau emoji? Mungkin setiap hari, orang-orang pasti mengetik pesan atau chatting menggunakan emotikon.

Alasan utamanya, menggunakan emoji alias emoticon saat chattingan akan mengeluarkan ekspresi yang lebih dari kata-kata yang diketik, sehingga suasana obrolan menjadi cair dan nyaman.

Kamu bebas menggunakan emoticon apa saja saat dalam kondisi apapun, Namun, tahukah kamu apa arti emoticon dari setiap emoji tersebut?

Emoticon WhatsApp Terbaru Beserta Artinya

Dulu, varian emoticon itu sangat terbatas sekali, hanya itu-itu saja. Beda banget ceritanya dengan saat ini dimana smartphone alias ponsel pintar dan sosial media sudah memiliki fitur yang canggih.

Setiap emoticon atau emoji itu memiliki arti yang berbeda-beda. Kamu wajib mengetahuinya, agar suasana emosi kamu saat chatting itu dape banget dan pas.

Oleh sebab itu, Mahatekno.com akan mengulas 24 (dua puluh empat) arti emoticon WhatsApp. Khusus untuk WA saja, ya.

Banyak sekali variasi emoticon yang bisa kamu gunakan saat ini di aplikasi WhatsApp.

Namun, yang akan saya bahas di sini ialah yang paling populer saja, yang lengkap dengan arti dan penjelasannya.

Jangan buang-buang waktu, silakan simak ulasannya di bawah ini.

Arti Emoticon Senang (Happy)

arti emoji wa

Ciri paling mencolok dari emoticon yang satu ini ialah tersenyum dengan mata yang lebar.

Dalam bahasa Inggrisnya, emoticon ini diberi nama Grinning yang artinya tersenyum lebar, atau big eyes yang berarti mata besar.

Emoticon yang satu ini termasuk yang paling banyak digunakan dari sejak dulu sampai saat ini, kenapa ayo? Karena emoji yang ini kesannya sama banget dengan 😀.

Arti emoticon senang alias happy ini menggambarkan suasana hati yang sedang mendapat kesenangan, keramahan, ataupun kebahagian.

Ya, kurang lebih seperti itulah artinya, hehe.

Arti Emoticon Tertawa (Laughing)

arti emoji lengkap

Emoticon yang ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu mata dan mulut yang tertawa lebar.

Memang karena emoji ini sering dipakai sebagai ekspresi disaat melihat atau mendapatkan hal yang terbilang lucu.

Kalau versi bahasa Inggris emoticon ini bernamakan big grin alias tersenyum lebar, dengan kesan bahagia lebih dari grinning.

Emoticon tertawa ini juga terkesan sangat ramah sekali dan sering banget digunakan oleh banyak orang di WhatsApp.

Arti Emoticon Senyum (Smiling)

emoticon senyum

Arti emoticon WhatsApp yang selanjutnya memiliki ciri-ciri mata yang tertutup, tapi mulutnya tersenyum manis sekali. Terutama ditambah dengan ekspresi pipi yang memerah.

Emotikon yang satu ini sering dipakai untuk menggambarkan suasana hati yang senang, bahagia, dengan perasaan yang tersentuh.

Biasanya emoji ini sering digunakan oleh orang-orang yang memang memiliki hubungan cukup dekat. Semisal orang tua dengan anaknya, sahabat, temen curhat, maupun pacar atau pasangan.

Arti emoticon senyum ini juga memiliki kesan ramah, juga merupakan salah satu emot yang paling banyak digunakan di WA baik itu untuk obrolan biasa maupun untuk keperluan formal alias bisnis.

Misal digunakan oleh seorang CS (Customer Service) toko online untuk menjawab setiap pertanyaan maupun keluhan dari konsumen.

Arti Emoticon Marah (Angry)

emoticon whatsapp terbaru dan artinya

Emoticon marah ini seringkali digunakan untuk menunjukan rasa marah, atau kesal pada suatu hal kepada lawan bicaranya.

Kamu bisa melihat perbedaannya dari warna emoticonnya yang merah yang melambangkan api kemarahan, sedangkan yang lainnya berwarna kuning dan oranye bukan?

Emoticon angry alias marah ini juga memiliki varian gambar yang berbeda-beda, dan setiap gambarnya memiliki kesan marah yang beda juga.

Ya, meskipun pada intinya tetap menggambarkan kemarahan, hehe.

Kalau nggak percaya, coba aja kamu cek sendiri deh di daftar emoticon WhatsApp milikmu.

Arti Emoticon Savoring Food

emoticon sakit

Savoring food (dalam bahasa inggris) artinya sedang menikmati hidangan atau makanan.

Ya, benar. Emotikon ini juga menggambarkan ekspresi kamu ketika sudah menghabiskan suatu makanan yang menurut kamu lezat alias enak, lho!

Namun, sejatinya di Indonesia, emoticon yang satu ini malah lebih dipakai untuk iseng-iseng saja.

Ya, mungkin karena persepsi masyarakat Indonesia itu lebih terkesan begitu.

Nggak ada yang salah kok, karena ini hanya perbedaan dari segi sudut pandang saja. Untuk pemakaiannya bebas, hehe.

Arti Emoticon Laughing With Tears

emoticon wa

Tertawa sampai keluar air mata, ya mungkin itu arti emoticon Laugthing With Tears ini.

Emoticon yang satu ini dipakai untuk menggambarkan sesuatu hal yang terbilang sangat lucu sekali, betapa lucunya hal tersebut, kita sampai mengeluarkan air mata loh tertawanya.

Emoticon WA yang satu ini termasuk yang paling sering digunakan oleh para penggunanya. Pasalnya, sangat cocok sekali digunakan dengan obrolan chatting sehari-hari.

Emoticon ini juga sangat cocok digunakan oleh semua kalangan. Namun, kebanyakannya emot ini sering dipakai oleh para remaja, yang sedang aktif-aktifnya di WA.

Arti Emoticon Wonder Face

arti emoticon wa lengkap

Arti emoticon Wonder Face ini bisa memiliki makna yang berbeda-beda. Bisa dimaknai fokus, terkejut.

Menurut admin sendiri, emoticon ini sangat cocok sekali digunakan untuk menggambarkan ekspresi takjub, heran dan bertanya-tanya mengenai obrolan yang tengah dibicarakan di chat.

Contohnya, teman ngobrol kamu mengirim foto sesuatu di WA, namun kamu nggak ngerti apa yang dia maksud. Kamu bisa kirim saja emoticon yang ini.

Bagaimana pendapatmu mengenai arti emoticon yang satu ini? Punya makna yang berbeda kah? Tulis di kolom komentar bawah ya!

Arti Emoticon Nervous

emot senyum

Gugup dengan suatu hal, ya mungkin itu eksperesi yang tepat ketika menggunakan emoticon Nervous ini.

Ngobrol pertama kali dengan dengan gebetan, ujian, ataupun wawancara, pokoknya Nervous dalam hal apa saja!

Malah sebagian orang mengartikannya sebagai takut, ya meskipun berbeda jauh, tapi mirip-mirip lah ya?

Kalau admin Mahatekno sendiri, menggunakan emoticon ini sebagai bentuk ekspresi “Greget“.

Ya, kembali lagi ke presepsi awal, pemaknaannya itu tergantung kamu sendiri, ya.

Arti Emoticon Netral

arti emoji😌

Arti emoticon ini mengekspresikan netral. Cocok sekali kamu gunakan ketika sedang dengerin teman atau sahabat yang curhat, atau hal lainnya, tapi kamu bingung buat nanggapinya.

Neutral emoticon ini juga sering dipakai ketika kamu mendengar atau membaca chat candaan yang tidak lucu sama sekali.

Intinya, buat ngasih tahu lawan bicara kamu kalau obrolannya nggak lucu dan terkesan sangat mengganggu.

Meskipun pandang setiap orang berbeda-beda, tapi menurut pandangan saya ya itu arti emoticon-nya. Selebihnya, terserah kamu gengs.

Arti Emoticon With Sunglasses

arti gambar emoji wa

Bukan artinya silau dengerin obrolan ya. Arti emoticon ini menggambarkan ekspresi keren, tenang, merasa kece dan lain-lain.

Penggambaran emoji yang satu ini kalau dilihat dari segi mulutnya sih bermacam-macam, ya.

Kalau yang di gambar di atas ialah contoh gambar emoticon dengan mulut sedang tersenyum. Namun ada juga yang tidak, lho!

Tap, arti dan kesan yang digambarkan tetap sama kok!

Arti Emoticon Angel

arti emoji di whatsapp

Emoticon yang senyum ini menggambarkan ekspresi kebaikan. Sangat cocok sekali dipakai ketika sedang memberi nasihat kepada seseorang, atau meberikan kata-kata mutiara, bijak.

Pokoknya, hal-hal yang baik layaknya seorang malaikat yang tak pernah membuat hal yang tidak baik.

Atau kita sedang memberikan semangat kepada seseorang.

Nggak semua orang menggunakan emoticon ini sehari-harinya. Namun jika kamu sering menggunakan emoji yang satu ini, berarti kamu sudah tahu dong arti emoticon ini sekarang?

Arti Emoticon Smile With Sweat

arti emoji di wa

Banyak hal yang dapat kamu gambarkan dengan emoticon yang satu ini. Misalnya ketika kamu sedang bingung dengan sesuatu, ragu-ragu saat memilih sesuatu, atau malah heran saat menanggapi hal yang lucu, dan sebagainya.

Bahkan sebagian pengguna memakai emoticon ini sebagai ekspresi lelah setelah selesai mengerjakan aktivitasnya, baik itu olahraga, pekerjaan, dan lain sebagainya.

Admin mahatekno sendiri, termasuk seseorang yang sering banget make emotikon ini di WhatsApp, lho!

Arti Emoticon Love

arti dari emoticon

Kurang lengkap memang sih kalau disebut emoticon love saja, iya kan?

Arti emoticon yang satu ini ialah tidak lain menggambarkan ekspresi yang terkesan romantis dan penuh cinta, lho gengs!

Jangan lupa untuk menggunakan emoji ini hanya pada orang-orang yang dekat dengan kamu saja, ya! Pacar, Gebetan Sahabat, atau Keluarga.

Emoticon Reverse Smile

emoji dan artinya

Emoticon selanjutnya sangat unik sekali, dimana gambarnya ialah senyum yang terbaik.

Sejatinya, emoticon yang satu ini memiliki arti yang sama dengan emoticon senyum yang sudah saya bahas barusan di atas.

Hanya saja, posisi senyumnya yang terbalik ini memberikan kesan yang sangat menggemaskan jika dibandingkan dengan senyum biasa.

Bahka, ada juga yang memaknainya sebagai pura-pura senyum demi menanggapi chattingan yang kurang kita sukai.

Emoticon Winking Face With Smiling

emoticon dan artinya

Emoticon yang satu ini juga termasuk salah satu emoji yang sering banget digunakan di WA.

Maknanya bisa beberapa artian, misalnya menggambarkan kalau kamu bisa diandalkan, atau ekspresi tenang alias kalem saja, atau apa saja yang ada kaitannya dengan hal tersebut.

Kurang lebih seperti itulah arti dari emoticon winking face with smiling. Ya, meskipun pandangan orang lain pasti ada yang berbeda juga.

Emoticon Smiling With Tongue

gambar smile

Kalau menurut saya, emoticon smiling with tongue ini yang cocok untuk menggambarkan ekspresi iseng, bukan emoticon savoring food yang tadi!

Buat kamu yang suka banget becanda dengan teman, emoticon ini kayanya cocok banget deh.

Dengan emoticon ini, kamu bisa menunjukan secara langsung ekspresi kamu, hehe.

Sangat cocok juga untu kamu yang menginginkan tertawa lucu, disaat teman chatting kamu mengirimi pesan-pesan lucu di WhatsApp.

Emoticon Smiling With Glasses

arti emoji 😌

Pada dasarnya, emoticon yang satu ini memiliki makna yang sama dengan smiling pada umumnya. Cuma ada tambahan kacamata saja sih.

Kamu sedang menemukan hal-hal yang lucu atau punya kesan bahagia atas hal apa saja? Kamu bisa kok, pakai emoticon senyum yang satu ini (ada kacamatanya, lho!). 😀

Emoticon Whistling

makna emoji whatsapp

Nah, kalau emoticon yang ini punya dua arti, gengs. Yang pertama bisa diartikan bersiul, bukan bersiul beneran ya, namun intinya kamu pura-pura tidak paham dengan hal atau obrolan candaan, ya.

Emoji yg satu ini juga sangat cocok sekali buat kamu yang sering banget iseng atau jahiin teman. Kamu bisa tambahkan rasa rumor kamu dengan emoticon ini.

Meskipun sebagian besar orang juga memakai emoticon ini dengan makna kiss, atau ciuman.

Menurut pendapat saya sih kurang tepa banget ya, pasalnya banyak sekali emoticon yang bisa kamu gunakan untuk menggambarkan ekspresi ciuman tersebut.

Tapi, ini soal beda sudut pandang saja. Nggak salah kok!

Emoticon Disappointed

apa arti emoticon

Kamu sedang sedih atau sedang kecewa dengan sesuatu? Coba kamu pakai emoticon yang satu ini.

Ketika kamu gagal menghadapi ujian, punya masalah, atauh hal yang lainnya yang membuat kamu kecewa, meski nggak nangis juga, ya.

Misal ketika kamu sedang asyik chattingan, kamu menemui pesan yang membuat kamu sedih. Kamu bisa kok, menggunakan emoticon ini.

Emoticon Half Disappointed

emoticon senang

Arti emoticon ini menggambarkan perasaan kecewa kamu. ya meskipun nggak terbilang kecewa banget sih.

Misalnya kamu nggak lancar saat mengerjakan sesuatu atau kamu punya sedikit masalah yang membuat suasana hati menjadi badmood.

Emang admin sendiri sangat sulit untuk menjelaskannya, coba kamu tafsirkan sendiri!

Emoticon Crying

emoticon semangat

Arti emoticon yang satu ini baru sangat cocok untuk kamu yang sedang benar-benar dalam keadaan sedih, hingga harus mengeluarkan air mata alias menangis, gengs.

Emoji menangis ini sering banget digunakan oleh berbagai kalangan.

Biasa gambar emotikon yang satu ini juga berbeda-beda di setiap aplikasi, terutama di aplikasi WhatsApp.

Gambar di atas adalah salah satu dari contoh penggambarannya, gengs!

Emoticon Face With Rolling Eyes

emot ketawa

Arti emoticon yang selanjutnya ini menunjukan hal-hal yang tidak membuat kita tertari, alias katakan saja kurang begitu peduli, ya.

Kamu bisa menebak sendiri ekpresi dari emoticon tersebut, kesannya kaya gimana gitu ya?

Malah sebagian pengguna WhatsApp mengartikan emoticon ini sebagai gambaran ekpresi yang kebingungan, bertanya-tanya dalam hati karena nggak paham dengan chat yang dikirim oleh lawan bicaramu.

Emoticon ini seringkali digunakan oleh banyak orang di WhatsApp Grup, di chat biasa juga sering, kok!

Emoticon Wihout Expression

tanda emoticon

Sedangkan arti emoticon yang ini menunjukan kesan yang tanpa ekspresi sama sekali.

Contohnya begini, teman chat kamu becanda dan sebagai tanggapannya dalam hati kamu bicara “Aduh, ada-ada aja nih orang”. Kurang lebih seperti itu, lha ya?

Kamu juga bisa memaknai dengan arti yang lain, misalnya menggambarkan rasa malas, sebal, atau sedikit merasa aneh dengan suatu hal, dan lain-lain.

Pokoknya, kamu sesuaikan sendiri deh sesuai suasana hati kamu sendiri.

Emoticon Disappointed With Eyes

arti gambar emoticon

Terakhir ada emoticon yang menunjukkan makna kekecewaan biasa terhadap suatu hal, yang kurang lebih sama lah dengan bahasan di atas.

Cuma beda di gambarnya saja, lho! Pada emoji disappointed yang sebelumnya mata emojina tertutup, sedangkan yang ini terbuka.

Emoji ini juga bisa bermakna suasana perasaan sedih, atau cemberut.

Penutup

Demikianlah artikel yang bisa admin tulis mengenai arti emoticon WhatsApp yang sering digunakan oleh banyak orang. Banyak sekali bukan? Itu hanya 24 (dua puluh empat) saja, belum semuanya.

Perlu kamu garis bawahi, tiap smartphone dan juga aplikasi biasanya memiliki penggambaranb emoticon yang berbeda-beda, namun nggak jauh bedanya sih dengan yang sudah saya review di atas.

Alhasil, kalau ada sedikit perbedaan harap memaklumi saja.

Mau tanya soal arti emoticon yang lainnya? Silakan kamu tuliskan pertanyaan kamu di kolom komentar di bawah.

Semoga membantu.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *