Testimoni | Arti, Contoh, Manfaat, dan Cara Membuat

  • 4 min read
  • Apr 06, 2020
testimoni

Apa itu testimoni? Apa arti testimoni? Bisa tolong kasih saya penjelasannya?

Pertanyaan-pertanyaan seperti di atas sering sekali dilontarkan oleh netizen yang memang aktif sekali di media sosial, namun belum paham dengan istilah-istilah semacam ini.

Buat kamu yang suka banget berbelanja online di marketplace (online shop) seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Lazada, BliBli, dan yang lainnya. Mungkin kamu nggak akan merasa asing, bukan?

Meskipun istilah ini sering banget muncul di media sosial seperti Facebook, Instagram, dan di marketpalce juga, namun masih banyak sekali pengguna yang belum mengeryi dengan istilah yang satu ini.

Oleh sebab itu, admin Mahatekno akan menjelaskan secara detail mengenai istilah ini pada postingan yang satu ini, khusus buat kamu yang memang belum paham, hehe.

Baiklah, berikut penjelasannya bisa kamu simak di bawah ini :

Pengertian Testimoni

contoh testi

Seperti yang saya kutip dari situs web Wikipedia, Testimoni (dalam bahasa Inggris: Testimony) adalah sebuah kesaksian kepuasan mengenai barang atau jasa atau layanan penjual yang diberikan oleh pembeli.

Istilah yang satu ini ditujukan untuk membagikan pengalaman pembeli saat melakukan aktivitas transaksi dengan penjual (seller atau reseller).

Atau bisa juga membagikan pengalaman atau review disaat menggunakan ataupun testing barang yang mereka beli.

Misalnya saya membeli paket maxstream telkomsel dari salah satu penjual di toko online atau marketplace, dan semua proses transaksi berjalan dengan lancar, serta paket yang saya terima sesuai dengan deskripsi (dalam keadaan baik).

Lalu beberapa saat kemudian, saya mengirim pesan alias ulasan di halaman toko online penjual tersebut, dan mengatakan kalau semuanya berjalan dengan baik tanpa kendala.

Nah, itulah yang dimaksud dengan testimoni, gengs!

Contoh Testimoni

Istilah yang satu ini dapat kamu temukan di semua platform jual beli online, ataupun media sosial yang sering dipakai untuk online shop, seperti Facebook, WhatsApp Bisnis, Instagram, Bukalapak, Shopee, Tokopedia, Lazada, dan sebagainya.

Bahkan, banyak juga pembeli (buyer) yang memberi ulasan melalui aplikasi perpesanan seperti LINE, BBM, ataupun WhatsApp alias WA.

Untuk contoh testimoni yang diberikan oleh pembeli di Facebook, lihat gambar berikut :

arti testimoni dalam olshop

Sumber gambar: leskompi.com

Berikut contoh lainnya, yang dikirim oleh pembeli melalui pesan pribadi (PM) ke akun sosial media penjual :

testimoni adalah

Sumber gambar: leskompi.com

Kalau kamu ingin melihat kesaksian dari pembeli terhadap produk yang dijual di marketplace, kamu bisa mengeceknya langsung di halaman profil penjual, laman produk atau laman online shop-nya.

Manfaat Testimoni Untuk Penjual

testimoni artinya

Untuk para pebisnis online yang berjualan produk secara online, testimoni ini sangat penting dan punya nilai tersendiri. Pasalanya, memiliki segudang manfaat yang akan membantu kelangsungan bisnis mereka.

Beberapa manfaatnya, antara lain :

Penjual Mendapatkan Kepercayaan (Trust)

Kepercayaan dari seorang konsumen atau pembeli adalah salah satu hal yang sangat penting sekali.

Sebab, respon yang positif dari pembeli tentu akan menaikkan nilai trust (kepercayaan) bagi si penjual.

Menaikkan Reputasi Penjual

Jika kamu ingin mengembangkan bisnis online kamu, maka tingkatkan dan jaga reputasi kamu, ya.

Dengan banyaknya testimoni dan respon baik dari pembeli, maka secara otomatis, reputasi kamu juga akan ikut meningkat.

Kesempatan Mendapatkan Pelanggan Tetap

Jika salah satu pelanggan kamu memberikan respon positif atas barang yang kamu jual, maka tidak menutup kemungkinan dia akan menjadi pelanggan tetapmu, lho!

Bisa Dijadikan Bahan Evaluasi

Terkadang, nggak semua respon yang diberikan pembeli itu positif semua, kadang ada juga yang memberikan testimoni yang berisi keluh kesah dan segala bentuk rasa kecewa dari si pembeli.

Akan tetapi, jika kamu mendapat hal yang demikian, nggak usah bingung. Kamu bisa menjadikan itu sebagai bahan evaluasi, agar bisa menjadi lebih baik lagi.

Sebagai Media Marketing Gratis

Terkadang pembeli yang sudah memberikan testimoni dengan respon yang positif tersebut, ternyata juga merekomendasikan toko online kamu ke keluarga, kenalan dan juga kerabatnya.

Tentunya, ini akan menjadi salah satu media marketing yang menjanjikan, bernilai, dan juga gratis.

Sebagai Iklan Gratis

Testi moni ini juga bisa dimanfaatkan oleh penjual sebagai iklan yang ditujukan untuk para calon konsumen/pembeli lainnya.

Bahkan, menurut para pelaku bisnis online, cara yang satu ini terbilang sangat efektif sekali.

Cara Membuat Testimoni Yang Baik

Nggak ada cara khusus sih yang harus kamu lakukan disaat akan membuat testimoni.

Akan tetapi, buat kamu yang masih belum paham dan masih bingung, berikut ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan, diantaranya :

Ceritakanlah pengalaman kamu ketika berbelanja di toko online tersebut. Misalnya tentang proses kirim barang, atau disaat bertanya-tanya mengenai barang tersebut.

Tulis kepuasan atau kekecewaan terhadap kondisi barang yang kamu terima. Apakah barang yang kamu terima bagus? packingnya rapi atau aman tidak? Atau kecepatan input resi dan pengirimannya lama nggak?

Ceritakan mengenai kecepatan respon dari penjual. Untuk sebagian orang, kecepatan respon penjual ketika ditanya-tanya lewat Private Mesagge (PM) sangat penting sekali.

Respon yang cepat dari penjual menjadi salah satu nilai plus untuk menggaet para calon konsumen lainnya.

Jadi, nggak heran kalau banyak pembeli yang menulis testimoni mengenai kecepatan respon si penjual barang yang dibelinya.

Jika sempet return barang, bagikan pengalaman pengembalian barang kamu di testimoni.

Buat kamu yang mengalami kendala atau masalah, misal kesalahan size/ukuran, barang yang diterima rusak. Kemudian si penjual menggantinya dengan yang baru.

Nah, maka proses pengembalian barang alias returmn seperti ini bisa kamu tuliskan sesuai pengalaman kamu di kolom testimoni.

Ikut-ikutan seperti yang ditulis pembeli lainnya. Kalau kamu merasa bingung harus nulis apa, kamu ikuti saja gaya penulisan testimoni dari pembeli lain

Simpel sekali, bukan?

Perlukah Membuat Testimoni?

Buat penjual, testimoni itu sangat penting sekali karena memiliki berbagai manfaat yang sangat menguntungkan, seperti yang sudah saya ulas di atas tadi.

Lalu, bagaimana dengan pembeli, gengs?

Menurut pendapat saya sendiri, testimoni juga sangat penting sekali buat pembeli. Lantas apa saja manfaatnya untuk pembeli? Simak berikut ini ulasannya :

Manfaat Testimoni Untuk Pembeli

Bisa Menaikkan Reputasi Pembeli

Pada beberapa situs toko online (marketplace) seperti Tokopedia, Bukalapak dan yang lainnya, pembeli alias buyer juga akan mendapatkan reputasi dari penjual setelah transaksi pembelian selesai.

Reputasi pembeli ini sangat penting, salah satunya ialah untuk memudahkan kamu saat transaksi/membeli barang apa saja kedepannya.

Penjual Bisa Lebih Kenal Dengan Kamu

Bagi sebagian penjual, khususnya seller/reseller yang masih sangat baru, testimoni yang kamu tulis ini akan membuat si penjual mengenali kamu dengan mudah, lho!

Bisa Bangun Relasi Dengan Penjual Yang Lain

Apabila kamu seorang penjual barang atau produk online juga, maka kamu bisa mempromosikan toko kamu lebih mudah dengan cara relasi lewat testimoni kamu.

Ini sangat bermanfaat sekali, terutama untuk toko online kamu yang terbilang masih cukup baru.

Dan masih banyak benefit alias keuntungan testi moni ini untuk pembeli, hehe…

Akhir Kata…

Mungkin hanya itu saja postingan dari Mahatekno mengenai arti testimoni, manfaat, contoh, dan juga cara pembuatannya.

Istilah ini sangat penting sekali untuk kamu ketahui, mengingat sangat sering sekali istilah ini muncul di dunia internet, khususnya saat lihat-lihat barang di situs jual beli online.

Admin berharap dengan ulasan ini, bisa membantu kamu agar bisa paham dengan yang istilah dan tata cara menggunakannya.

Jika punya pertanyaan terkait denbgan topik yang baru saja saya bahas di atas, kamu bisa menanyakannya langsung di kolom komentar di bawah, ya.

Semoga membantu.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *