bisnis jasa
Bisnis

6 Ide Bisnis Jasa Online Yang Paling Banyak Dicari

Dengan semakin pesatnya penggunaan internet di masyarakat Indonesia, maka bisnis online juga semakin merebak. Begitu juga dengan bisnis jasa. Mungkin Anda adalah salah satu orang yang ingin membuka bisnis jasa online. Jika Anda masih mencari-cari jasa apa yang bisa Anda tawarkan kepada masyarakat, mungkin beberapa ide di bawah ini bisa membantu.

Bidang Seni

Jika Anda punya bakat seni, mengapa tidak menawarkannya secara online? Ada banyak bisnis jasa yang berkaitan dengan seni yang bisa Anda tawarkan secara online.

Anda bisa menawarkan jasa membuat ilustrasi, membuat desain kartu nama, logo usaha, menyediakan jasa foto seperti gettyimages.com, dan lain-lain. Karena bahasa yang digunakan adalah bahasa seni, tidak terbatas pada perusahaan atau pengguna jasa lokal. Selain itu, Anda pun bisa mendapatkan klien dari seluruh penjuru dunia.

Layanan jasa seni lainnya adalah jasa melukis, tentu Anda tahu ada beberapa tempat di Indonesia yang dijadikan wadah bagi para seniman untuk membuat karya sesuai dengan pesanan konsumen. Ada yang membuat lukisan di galeri, ada juga yang di emperan.

Jika Anda tidak memiliki keahlian menggambar, bisa saja Anda yang menjadi penyalur para seniman lukis. Apabila Anda yang bisa melukis, tentu peluang seperti ini akan sangat menguntungkan Anda.

Baca Juga: Mengenal Bisnis dan Manajemen Yang Baik

Lalu, Anda juga bisa menyediakan jasa penyewaan studio musik. Nah, ini peluang bisnis jasa yang lumayan menguntungkan. Oleh karena zaman sekarang perkembangan band dan penyanyi semakin cepat. Di kota-kota besar, pemusik indie banyak bermunculan.

Para musisi lokal tentunya perlu tempat sewaan untuk membuat karya atau sebagai tempat latihan. Oleh karena mereka menjadi pemain band atau penyanyi secara indie (tanpa label) sehingga kadang tidak memiliki studio musik pribadi. Itulah letak kesempatan Anda membuat bisnis jasa ini.

Supaya bisnis Anda yang satu ini berjalan lancar, bangunlah studio musik yang dekat dengan tempat “nongkrong” anak muda. Tempat seperti itu tentu akan sering didatangi muda mudi sehingga peluang sukses mengembangkan bisnis Anda sangat besar.

Satu lagi pilihan dari banyaknya pilihan, membuat jasa studio foto. Foto juga termasuk seni kan? Studio foto memang sudah ada dimana-mana, di satu kota ada beratus-ratus studio foto.

Nah, bagi Anda yang ingin membuka jasa ini harus mencari ide, bagaimana membuat studio foto yang Anda bangun sukses. Dalam hal ini, imajinasi Anda harus dikembangkan untuk menarik peminat.

Jasa Konsultasi

Mengapa Tidak? Bidang konsultasi juga bisa Anda rambah di dunia maya. Contohnya seperti dating service atau biro jodoh. Bisnis jasa konsultasi agama ataupun pernikahan juga bisa Anda lakukan.

Anda bisa bekerja sama dengan penyelenggara haji umroh atau wedding organizer dalam masalah keuntungan. Bahkan, jika jiwa sosial Anda tergerak, Anda bisa membuat jasa konsultasi antinarkoba atau pencegahan bunuh diri.

Baca Juga: 25+ Ide Usaha Modal Kecil Yang Wajib Kamu Coba!

Jasa konsultasi ada banyak jenisnya. Mau tahu apa saja itu? Jawabannya ada di bawah ini.

Pemberi saran profesional

Tugas jasa ini adalah memberikan rekomendasi yang bisa dipertimbangkan oleh klien. Salah satu contohnya merencanakan rencana bisnis, menangani kasus hukum, dan lain sebagainya.

Jasa implementasi

Jasa ini tugasnya adalah merencanakan kegiatan dan membuatnya menjadi bisa direalisasikan. Sumber daya dari profesional dan klien digabungkan. Contohnya adalah dalam hal instalasi sistem komputer, dan lain sebagainya.

Jasa transaksi

Tugasnya adalah menyediakan berbagai jasa tentang transaksi klien dengan pihak ketiga. Contohnya adalah mengurus kepailitan suatu perusahaan.

Jasa penyediaan staf

Staf di sini menjadi pendukung dari kegiatan yang telah direncanakan oleh klien. Tentunya staf tersebut bekerja di bawah pengarahan dan pengawasan si klien itu. Contoh jasanya adalah staf untuk memanajemen pemrosesan data.

Jasa produk

Tugasnya adalah menyediakan produk untuk mendukung berbagai kegiatan seperti instalasi, memelihara produk tertentu, dan lain sebagainya.

Buku Juga Tidak Kalah Menarik

Buku secara elektronik (ebook) memang bisa dijual dan disebarluaskan di dunia maya. Namun dalam bisnis buku konvensional (cetak), internet juga membuka peluang bisnis jasa. Anda bisa menawarkan jasa penyuntingan buku, penerjemah, penulisan artikel, penulisan naskah, dan lain-lain.

Kemudian, hasil kerja Anda dapat dikirimkan melalui email untuk diproses oleh sang penerbit. Selain bisa bekerja di rumah, dan tak perlu berurusan dengan kemacetan lalulintas, kerja Anda juga bisa mengglobal. Mengapa tidak Anda bekerja untuk penerbit luar negeri?

Selain membuat buku, jasa ini juga bisa membantu penulis untuk mengedit buku. Dengan begitu mereka bisa langsung memberikan hasil karya mereka kepada penerbit tanpa harus merevisinya lagi sendiri.

Baca Juga: Cara Cek Saldo BRI Lewat HP: SMS, Mobile dan Internet Banking

Peluang bisnis ini termasuk menjanjikan karena seperti yang Anda ketahui bahwa ada banyak sekali produksi buku. Coba saja Anda lihat di toko buku besar seperti di Gramedia, ada ratusan bahkan ribuan buku yang berjajar rapi di lemari dan meja.

Bisnis Jasa Pembuatan Website & Toko Online

Jika bisnis Anda adalah tentang internet, jasa membuatkan website atau toko online dapat menjadi pilihan Anda. Anda juga dapat menambahkan bisnis jasa hosting, jual beli domain, dan lain-lain. Membuat template untuk website atau toko online juga merupakan salah satu pilihan bisnis jasa online yang menarik.

Melihat saat ini perkembangan internet sangat pesat, Anda bisa memanfaatkan jasa ini. Toko online dan website adalah cara pemasaran yang paling mudah dibandingkan membuat toko biasa. Oleh karena itu banyak orang yang memanfaatkan fasilitas internet untuk berjualan.

Bayangkan keuntungan yang bisa Anda dapat karena banyaknya orang yang ingin membuat toko online maupun website.

Pendidikan Secara Online

Mengapa tidak mencoba bisnis jasa pendidikan secara online. Di luar negeri terdapat livemocha yang menawarkan kursus bahasa inggris secara online. Di Indonesa misalnya, ada pintaria dan lain-lain yang menawarkan pembelajaran internet marketing secara online.

Baca Juga: Pengertian Retailer dan Contoh Perusahaan Retail di Indonesia

Ya, bagi Anda yang sering mencari informasi di internet pasti sering menemukan website yang menawarkan kursus bahasa online atau semacamnya.

Nah, Anda bisa memanfaatkan banyaknya peluang ini dengan membuka website serupa. Jangan takut untuk bersaing dengan website lain karena setiap pengunjung website memiliki penilaian tersendiri ke website mana mereka akan mengikuti.

Situs pendidikan online yang paling banyak peminatnya antara lain, pendidikan bahasa, dan marketing.

Jasa Biro Perjalanan

Satu lagi jasa yang bisa dicoba oleh Anda jasa biro perjalanan. Keuntungan yang Anda dapatkan dari biro perjalanan bisa lebih besar daripada jasa lainnya. Konsumen tidak selalu melakukan perjalanan sendiri, banyak yang mengajak keluarga atau teman-teman.

Semakin banyak konsumen membawa serta orang lain tentu keuntungan yang bisa Anda dapatkan berlipat-lipat. Apalagi jika biro perjalanan Anda melayani perjalanan luar kota bahkan Haji. Tarif yang Anda patok bisa sangat tinggi dan laba Anda juga sama halnya, akan semakin tinggi.

Baca Juga: 18+ Contoh Kata Kata Promosi Makanan di Instagram Yang Kreatif

Contoh jasa biro perjalanan yang terkenal adalah Cipaganti Travel. Biro perjalanan itu sekarang sudah memiliki beberapa cabang di beberapa kota. Setidaknya mereka bisa menjadi contoh Anda yang ingin berbisnis jasa biro perjalanan.

Selain ide-ide bisnis jasa di atas, tentu masih ada segudang ide bisnis internet yang belum tergali. Untuk belajar lebih jauh tentang internet marketing dan ide bisnis jasa lainnya, Cobalah bergabung di www.asianbrain.com? Di sana, Anda bisa mendapatkan semua yang dibutuhkan dalam bisnis online.

Hal yang paling penting dari kesuksesan bisnis jasa adalah berani mengambil kesempatan, memiliki inovasi, memiliki motivasi, dan percaya bahwa Anda akan sukses.

Posted by
Fajar Muhsy

Seorang Blogger dan Internet Marketer. Suka menulis informasi terbaru seputar bisnis dan perkembangan teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *