Cara Cek Saldo BRI Lewat HP: SMS, Mobile dan Internet Banking

  • 6 min read
  • Nov 16, 2020
cara cek saldo bri

Cara cek saldo BRI lewat HP — Rekening bank kini sudah menjadi salah satu kebutuhan yang wajib dimiliki oleh semua elemen masyarakat di Indonesia. Karena dengan adanya bank, nasabah akan diberikan kemudahan dalam melakukan transaksi keuangan.

Rekening bank sendiri mempunyai berbagai fungsi dan kegunaan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat (nasabah), diantaranya seperti melakukan penarikan uang tunai, menabung (setor tunai), transfer, membayar sejumlah tagihan, melihat mutasi rekening, sampai melakukan cek saldo secara real time.

Akan tetapi, ada satu hal yang memang seharusnya dilakukan oleh nasabah sebelum melakukan transaksi apapun, baik itu tarik tunai, transfer, ataupun melakukan pembayaran, yaitu mengecek saldo terlebih dahulu.

Memang aktivitas cek saldo rekening tabungan sebelum melakukan transaksi sangat kamu perlukan sekali agar transaksi tersebut bisa lancar jaya.

Pasalnya, jika saldo kamu di rekening tidak mencukupi untuk melakukan pembayaran tagihan, tarik tunai, atau transfer, maka prosesnya tidak akan berhasil alias transaksi gagal.

Seiring berkembangnya teknologi yang semakin modern, sekarang ini proses untuk melakukan cek saldo bank semakin mudah, lho!

Salah satunya ialah bank yang berdiri di bawah naungan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yakni Bank Rakyat Indonesia (BRI). Kini bank BRI memberikan beberapa fitur terobosan yang memudahkan nasabahnya dalam melakukan pengecekan saldo.

Lantas, apa saja fitur terbaru yang ditawarkan oleh bank BRI dalam urusan mengecek saldo? Bagaimana cara penggunaan fiturnya? Baiklah, admin Mahatekno akan mengulasnya secara detail dalam artikel ini, silakan simak ulasannya di bawah ini!

Cara Cek Saldo BRI Lewat HP

Sebelum merambah ke teknologi mobile (smartphone/handphone), dulu untuk mengecek saldo saja nasabah harus datang ke kantor bank atau mengunjungi mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri) terdekat.

Akan tetapi, hal ini tentunya dirasa sangat kurang efektif karena akan memakan waktu yang lumayan, terutama buat nasabah yang tinggal jauh dari pusat keramaian (daerah pelosok).

Nah, untuk mempersingkat waktu kini Bank BRI berhasil membuat sebuah inovasi yang sangat menarik dan tentunya sangat memudahkan nasabah dalam melakukan segala transaksi, termasuk cek saldo tabungan.

Fitur-fitur tersebut diantaranya ada SMS Banking, Internet Banking (I-Banking), dan juga Mobile Banking (aplikasi BRI Mobile).

Tiga fitur terobosan ini bisa kamu nikmati untuk melakukan cek saldo rekening tanpa harus datang langsung ke kantor cabang ataupun ATM, lho!

Cukup gunakan smartphone (Android atau iOS) saja, kamu sudah bisa mengecek saldo sambil rebahan santuy, hehe 😀

Pokoknya, proses pengecekan saldo dengan memanfaatkan layanan SMS, Mobile, dan Internet Banking BRI ini akan menghemat waktu kamu.

Nah, bagaimana cara menggunakan layanan tersebut untuk mengece saldo? Baiklah, silakan kamu simak langkah-langkah mudahnya di bawah ini :

1. SMS Banking

Dengan adanya layanan SMS Banking yang ditawarkan oleh BRI, nasabah bisa menikmati kemudahan cek saldo tabungan hanya dengan menggunakan handphone, bahkan HP Jadul (jaman dulu) sekalipun!

Yang harus diperhatikan sebelum mengecek saldo via SMS, pastikan kalau nomor HP kamu sudah terdaftar di Bank BRI.

Buat kamu yang nomor HP-nya belum terdaftar di layanan SMS Banking, kamu bisa mendaftarkan nomor tersebut dengan cara mengunjungi kantor cabang banj BRI terdekat dari rumah atau tempat kamu berada.

Sesampainya di kantor, silakan kamu ambil antrian customer service dan utarakan maksud kamu yaitu ingin mendaftarkan SMS Banking, maka nanti petugas bank akan membantu kamu sampai berhasil.

Nah, jika kamu sudah terdaftar di layanan tersebut, berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang harus kamu lakukan untuk cek saldo BRI lewat SMS Banking :

  • Ketik saja : SALDO <spasi> PIN ATM kemudian kirimkan format SMS tersebut ke nomor 3300.
  • Misalnya : SALDO 040306 lalu kirim ke 3300.

Bagaimana, sangat mudah dan simpel sekali bukan? Oiya, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp500,- yang dipotong langsung dari pulsa SIM Card kamu.

Selain mengecek saldo tabungan BRI, kamu juga bisa melakukan transfer, beli pulsa, kuota internet, bayar tagihan, transfer uang ke sesama BRI atau antar bank, dan yang lainnya.

2. Internet Banking

Selanjutnya, cara cek saldo BRI lewat HP yang kedua yakni dengan memanfaatkan layanan I-Banking BRI.

Nah, kalau mengecek saldo via Internet Banking ini tidak dikenakan biaya sepeserpun / potong pulsa alias GRATIS.

Tapi, untuk bisa menikmati layanan Internet Banking ini sama saja dengan SMS dan Mobile Banking, dimana kamu harus mendaftarkan fitur I-Banking terlebih dahulu di kantor cabang terdekat.

Proses pendaftarannya juga tidak ribet alias mudah sekali, kamu cukup datang dan utarakan maksud kamu ke petugas bank di sana.

Oiya, jika kamu sedang malas antri di kantor cabang BRI, kamu juga bisa melakukan pendaftaran Internet Banking BRI ini melalui mesin ATM terdekat.

Baiklah, untuk informasi lebih jelasnya terkait cara pendaftaran dan proses aktivasi Internet Banking bank BRI, silakan perhatikan langkah-langkah berikut :

  1. Silakan cari gerai ATM BRI terdekat di sekitar kamu.
  2. Masukkan kartu ATM kamu ke slot mesin ATM.
  3. Pilih bahasa Indonesia atau Inggris.
  4. Kemudian masukkan 6 (enam) digit PIN ATM kamu.
  5. Selanjutnya kamu akan melihat beberapa pilihan menu, silakan pilih Menu Lainnya.
  6. Lalu pilih menu Registrasi Info Lain.
  7. Pada menu Registrasi, silakan kamu tekan lagi menu Internet Banking.
  8. Kemudian kamu akan disuruh untuk memasukkan PIN Internet Banking sebanyak 2 (dua) kali, yang nantinya PIN ini akan kamu gunakan sebagai Password untuk login di halaman IB BRI.
  9. Jangan lupa untuk menekan tombol Benar, jika dirasa PIN yang kamu masukkan sudah benar.
  10. Berikutnya, kamu akan melihat notifikasi yang muncul di monitor ATM yang bertuliskan “Registrasi Internet Banking Berhasil!“, dan kamu juga akan melihat USER ID-nya.
  11. Terakhir, silakan tekan tombol TEKAN JIKA YA, maka mesin ATM akan mengeluarkan struk yang berisi USER ID dan juga kartu ATM kamu.
  12. Selesai.

Informasi tambahan: Jika kamu mendaftarkan Internet Banking melalui mesin ATM, maka layanan I-Banking tersebut hanya bisa kamu gunakan untuk mengecek saldo rekening saja. Sedangkan jika ingin bisa kamu gunakan untuk transfer dan layanan finansial lainnya, kamu harus mengaktifkannya terlebih dahulu di kantor cabang BRI unit terdekat.

Setelah kamu berhasil mendaftarkan rekening tabungan kamu ke layanan Internet Banking BRI melalui ATM, maka proses mengecek saldo tabungan sudah bisa kamu lakukan di rumah sambil rebahan. 😀

Buat yang belum tahu, berikut beberapa langkah yang wajib kamu lakukan untuk cek saldo tabungan di rekening BRI lewat Internet Banking :

  • Pertama, silakan kamu buka halaman website resmi Internet Banking BRI di alamat berikut: https://ib.bri.co.id/ib-bri
  • Silahkan login dengan menggunakan USER ID dan Password akun Internet Banking milikmu.
  • Setelah berhasil masuk, silakan kamu klik menu Informasi Rekening untuk mengetahui sisa saldo di tabungan BRI kamu.

Bagaimana, mudah sekali bukan? Sekali lagi, kalau kamu ingin bisa melakukan transaksi finansial seperti transfer, pembayaran tagihan, dan lain-lain melalui i-Banking, silakan kamu aktifkan terlebih dahulu ke kantor cabang unit BRI terdekat.

Baca juga: 6+ Contoh Iklan Media Cetak dan Penjelasannya (+ Gambar)

3. BRI Mobile

Cara cek saldo BRI lewat HP yang terakhir ialah dengan menggunakan aplikasi mobile banking yang bernama BRI Mobile.

Cara yang satu ini menurut saya adalah yang paling mudah sekali, kamu hanya perlu memakai smartphone atau HP Android yang memiliki koneksi ke jaringan internet.

Lagi dan lagi…….

Kalau kamu ingin menikmati semua fitur yang ada dalam aplikasi BRI Mobile, kamu harus mengaktifkannya terlebih dahulu dengan cara datang secara langsung ke kantor cabang BRI terdekat.

Buat kamu yang sudah terdaftar di layanan Mobile Banking, maka kamu sudah bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengecek sisal saldo tabungan.

Buat kamu yang belum tahu bagaimana cara mengecek saldo BRI lewat aplikasi, silakan kamu perhatikan langkah-langkah berikut ini:

  1. Silakan download aplikasi BRI Mobile di Google Play Store (Android) atau App Store (iOS/iPhone).
  2. Setelah terpasang, buka aplikasi tersebut (*pastikan smartphone android kamu memiliki jaringan internet).
  3. Pilih menu Mobile Banking BRI.
  4. Lalu pilih menu Info.
  5. Selanjutnya, kamu pilih menu Info Saldo.
  6. Kemudian kamu masukkan 6 digit PIN Mobile Banking yang sudah terdaftar.
  7. Lalu akan muncul sebuah notifikasi/pemberitahuan bahwa Mobile Banking BRI akan melakukan transaksi melalui SMS. Jika kamu setuju, silakan pilih saja opsi YA.
  8. Terakhir, silakan kamu cek SMS yang masuk dari BRI yang berisi informasi sisa saldo rekening BRI kamu.
  9. Selesai.

Perlu kamu ketahui, untuk mengecek saldo BRI lewat HP dengan menggunakan aplikasi BRI Mobile pastikan nomor HP kamu ada pulsanya, sebab layanan ini akan dikenakan biaya Rp500,- setiap kamu mengecek saldo yang langsung dipotong dari pulsa.

Baca juga: Ingin Tahu Cara Membuat ATM BNI? Berikut Persyaratannya!

FAQ: Cek Saldo BRI

Buat kamu yang merasa belum cukup dengan semua informasi yang sudah saya sampaikan di atas, kamu bisa melihat tanya-jawab berikut ini.

Bagaimana cara cek saldo BRI lewat HP?

Kamu bisa mengecek saldo dengan menggunakan salah satu dari 3 (tiga) layanan yang tersedia, yaitu SMS, Mobile, dan Internet Banking.

Bagaimana cara cek saldo BRI tanpa pulsa?

Jika tidak mau dikenakan biaya potong pulsa, kamu bisa mengecek saldo secara langsung di mesin ATM atau bisa dengan menggunakan layanan Internet Banking.

Bagaimana cara cek saldo BRI lewat SMS?

Mudah, cukup buat pesan dengan format ketik: SALDO <spasi> PIN ATM → lalu kirim ke 3300.

Apakah cek saldo BRI lewat SMS bayar?

Ya, kamu akan dikenakan biaya Rp500 yang langsung dipotong dari pulsa.

Kenapa cek saldo BRI lewat SMS gagal terus?

Mungkin kamu belum melakukan pendaftaran atau aktivasi layanan Mobile Banking di ATM atau kantor cabang, atau SIM Card yang kamu gunakan bukan yang terdaftar di bank BRI.

Bagaimana cara mengaktifkan Internet Banking BRI?

Kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang sudah saya paparkan di atas 😀

Apakah cek saldo melalui BRI Mobile bayar?

Gratis, lho!

Itulah pembahasan tentang cara cek saldo BRI lewat HP Android, iPhone, bahkan HP Jadul sekalipun yang bisa saya admin mahatekno.com bagikan dalam kesempatan ini.

Mohon maaf jika ada kesalahan baik dalam penjelasan atau penulisan (typo), jika berkenan mohon untuk dikoreksi dengan memberitahukan admin melalui kolom komentar di bawah.

Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat buat kamu!

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *