cara cuci mobil di rumah
Content Placement

Cara Cuci Mobil di Rumah Yang Benar dan Agar Mengkilap

Cara cuci mobil di rumah sebenarnya mudah kok. Sebagai pemula mungkin Anda masih bingung melakukannya. Wajar apabila masih takut hasilnya kurang bersih, menimbulkan banyak beretan dan lain-lain. Namun perlu diketahui, sebenarnya agar mengkilap Anda hanya membutuhkan shampo untuk mencuci mobil dan beberapa langkah sederhana.

Buat Anda yang ingin menghemat waktu dan tenaga, Anda bisa membersihkan kendaraan di salon mobil, tinggal duduk manis dan menunggu selama beberapa saat, maka mobil sudah bersih dan kinclong.

Tapi, buat kamu yang ingin mencari tahu bagaimana cara cuci mobil di rumah ala mahatekno, bisa membaca artikel di bawah ini.

Cara Cuci Mobil di Rumah Yang Benar dan Efektif

cara cuci mobil di rumah

Mempersiapkan Peralatan Mencuci Mobil

Langkah pertama yang sudah seharusnya Anda lakukan adalah mempersiapkan semua peralatannya. Ini dilakukan supaya hasilnya bisa bersih maksimal dan memuskan. Beberapa peralatan tersebut seperti:

  • Sabun atau shampo khusus untuk mencuci mobil
  • Lap plas chamois
  • Ember
  • Lap microfiber
  • Selang
  • Sikat kecil

Supaya proses cuci mobil cepat selesai, Anda disarankan menggunakan air mengalir.

Kalau memang Anda malas untuk menyediakan alat-alat yang dibutuhkan di atas dikarenakan tidak memiliki banyak waktu, sebaiknya cuci mobil Anda di steam atau salon mobil terdekat. Bukan hanya menghemat waktu saja, tetapi juga hasilnya yang benar-benar bersih maksimal.

Membasahi Bodi Mobil Menggunakan Air Bersih

Setelah peralatan sudah siap, sekarang saatnya Anda praktek. Awali dengan membersihkan bagian bawah mobil dahulu, seperti roda, kolong dan velg. Gunakan aliran air yang cukup kencang, lakukan hati-hati supaya air tidak memercik ke bagian bodi mobil.

Selanjutnya adalah membersihkan bagian atas mobil dengan lap microfiber untuk menghilangkan kotoran dan debu. Baru setelah itu menyemprotkan air dengan tekanan rendah. Anda boleh menyemprotkan air bertekanan tinggi, asalkan menyamping.

Menyemprotkan air secara horizontal bisa membuat kotoran menyebar ke bagian lain, alih-alih turun ke bawah.

Baca Juga: Contoh Iklan Rental Mobil Di Internet Yang Menarik

Membersihkan Bodi Dengan Sabun

Bodi mobil yang sudah selesai disiram dengan air, sekarang giliran untuk dibersihkan menggunakan sabun. Tentu bukan sembarang sabun, melainkan shampor untuk mencuci mobil yang sudah terbukti ampuh dan aman melunturkan berbagai macam kotoran di bodi mobil.

Bersihkan mulai dari bagian atas bodi mobil, kemudian lanjut ke bawah. Metode ini mampu melunturkan kotoran-kotoran di bodi mobil lebih cepat.

Menghilangkan Kotoran Membandel

Ada kalanya bodi mobil ditempeli serangga atau bahan aspal yang sangat sulit dibersihkan dengan sabun pencuci. Solusinya adalah menggunakan kompon yang ampuh menghilangkah segala macam noda pada bodi mobil.

Meskipun begitu, Anda tidak boleh terlalu sering menggunakannya dan harus bijak sesuai kebutuhan. Sebab, meski kompon berbahan lembut akan tetapi bersifat abrasif ketika mengangkat kotoran dan bisa mengikis lapisan pernis mobil. Disarankan hanya memakai kompon setiap 3 atau 6 bulan.

Membersihkan Bagian Mobil Lainnya

Jangan hanya fokus membersihkan bodi, namun perhatikan juga bagian lain. Seperti pelek dan ban mobil misalnya, kedua komponen ini bisa membuat tampilan mobil terlihat lebih apik dan menarik. Gunakan sikat dan sabun untuk membersihkan dinding ban, kemudian bersihkan pelek mobil menggunakan lap. Bersihkan sampai ke sela-sela pelek, supaya lebih optimal.

Selain pelek dan ban, bagian lain yang tidak kalah penting adalah spion, wiper, grill, antena, handle pintu dan lampu-lampu.

Baca Juga: 10+ Cara Memulai Bisnis Properti Agar Menghasilkan Cuan Maksimal

Membilas dan Mengeringkan Bodi Mobil

Mobil Anda sekarang sudah bersih, kemudian perlu membilasnya. Pembilasan ini cukup dilakukan dengan air bersih dan mengalir. Bilas mulai dari bodi mobil bagian atas, kemudian kaca, ban dan sampai detail-detail di eksterior kendaraan. Terakhir, keringkan bodi mobil Anda menggunakan lap plas chamois.

Alternatifnya adalah mengeringkan mobil menggunakan handuk berbulu. Hindari kanebo karena materialnya kasar dan berpotenci memicu baret pada mobil.

Demikianlah enam cara cuci mobil di rumah yang benar dan agar mengkilap. Semoga bermanfaat.

Posted by
Fajar Muhsy

Seorang Blogger dan Internet Marketer. Suka menulis informasi terbaru seputar bisnis dan perkembangan teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *