cara daftar shutterstock
Content Placement

Cara Daftar Menjadi Kontributor Shutterstock

Shutterstock adalah salah satu platform stock image marketplace raksasa di dunia yang memiliki koleksi lebih dari 100 juta gambar hasil dari sekitar 300 ribu kontributor.

Trafik atau lalu lintas kunjungan website Shutterstock sendiri menempati posisi 300 besar di dunia, yang mana jika kamu ikut berjualan gambar di sthutterstock kemungkinan terjualnya sangat besar jika dibandingkan dengan marketplace yang lain.

Menjual karya gambar melalui Shutterstock itu sangat mudah sekali dan tidak dipungut biaya sepeserpun. Bukan hanya itu saja, masing-masing foto yang masuk kriteria juga bisa mendapatkan feedback semisal suggest art direction dan lain-lain, yang tentu saja hal ini bisa menambah wawasan, pengetahuan dan juga kemampuan fotografi kamu (photography skill).

Cara daftar menjadi kontributor di Shutterstock juga terbilang sangat gampang sekali. Kamu cukup melakukan pendaftaran (register) dan menyelesaikan/melengkapi data diri kamu.

Selanjutnya, kamu bisa langsung upload semua karya-karya visual kamu di dasbor Shutterstock baik itu berupa gambar/foto, video, vector ataupun ilustrasi.

Dan sedikit informasi buat kamu yang ingin membeli gambar di Shutterstock dengan harga yang murah, untuk keperluan bisnis atau untuk mempelajarinya, kamu bisa menggunakan jasa shutterstock dari IDCopy. Tenang, keaslian file sangat terjamin dan dikirim dalam ukuran penuh, harganya mulai dari Rp4.000,- per gambar, lho!

Saya sendiri sangat menyarankan kamu untuk menjadi kontributor di website Shutterstock, alasannya sangat banyak sekali diantaranya ialah:

  1. Karya yang kamu upload sangat mudah diterima (approve), sangat berbeda dengan EnvatoMarket dan Freepik yang kebanyakan menolak hasil karya kontributornya.
  2. Sangat cocok buat kamu yang ingin belajar mengenai format-format file yang bisa di karena di web-web microstock lainnya juga banyak yang mirip.
  3. Shutterstock merupakan situs web atau marketpalce yang memiliki banyak pengguna (user) dan tentunya sangat ramai pembeli.
  4. Bisa kamu jadikan sebagai portofolio jika ingin mendaftar di marketplace microstock yang lain.
  5. Tidak membutuhkan pasport untuk bisa mendaftar di Shutterstock.

Nah, buat kamu yang sudah tidak sabar untuk mulai melakukan pendaftaran, kamu klik link/tautan berikut ini: submit.shutterstock.com.

cara daftar shutterstock

Langkah Pertama: Mengisi Formulir Data Diri

Setelah kamu membuka halaman Sign Up, silakan kamu masukan nama lengkap, nama pengguna (username) yang nantinya akan dilihat oleh pengguna di Shutterstock, alamat email dan juga kata sandi (password) yang kuat.

Untuk nama lengkap, sebaiknya kamu masukkan sesuai dengan kartu idenditas diri kamu legal seperti e-KTP, Kartu Keluarga, atau bisa juga dengan nama perusahaan jika kamu mendaftar atas nama perusahaan.

Jika sudah, jangan lupa untuk centang kotak yang bertuliskan “I certify that I am 18 or older and I agree to the Terms of Service and Privacy Policy” dan kemudian lanjutkan dengan klik tombol Next.

Setelah kamu menekan tombol Next, maka proses pendaftaran kamu sudah berhasil. Sekarang kamu bisa membuka email kamu dan lakukan verifikasi dengan mengklik tautan yang dikirim oleh pihak Shutterstock.

Langkah Kedua: Mengisi Formulir Alamat atau Tempat Tinggal

Setelah melakukan verifikasi email, sekarang kamu harus mengisi formulir alamat tempat tinggal (*silakan kamu isi sesuai dengan alamat kamu yang tertera di identitas e-KTP atau sejenisnya).

Baca Juga: Cara Menjual Foto di Shutterstock

Yups, sampai disini kamu sudah selesai dengan cara daftar menjadi kontributor di Shutterstock! Sekarang, kamu bisa melihat seisi tampilan dasbor Shutterstock dan mulai ikut berkontribusi dengan cara mengupload foto, video, vector ataupun ilustrasi di sana.

Bagaimana, sangat mudah sekali bukan?

Posted by
Fajar Muhsy

Seorang Blogger dan Internet Marketer. Suka menulis informasi terbaru seputar bisnis dan perkembangan teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *