Cara Download Video Di Facebook Lite Simpan Langsung Ke Galeri HP

  • 3 min read
  • Mei 25, 2020
cara download video di fb lite

Jika kemarin saya mengulas mengenai aplikasi Telegram, maka pada artikel ini saya akan membagikan tutorial bagaimana cara download video di facebook lite.

Facebook Lite memang menjadi salah satu aplikasi FB alternatif buat kamu yang sedang krisis kuota atau yang memang ingin menghemat paket data seluler.

Demi memenuhi kebutuhan pengguna internet (sosial media) di negara-negara berkembang seperti Indonesia, Facebook membuat sebuah terobosan baru dengan merilis aplikasi yang sangat ramah sinyal dan juga hemat kuota.

Bahkan aplikasi yang satu ini secara resmi diklaim oleh pihak Facebook bisa digunakan di jaringan 2G (GPRS) atau Edge sekalipun untuk dapat mengakses semua layanan Facebook secara keseluruhan.

Ya, lebih tepatnya aplikasi Lite ini merupakan mode ringan dari aplikasi Facebook. Meskipun terbilang ringan dan memiliki ukuran yang kecil, namun kinerja dari aplikasi Facebook Lite ini patut diacungi jempol.

Yang lebih uniknya selain bisa irit kuota internet, kamu juga bisa menyimpan video dari facebook lite ke galeri secara langsung tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan dari pihak ketiga dan 100% tanpa root.

Lantas, bagaimana cara melakukannya? Yuk, kita simak bersama langkah-langkahnya di bawah ini :

Cara Download Video Di Facebook Lite

Untuk cara yang satu ini, kamu tidak perlu menginstal aplikasi tambahan dari pihak ketiga, dan juga tidak membutuhkan akses root.

Penasaran? Okeh, berikut panduan lengkapnya :

Langkah #1 : Silakan buka terlebih dahulu aplikasi Facebook Lite yang sudah kamu install di smartphone android yang kamu miliki, kemudian login/masuk dengan akun kamu.

Langkah #2 : Carilah video yang akan kamu simpan ke galeri, untuk mempermudah proses pencarian silakan kamu cari pengguna yang membagikan video itu dengan mengetikkan kata kuncinya di kolom pencarian yang ada di bagian paling atas.

Langkah #3 : Jika video yang kamu cari sudah ditemukan, silakan putar/play video tersebut sampai selesai. Kalau ingin lebih cepat, silakan percepat saja durasi pemutarannya.

Langkah #4 : Jika sudah selesai ditonton, silakan kamu keluar terlebih dahulu dari aplikasi Facebook Lite, lalu buka aplikasi File Manager yang ada di ponsel pintar Android kamu.

Langkah #5 : Selanjutnya, silakan kamu masuk ke folder Android → klik data → klik com.facebook.lite → lalu masuklah ke folder cache → terakhir klik folder video.

Langkah #6 : Pada folder video, kamu akan melihat banyak sekali folder yang tidak lain merupakan penyimpanan sementara dari video-video yang sudah kamu tonton di aplikasi Facebook Lite sebelumnya.

Langkah #7 : Berhubung nama foldernya aneh dan nggak mungkin bisa dibaca, kamu bisa melihat tanggal dan jam-nya saja untuk menentukan folder mana yang di dalamnya berisi video yang terakhir kamu tonton.

Langkah #8 : Jika sudah ketemu, silakan masuk ke folder tersebut. Berikutnya silakan kamu ubah nama (rename) file 0000000000000000 dengan cara menambahkan .mp4 tepat dibelakang nama file asalnya, menjadi “0000000000000000.mp4” (tanpa tanda kutip).

Langkah #9 : Jika sudah berhasil mengubah nama dari file video tersebut, silakan kamu pindahkan file-nya ke folder lain. Maka, sekarang video tersebut sudah bisa kamu putar secara langsung melalui aplikasi Gallery / Galeri HP Android kamu.

download video fb lite

Memang tak bisa dipungkiri, bahwa Facebook Lite ini sangat cocok sekali digunakan oleh pengguna FB yang tinggal di pelosok dengan kondisi jaringan internet yang lemot.

Alhasil, dengan layanan FB Lite ini kamu bisa menikmati semua layanan dari Facebook walaupun dalam kondisi sinyal jelek/lemah (tidak stabil).

Walaupun aplikasi ini mempunyai fitur istimewa, yakni bisa melakukan download video facebook lite tanpa membutuhkan bantuan dari aplikasi pihak ketiga. Akan tetapi, bukan berarti kamu bisa langsung menemukan tombol unduh atau tombol download di aplikasinya secara langsung, ya!

Sama seperti aplikasi WhatsApp dan yang lainnya, Facebook Lite juga menganut fitur cache untuk mempercepat proses loading aplikasinya.

Oleh sebab itu, ketika kamu menonton video di Facebook Lite, sebenarnya aplikasi ini mengunduh dan menyimpan video tersebut di folder cache HP Android kamu, lho!

Jadi, karena aplikasi Facebook Lite ini sudah menyimpan video tersebut di data cache smartphone, maka kamu bisa menikmati alias menonton video tersebut berulang-ulang tanpa proses loading kembali.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *