Cara Membuat Lanscape Pada Halaman Tertentu di Word

  • 2 min read
  • Sep 24, 2020
cara landscape word

Pada artikel sebelumnya saya sudah memaparkan bagaimana cara membuat tabel di Word. Sekarang masih seputar Ms Word, yaitu cara membuat lanscape pada halaman tertentu di Microsoft Word.

Sudah menjadi rahasia umum, kalau di Word kita hanya bisa membuat 2 pilihan halaman, yakni potrait dan lanscape. Potrait adalah halaman yang tegak (berdiri) vertikel, sedangkan lanscape adalah halaman yang lebar ke samping (horizontal).

Cara mengubah format halaman di lembar kerja ms Word dari potrait ke lanscape ataupun sebaliknya itu sangat mudah sekali, tinggal klik saja menu Page Layout → Orientation → pilih Potrait/Lanscape.

Dengan kamu memilih salah satu dari format halaman tersebut, misal kamu memilih Lanscape maka semua halaman di lembar kerja akan berubah menjadi lanscape atau menyamping, begitu juga jika kamu pilih orientasi Potret, maka semua halaman akan berubah menjadi tegak atau berdiri.

cara membuat landscape pada halaman tertentu di word

Akan tetapi, pada beberapa keperluan kadang-kadang kamu menginginkan sebagain halaman (halaman tertentu) di Microsoft Word dengan format orintasi yang berbeda, ada yang Potrait dan ada juga yang Lanscape dalam 1 lembar kerja.

Untuk membuat halaman Word yang berorientasi lanscape atau potrait di halaman tertentu saja itu lumayan sulit, terutama buat pemula.

Namun, kamu nggak usah berkecil hati karena sekarang ini Microsoft Office sudah memiliki fitur yang sangat lengkap sudah menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna, hanya saja caranya yang tersembunyi.

Baiklah, dalam artikel ini Mahatekno akan membagikan beberapa langkah yang bisa kamu gunakan sebagai cara membuat lanscape pada halaman tertentu di Word dengan mudah.

Cara Membuat Lanscape di Word

Okeh, di sini saya asumsikan kalau kamu sudah mempunyai beberapa halaman pada dokumen kamu yang sudah berisi teks ataupun gambar dengan orientasi Potrait.

Cara membuat landscape hanya 1 halaman saja di Microsoft Word, berikut langkah-langkahnya:

  1. Pada lembar kerja Word kamu, silakan klik pada salah satu halaman yang ingin kamu ubah menjadi Lanscape.

    Kemudian blok atau seleksi sebagian teks yang ada di halaman tersebut.

  2. Lalu pilih menu Page Layout → Margin → Custom Margin

    cara membuat lanscape

  3. Pada dialog “Page Setup” silakan kamu atur opsi Orientation dan juga Apply to (lihat gambar berikut)

    kertas landscape
    Orientation: silakan kamu pilih Lanscape;
    Apply to: silakan atur ke Selected text.

  4. Terakhir, silakan klik OK.

    Kalau berhasil, maka orientasi format halaman tersebut akan berubah secara otomatis menjadi lanscape, sedangkan yang lainnya akan tetap Potrait.

Cara yang satu ini dapat kamu coba di semua versi Microsoft Word baik itu yang 2007, 2010, 2013, ataupun ms word 2016. Pasalnya, tampilan halaman dan menu-menu tools di semua versi Ms Word itu hampir sama.

Oiya, tutorial di atas juga bisa kamu gunakan untuk membuat potrait di halaman tertentu di word sedangkan halaman lainnya berorientasi lanscape.

Mungkin hanya itu saja cara lanscape di halaman tertentu saja yang bisa saya share pada kesempatan ini, nantikan panduan-panduan Microsoft Office lainnya di artikel berikutnya.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *