Cara melihat password wifi yang sudah connect di android
Android

Cara Melihat Password Wifi Yang Sudah Connect di Android Tanpa Root

Untuk cara melihat password wifi yang sudah connect ke Android, biasanya ponsel harus di root terlebih dahulu. Namun, bagi Anda yang tidak ingin mengaktifkan root, ada beberapa cara melihat password wifi yang sudah connect di android tanpa root versi Mahatekno yang bisa dicoba, berikut diantaranya:

Menggunakan Aplikasi ES File Explorer

Cara yang pertama yaitu dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama ES File Explorer. Untuk menggunakan aplikasi ini, pertama unduhlah aplikasi tersebut di Play Store. Setelah berhasil mengunduh, bukalah aplikasi tersebut.

Langkah selanjutnya yaitu membuka file folder Android menggunakan aplikasi yang sudah Anda unduh tersebut. Setelah itu, akan muncul folder data seperti config, dev, cache, data, dll. Anda perlu memilih folder ‘Data’ kemudian klik ‘Misc’ dan pilih ‘Wifi’.

Selanjutnya, pilih file ‘wpa_supplicant.conf.’. Setelah berhasil membuka file tersebut, maka Anda bisa melihat data SSID network dan password Wifi yang sudah atau pernah connect ke Android.

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan hanyalah mencatat password dan SSID tersebut. Gunakan password dan SSID tersebut untuk menyambungkan lagi Wifi yang pernah terhubung ke Android Anda dan selesai.

Perlu dicatat bahwa cara ini tidak bekerja untuk semua merek ponsel Android, karena ada beberapa merek Android yang mengunci file tersebut. Jadi, jika file tersebut terkunci, maka satu-satunya cara yang yang bisa diterapkan adalah melakukan root dahulu.

Baca Juga: Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android Paling Mudah

Menggunakan Aplikasi WIFI Router Settings

Cara melihat password wifi yang sudah connect di android tanpa root yang kedua yaitu dengan menggunakan aplikasi WIFI Router Settings. Kelebihan aplikasi ini adalah tidak hanya berfungsi untuk melihat password, tapi juga mengatur pengaturan router WiFi.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan jika ingin menggunakan aplikasi ini yaitu mengunduh aplikasi di Play Store terlebih dahulu. Setelah itu, buka aplikasi tersebut. Kemudian, sambungkan WiFi ke router. Selanjutnya, bukalah menu ‘Router Settings’ pada aplikasi.

Di tahap ini, Anda sudah bisa mengecek semua password WiFi yang pernah connect ke Android. Setelah bisa mengecek password WiFi, catatlah password tersebut atau Anda juga bisa menyimpan password tersebut dengan cara screenshots.

Baca Juga: Cara Mengetahui Password WiFi Tersimpan di Android

Melihat Password WiFi di HP Samsung

Bagi Anda para pengguna HP Samsung, cobalah cara yang satu ini. Cara ini juga terbilang cukup mudah karena bisa melihat langsung menggunakan menu pengaturan di HP Anda.

1. Membuka menu pengaturan

Jadi, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka menu ‘Pengaturan/Setting’ di ponsel Anda. Kemudian, pilihlah menu ‘Koneksi’ lalu pilih menu ‘Wi-Fi’.

Setelah itu, hubungkan ponsel Anda dengan WiFi yang akan dilihat passwordnya. Apabila sudah terhubung, maka klik ‘Ikon Gear’ yang terletak pada bagian samping kanan layar.

Selanjutnya, klik ‘Kode QR’ yang ada pada bagian bawah layar. Kemudian, nanti akan muncul Kode QR yang perlu Anda pindai untuk melihat password WiFi yang pernah terhubung ke Android.

2. Menginstall WiFi QR Code Scanner

Langkah selanjutnya agar bisa melihat Kode QR tersebut yaitu dengan mengunduh aplikasi bernama WiFi QR Code Scanner di Play Store. Unduh aplikasi ini di ponsel Android lain yang ingin terhubung ke WiFi yang sama.

Setelah selesai terpasang, selanjutnya klik ‘icon scanner’ yang ada di aplikasi tersebut. Kemudian, scan atau pindai Kode QR tersebut untuk melihat password WiFi. Jika sudah berhasil mendapatkan password, maka Anda hanya perlu menghubungkan WiFi tersebut ke ponsel.

Baca Juga: Cara Mengecek Kuota Smartfren Unlimited 4G LTE

Cara melihat password wifi yang sudah connect di android tanpa root dengan metode ini sebenarnya juga bisa Anda terapkan ke Android merek lain, seperti Oppo, Xiaomi, Realme, Vivo, dan sebagainya. Hanya saja, menu pengaturannya pasti berbeda-beda.

Posted by
Fajar Muhsy

Seorang Blogger dan Internet Marketer. Suka menulis informasi terbaru seputar bisnis dan perkembangan teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *