Cara Membuat Akun Play Store Yang Baru di HP Android

  • 4 min read
  • Okt 01, 2020
cara membuat akun play store

Bagaimana cara membuat akun play store yang baru di smartphone android? Itulah pertanyaan yang dilontarkan teman saya beberapa hari yang lalu, dan jawabannya akan saya tulis di artikel ini.

Google Play Store adalah salah satu layanan dari perusahaan Google yang berisi konten digital seperti halnya produk aplikasi, game, buku dan yang lainnya.

Google Play Store juga merupakan satu-satunya sumber resmi yang bisa kita gunakan untuk mengunduh dan install aplikasi android secara aman. Pasalnya, Google sudah menyematkan sistem Play Protect di dalamnya.

Di Playstore kamu bisa download dan aplikasi yang kamu inginkan, karena ada jutaan aplikasi dan game yang tersedia di sana, baik itu yang gratis ataupun yang berbayar.

Sedangkan untuk bisa menikmati semua layanan di Google Play Store, kamu sebagai pemilik smartphone Android wajib membuat akun Google Play terlebih dahulu.

Jadi, kalau kamu tidak mempunyai akun Google, maka 100% kamu tidak akan bisa login atau masuk ke Google Play Store. Intinya, kamu tidak bisa menggunakan layanan yang disediakan oleh Google Play Store.

Jika sebelumnya kamu sudah memiliki akun Google, maka kamu bisa menggunakan akun tersebut untuk login ke Play Store.

Tapi, jika kamu sama sekali belum pernah membuat akun Google atau ingin membuat akun Play Store yang baru, berikut ini tim Mahatekno akan menguraikan beberapa langkah cara membuat akun Play Store.

Cara Membuat Akun Google Lewat Aplikasi Google Play Store

1. Pertama silakan kamu buka aplikasi Google Play Store yang sudah ada di HP Android milikmu, aplikasi kemudian akan menampilkan notifikasi sebuah permintaan agar kamu menambahkan akun Google (Login).

2. Silakan pilih opsi “Baru” jika kamu ingin membuat akun play store yang baru, atau pilih “Yang sudah ada” jika kamu ingin login dengan akun Google yang lama.

3. Sesudah kamu menekan tombol “Baru“, maka dengan otomatis kamu akan diarahkan ke halaman pendaftaran akun Google yang baru.

4. Selanjutnya, silakan kamu isi Nama depan dan Nama belakang pada kolom yang sudah disediakan di halaman tersebut.

5. Jika sudah, silakan kamu klik ikon panah untuk menuju ke halaman berikutnya.

6. Kemudian kamu masukkan nama pengguna alias username yang nantinya akan menjadi awalan email kamu (username@gmail.com). Jadi, pastikan kalau nama pengguna yang kamu buat itu unik alias belum digunakan oleh orang lain.

7. Jika sudah, silakan klik kembali ikon panan yang ada di bagian kanan.

8. Kalau username yang kamu buat tadi tersedia alias belum dipakai oleh orang lain, maka kamu akan langsung diarahkan ke halaman pembuatan password (kata sandi).

Namun, jika username tidak tersedia, kamu akan dialihkan ke halaman Ganti nama pengguna. Silakan ubah username dengan yang belum digunakan oleh pengguna lain, atau kamu bisa memlih salah satu nama pengguna yang disarankan oleh Google.

9. Setelah berhasil masuk ke laman Buat sandi, silakan kamu masukkan kata sandi yang rumit agar tidak mudah dibobol oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

10. Kemudian ketik ulang kata sandi tersebut di kolom bawahnya. Jika sudah, silakan langsung tekan tombol ikon panah untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.

11. Nah, untuk opsi pemulihan sandi Google kamu bisa mengaturnya nanti saja dengan cara klik opsi Lain kali. Tapi, kalau kamu ingin mengaturnya langsung, silakan klik opsi Siapkan akun pemulihan.

Untuk mengisinya, kamu cukup masukkan nomor handphone yang masih aktif, kemudian nanti kamu akan disuruh untuk memasukkan sebuah kode verifikasi yang masuk lewat SMS.

12. Selanjutnya, kamu akan diarahkan ke halaman pengaturan pencadangan dan pemulihan akun Google, klik saja ikon panah kanan untuk melanjutkan.

13. Berikutnya kamu akan diperlihatkan tentang persyaratan layanan dan kebijakan privasi Google, langsung tekan tombol Setuju saja.

14. Kemudian kamu ketikkan kode captcha yang tampil di layar untuk bukti autentifikasi kalau kamu bukan robots, lalu tekan ikon panah.

15. Pada bagian Informasi pembayaran, silakan kamu klik Lewati saja.

16. Yeah, akun Google Play kamu sudah berhasil dibuat, silakan login langsung di aplikasi Playstore!

Cara Membuat Akun Play Store Lewat Menu Pengaturan

1. Pertama, silakan kamu buka menu Pengaturan (Settings) → Akun (Accounts) → Tambah Akun (Add Account).

2. Selanjutnya, kamu akan melihat daftar aplikasi yang bisa kamu tambahkan akunnya, pilih saja Google.

3. Kemudian masukkan nama depan dan juga nama belakang kamu pada kolom yang sudah disediakan, lalu klik tombol Next.

4. Lalu isi tanggal, bulan dan tahun kelahiran kamu beserta jenis kelamin (gender), kemudian tekan tombol Next lagi.

5. Masukkan username (nama pengguna) yang belum digunakan oleh orang lain, kamu bisa kombinasikan huruf dan angka.

6. Jika sudah, klik langsung tombol Next.

7. Selanjutnya, masukkan kata sandi yang kuat (gunakan huruf kapital, huruf biasa, dan kombinasi angka). Ingat! jangan menggunakan tanggal lahir sebagai kata sandi, karena itu mudah ditebak orang lain.

8. Ketikkan kembali kata sandi yang sama persis dengan yang baru kamu buat, lalu ketuk tombol Next untuk melanjutkan.

9. Kemudian kamu bisa mengisi nomor tekepon untuk pemulihan akun jika suatu saat lupa kata sandi. Jika tidak ingin melakukannya sekarang, klik saja tombol Lewati.

10. Berikutnya silakan kamu klik tombol Setuju atau I Agree untuk menyetujui semua persyaratan layanan dan juga kebijakan privasi yang diundang-undangkan oleh Google.

11. Kemudian masukkan username atau email beserta kata sandi yang sudah kamu buat barusan di kolom yang sudah tersedia, lalu klik Next.

12. Tunggu beberapa detik hingga proses pendaftaran akun Google kamu selesai.

13. Jika muncul halaman untuk menambahkan informasi pembayaran atau set up payment info, klik saja opsi “No Thanks“.

14. Berhasil, sampai di sini kamu sudah selesai membuat akun Google Play Store yang baru.

Cara Menghapus Akun Google

Tutorial berikutnya ialah cara menghapus akun Google yang sudah kamu buat dengan alasan tertentu, misalnya kamu ingin mengganti akun Google lama kamu dengan yang baru. Berikut panduan lengkapnya:

  • Pertama, buka menu Pengaturan → Akun → Google.
  • Pilih akun (email) yang akan kamu hapus.
  • Kemudian klik ikon tiga garis yang ada di pojok atas bagian kanan layar ponsel kamu.
  • Lalu pilih Hapus akun pada dialog yang muncul di layar.
  • Selanjutnya, akan ada pesan peringatan yang berisikan bahwa dengan menghapus akun Google tersebut, akan menghapus semua pesan di email, data kontak, dan juga data-data lainnya di HP Android kamu yang terkait dengan akun tersebut.
  • Ketuk saja Hapus akun.
  • Selesai.

Catatan penting, jika kamu sudah mengikuti beberapa langkah di atas, maka akun Google tersebut akan terhapus dari ponsel pintar kamu. Akan tetapi, akun tersebut hanya hilang/terhapus di smartphone kamu saja, tapi di database Google masih ada.

Jadi, jika suatu saat kamu ingin membuka kembali akun Google tersebut, kamu tinggal login saja dengan memasukkan email + password akun tersebut.

Oiya, jika kamu ingin menghapus akun media sosial Instagram, kamu bisa membaca artikel berikut: Cara Menghapus Akun Instagram Permanen.

Akhir kata…

Mungkin cukup sampai di sini saja pembahasan mengenau cara membuat akun play store yang baru, baik melalui aplikasi Google Play Store ataupun lewat menu Pengaturan smartphone Android kamu.

Jika ada yang tidak/belum kamu mengerti, silakan luangkan sedikit waktu kamu untuk berkomentar di kolom yang sudah saya sediakan di bawah!

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *