Cara Membuat Garis di Word (Horizontal, Vertikal, Lurus dan Kotak)

  • 3 min read
  • Sep 27, 2020
cara membuat garis di word

Microsoft Word adalah software perkantoran yang memiliki segudang fitur penting, semua kebutuhan untuk membuat dokumen seperti memasukkan gambar, foto, beragam format teks, dan juga cara membuat garis di Word ada semuanya.

Buat kamu yang ingin membuat garis lurus, horizontal, vertikal, garis kotak-kotak atau yang lainnya sangat mudah sekali untuk dilakukan, baik di Microsoft Word 2010, 2013, 2016 ataupun versi 2007. Karena memang di software ini sudah tersedia dengan berbagai style yang kamu butuhkan.

Garis ini terkadang sangat dibutuhkan sekali untuk beberapa dokumen, misalnya ketika akan membuat kop surat di word, karena hampir semua kop surat itu membutuhkan garis di bagian bawahnya, ataupun garis-garis di lembar kerja kosong, dan lain sebagianya.

Cara membuat garis di Word

Berhubung fitur garis ini jarang sekali dipakai, jadi sangat wajar jika banyak sekali pengguna MS Word yang belum bisa atau terkadang lupa dengan cara membuat garis di word sesuai dengan style yang dibutuhkan, ya meskipun caranya sangat mudah sekali.

Pada artikel yang satu ini, Mahatekno akan membahas secara detail cara membuat garis di microsoft word, baik itu horizontal atau vertikal, garis lurus, kotak-kotak, seperti buku, dan yang lainnya.

Perlu kamu ketahui, bahwa pembuatan line atau garis di software microsoft word itu sangat beragam dan kamu bisa memilih cara yang mana saja yang menurut kamu itu mudah.

Membuat garis horizontal

Baiklah, di bawah ini ada beberapa langkah atau metode pembuatan garis dengan menggunakan karakter khusus, kalau saya sendiri sering menyebutnya dengan cara pintas, berikut langkah-langkahnya:

  1. Menggunakan karakter – (strip/minus)

    Silakan kamu ketikkan saja karakter – sebanyak 3x atau , kemudian tekan tombol enter. Nah, dengan metode ini karakter tersebut akan berubah menjadi garis tipis yang memanjang alias horizontal.
    menggunakan karakter strip

  2. Menggunakan karakter _ (underscore)

    Ketikkan karakater _ (underscore) sebanyak 3 kali untuk membuat garis seperti poin nomor satu, hanya saja yang ini sedikit tebal.
    cara membuat garis di word

  3. Menggunakan karakter = (sama dengan)

    Ketik karakter = sebanyak 3x atau === lalu ikuti dengan menekan tombol enter. Maka akan berubah menjadi garis dengan horizontal dengan style garis ganda (lihat gambar berikut).
    cara membuat garis lurus di word

  4. Menggunakan karakter * (bintang)

    Ketikkan *** (bintang sebanyak 3 kali), lalu klik Enter, maka hasilnya akan menjadi garis putus-putus atau kotak-kotak persegi berukuran kecil (cek gambar).
    cara membuat garis kotak di microsoft word 2010

  5. Menggunakan karakter # (tanda pagar)

    Sama seperti yang lain, ketikkan tanda pagar 3 kali alias ###, untuk membuat garis lurus horizontal yang tebal.
    cara membuat garis seperti buku di word

  6. Menggunakan karakter ~ (tanda gelombang)

    Untuk membuat garis bergelombang di word, kamu cukup ketikkan tanda gelombang sebanyak 3 kali atau ~~~, maka hasilnya akan seperti di bawah ini.
    garis bergelombang

  7. Menggunakan fitur Shapes

    Bukan hanya dengan cara di atas, kamu juga bisa membuat garis vertikal ataupun horizontal dengan menggunakan shape.

    Caranya sangat mudah sekali, silakan klik tab InsertShapes (lihat gambar di bawah ini).
    cara menggunakan shape di word
    Selanjutnya, kamu tinggal pilih saja bentuk garis seperti apa yang ingin kamu terapkan, kemudian gunakan mouse kamu untuk membuat garis (panjang bisa menyesuaikan).

Membuat garis vertikal

Bukan cuma horizontal atau garis yang memanjang ke samping saja, kamu juga bisa membuat garis di word dengan syle vertikal atau yang memanjang ke bawah (tegak/berdiri) sesuai keinginan kamu.

Untuk membuatnya, kamu hanya bisa menggunakan fitur Shapes, begini caranya:

  1. Pertama, silakan klik tab Insert → Shapes.
  2. Lalu kamu pilih salah satu format garis yang diinginkan (bebas).
  3. Selanjutnya, pada lembar kerja Microsoft Word kamu, klik saja di area yang kosong atau tempat kamu akan membuat garis vertikal, tahan dan drag ke bagian bawah.
  4. Agar bentuk garis lurus, kamu bisa menekan tombol SHIFT yang ada di keyboard laptop atau komputer kamu (sambil menekan tombol SHIFT, silakan tarik garis dari bagian atas ke bawah).
  5. Taraaa, garis vertikal pun berhasil kamu buat.

Membuat garis kotak di Word

Garis kotak yang saya maksud di sini adalah garis yang mengelilingi margin kertas lembar kamu di Ms Word, atau tampilannya kurang lebih seperti berikut ini:

square line

Nah, bagi kamu yang ingin membuat garis seperti gambar di atas, kamu bisa memanfaatkan fitur Border and Shading di Microsoft Word, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Klik tab Home → Border → Border and Shading.
    border and shading...
  2. Pada kotak dialog border and shading, kamu bisa mengaturnya settingan dan style sesuai kebutuhan kamu.
    cara mengatur border dan shading
  3. Jika sudah, silakan akhiri dengan menekan tombol OK.

Maka garis kotak yang kamu inginkan tersebut akan muncul di lembar ker Microsoft Word kamu. Kotak tersebut akan terus memanjang sampai batas margin setiap kali kamu menekan tombol enter.

Okeh, cukup sekian dulu ya dan semoga membantu!

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *