3+ Cara Membuat Garis Kop Surat di Microsoft Word

  • 3 min read
  • Sep 29, 2020
cara membuat garis kop surat

Kop surat adalah salah satu identitas surat yang terdiri dari logo perusahaan/instansi pemerintahan, alamat kantor, dan juga kontak. Untuk surat dinas atau yang sifatnya resmi, cara membuat garis kop surat ini sangat wajib kamu ketahui, sebab penggunaanya bersifat wajib!

Fungsi dan kegunaan kop surat ini selain bisa terlihat cantik dan indah dan memberikan kesan profesional, juga dapat memberikan informasi tambahan tentang perusahaan atau instansi kepada penerima surat.

Memang tidak ada aturan yang pasti dalam menyajikan sebuah kop surat, hanya saja kebanyakan perusahaan/institusi menyajikan kop surat ini dengan desain yang menarik, salah satunya ialah dengan menerapkan atribut-atribut penting, salah satunya dengan menambahkan garis tepat dibawah kop surat.

Cara Membuat Garis Kop Surat di Word

Sudah menjadi rahasi umum, kalau pembuatan surat yang disertai dengan kop surat paling gampang dilaukan di software Microsoft Word, baik yang versi terbaru 2016, 2013, 2010, hingga versi paling jadul yaitu 2007.

Pada Ms Word, kop surat ini biasanya dibuat di halaman header dan juga footer, sehingga semua surat yang ditulis di lembar kerja akan secara otomatis memiliki kop surat dengan format yang sama.

Oiya, untuk pembuatan kop surat sendiri sebelumnya sudah saya bahas di artikel yang berjudul cara membuat kop surat dengan logo. Jadi, buat kamu yang belum tahu cara bikinnya, silakan baca dulu artikel tersebut.

Pada kesempatan kali ini, Mahatekno juga akan memaparkan bagaimana cara membuat garis pada kop surat yang baik dan benar dengan cara yang sangat mudah.

Sebenarnya ada banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat garis kop surat ini, dan saya akan mencoba membahasnya satu persatu berikut ini.

Menggunakan Fitur Border and Shading

Untuk kamu yang akan membuat garis tepat di bawah kop surat, kamu bisa memanfaatkan fitur yang disediakan Microsoft Word yakni Border and Shading. Untuk langkah-langkahnya, silakan simak ulasan berikut ini:

  1. Silakan buat terlebih dahulu kop suratnya, jika belum tahu caranya silakan baca artikel saya sebelumnya yang berjudul: cara membuat kop surat di word.
    cara membuat garis pada kop surat
  2. Untuk membuat garis pada kop surat, silakan kamu letakkan cursor di bawah kop surat, perhatikan gambar berikut ini.
    cara membuat garis kop surat di word
  3. Selanjutnya, ketuk tab Home → pada grup paragraph silakan klik ikon border → pilih border and shading untuk membuka kotak dialog pengaturannya (lihat gambar).
  4. Pada kotak dialog border and shading, silakan kamu atur settingannya seperti berikut ini.
    border and shading
    Settings: pilih None.
    Style: silakan pilih gaya garis yang kamu inginkan.
    Preview: di sini kamu akan melihat garis pada ikon kotak hitam. Silakan hilangkan garis kiri, kanan, dan juga bawah, dengan cara klik saja satu persatu kotak tersebut, sehingga tinggal tersisa garis bawah saja.Alhasil, akan terlihat seperti ini di pengaturan border and shading tersebut.
    cara mengatur border dan shading
  5. Terakhir silakan tekan OK untuk melanjutkan, dan hasilnya akan menjadi seperti ini.
    kop surat sederhana
  6. Selesai.

Bagaimana, apakah kamu sudah bisa membuatnya atau malah masih bingung? hehe 😀

Menggunakan Menu Shapes

Bukan hanya dengan border dan shading saja, kamu juga bisa membuat garis kop surat dengan menggunakan fitur Shapes, langkah-langkah di bawah ini:

  1. Silakan masuk terlebih dahulu ke mode header & footer editor, dengan cara double klik pada kop surat yang kamu buat tadi.
  2. Letakkan kursor tepat di bawah teks kop surat seperti yang sudah dijelaskan tadi di atas.
  3. Buka tab Insert → Shapes → lalu pilih bentuk garis sesuai keinginan kamu.
  4. Buat garis di bawah kop surat dengan cara klik dan tahan saja di kiri lalu tarik menggunakan mouse ke bagian kanan. Jika ingin tarikan garis menjadi lurus, silakan tekan tombol Shift saat kamu menarik garis.
  5. Jika dirasa sudah pas, lepaskan mouse dan juga tombol Shift yang kamu tekan tadi.
  6. Selanjutnya, kamu bisa mengubah warna, menebalkan garis, dan yang lainnya dengan cara klik garis tersebut lalu buka tab Format → Shape outline → lalu atur style nya.
    Theme colors: untuk mengubah warna garis.
    Weight: untuk mengatur ketebalan, misal 3pt.
    Dashes: untuk mengganti bentu garisnya.
  7. Selesai, inilah contoh hasil akhirnya:
    cara membuat garis dengan shapes

Bagaimana menurut kamu, mudah menggunakan border and shading atau mudah pakai fitur shapes?

Membuat Garis Kop Surat Dengan Format Karakter

Nah, buat kamu yang ingin membuat garis pada kop surat dengan cepat dan mudah, kamu bisa menggunakan pintasan khusus yakni dengan hanya menuliskan karakter tertentu saja.

Untuk panduannya, sudah saya bahas secara detail dan lengkap di artikel berikut ini :

Akhir kata…

Mungkin cukup sampai di sini saja pembahasan mengenai cara membuat garis bawah pada kop surat di Microsoft Word.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *