Cara Membuat Link WhatsApp di Instagram Paling Mudah

  • 2 min read
  • Agu 30, 2020
cara membuat link whatsapp di instagram

Tidak sedikit pelaku bisnis online (jualan online, reseller, atau dropshipper) yang mencari cara membuat link WhatsApp di Instagram, supaya calon konsumen bisa langsung nge-chat ke WA ketika sedang stalking di profil IG kamu.

WhatsApp yang notabenya sebagai salah satu layanan perpesanan singkat paling populer saat ini, kamu harus memanfaatkannya ke arah yang positif, apalagi buat kamu yang sedang mencoba berjualan online di Instagram.

Mengapa harus WhatsApp? Karena aplikasi yang satu ini merupakan yang paling mudah digunakan untuk ngobrol berbincang-bincang baik di chat, telepon, dan juga video call antara calon pembeli dengan pihak penjual.

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya di artikel yang berjudul Contoh Kata Kata Promosi Makanan di Instagram Yang Kreatif, bahwa WhatsApp atau yang lebih dikenal dengan WA ini memiliki segudang fitur yang bermanfaat untuk digunakan penggunanya dalam urusan komunikasi, salah satunya ialah bisa bikin link wa di instagram.

Fitur yang satu ini dinamai dengan sebutan/istilah Click to Chat. Dengan fitur ini, pengguna Instagram bisa menghubungi kamu tanpa harus ribet-ribet menyimpan kontak WA kamu terlebih dahulu.

Ada 3 (tiga) cara yang akan admin bahas untuk mengatur profil akun Instagram kamu agar bisa menaruh link chat langsung ke nomor WhatsApp kamu.

Untuk mempersingkat waktu, silakan kamu perhatikan langkah-langkah di bawah ini:

Yang harus kamu lakukan pertama kali tidak lain adalah mengedit link to chat yang sudah disiapkan oleh WhatsApp.

Silakan kamu copy dan tempel (copy paste) link berikut ini ke notepad atau aplikasi catatan yang ada di HP Android.

https://api.whatsapp.com/send?phone=6285779052090&text=Halo%20Kang%20Ilyas?

Kalau sudah, silakan kamu edit/ganti nomor “6285779052090” dengan nomor WhatsApp kamu.

Kemudian kamu juga bisa mengganti teks “Halo%20Kang%20Ilyas?” dengan teks yang kamu inginkan, misalnya “Barang%20Ready%20Bos?” atau kalimat apa saja yang kamu perlukan.

Kalau link sudah berhasil kamu edit sesuai kebutuhan, sekarang kamu bisa menyingkat URL tersebut dengan pemendek URL Bit.Ly misalnya, atau jika tidak kamu bisa langsung loncat ke poin ketiga saja.

Berhubung link atau URL dari WhatsApp tersebut cenderung panjang dan terlihat tidak rapi (kurang berkesan), maka kamu bisa memndekan URL-nya dengan shortener URL terkenal yaitu Bitly.

Apa itu Bitly? Coba akan saya jelaskan secara ringkas berikut ini…

Bitly adalah salah satu layanan URL Shortener atau situs pemendek URL yang panjang agar menjadi pendek. Bahkan, kita bisa dengan sesuka hati untuk mengubahnya dengan link yang diinginkan, misalnya Bit.ly/kangilyas.

Caranya cukup mudah, silakan kamu salin URL WhatsApp yang panjang tadi kemudian buka halaman website https://bitly.com, kemudian paste atau tempelkan link di kolom yang sudah sediakan. Terakhir, klik tombol Shorten.

Setelah link sudah menjadi pendek, silakan kamu salin kembali URL pendeknya.

Sekarang saatnya kita memasang link tersebut ke profil Instagram kamu.

Terakhir kamu bisa menaruh link whatsapp kamu ke profil Instagram, yang nantinya URL tersebut akan muncul di bio profil Instagram kamu.

Caranya cukup mudah, silakan kamu buka aplikasi Instagram » Profil » Edit Profile » kemudian tempel (paste) link bitly yang sudah kamu copy tadi ke kolom Website » lalu klik Save (Simpan).

Bagaimana, sangat mudah sekali bukan? Jika belum mengerti atau ada yang ingin ditanyakan, silakan tulis saja di kolom komentar!

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *