cara membuka file rar di android
Android

Mudah! Begini Cara Membuka File RAR di Android

File berupa RAR merupakan salah satu kompresi data yang paling sering digunakan. Meski demikian, masih ada sebagian orang yang masih asing dengan program ini sehingga kesulitan membukanya. Sebenarnya, cara membuka file RAR di Android dapat dilakukan mudah, bahkan bisa tanpa aplikasi.

Membuka file RAR menggunakan PC memang lebih mudah. Akan tetapi, terkadang Anda mungkin membutuhkan file ini di ponsel, dan ada beberapa langkah membuka file RAR tersebut melalui Android.

Berikut ini langkah-langkah dari Mahatekno yang dapat Anda lakukan berdasarkan pilihan metodenya.

Menggunakan Aplikasi Bawaan

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk membuka file RAR adalah dengan menggunakan aplikasi bawaan dari Android. Namun, sayangnya, tidak semua jenis Hp Android memiliki aplikasi bawaan untuk membuka file ini. Jika perangkat Android Anda memiliki aplikasi ini, silahkan ikuti langkah berikut.

1. Pilih file RAR

Langkah pertama untuk membuka file berbentuk RAR adalah dengan memilih file yang ingin Anda buka. Pilih file tersebut dengan cara menekannya agak lama hingga muncul tanda ceklis atau centang pada bagian kanan file.

Setelah itu, lihatlah pada bagian kanan bawah layar Hp Anda. Disana akan terdapat fitur lainnya yang ditandai dengan icon titik tiga. Klik icon tersebut, dan Anda akan menemui beberapa pilihan di bawahnya.

2. Pilih Unzip

Pilihan-pilihan yang terlihat setelah Anda menekan icon lainnya antara lain adalah move to save, rename, share, dan unzip. Pilihlah fitur unzip, kemudian Anda akan disuguhkan pada kotak dialog yang meminta untuk mengetik dan memastikan data yang ingin dibuka.

3. Ketik nama file

Pada kotak dialog tersebut, tulislah nama file RAR yang ingin Anda buka. Anda juga akan diminta untuk menuliskan nama direktori tempat penyimpanan file RAR tersebut. Setelah itu, klik OK. Jika sudah, file RAR tersebut sudah dapat dibuka.

Baca Juga: Cara Mengganti Background Foto di Android Tanpa Aplikasi

Menggunakan Aplikasi RAR for Android

Cara membuka file RAR di Android yang kedua dapat dilakukan dengan bantuan aplikasi RAR for android. Aplikasi ini dapat digunakan untuk membuka file dengan format .rar, .zip, .tar, .iso, dan beberapa jenis file kompresi lainnya.

Membuka file RAR menggunakan aplikasi ini dapat Anda lakukan dengan langkah. Berikut penjelasan selengkapnya yang bisa Anda terapkan.

1. Download Aplikasi

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum menggunakan suatu aplikasi, tentunya harus memiliki aplikasi tersebut terlebih dahulu. Download dan install aplikasi RAR for Android melalui Google Playstore.

2. Buka Aplikasi

Setelah aplikasi RAR for android terinstal sempurna pada perangkat Android Anda, bukalah aplikasi tersebut. Kemudian, Anda akan disuguhkan dengan file kompresi yang terdapat pada penyimpanan ponsel.

3. Cari dan Pilih File RAR

Selanjutnya, cari file RAR yang ingin Anda buka. Pilih file tersebut, dan selanjutnya akan muncul tanda ceklis di sebelah kanan file. Lihatlah pada bagian atas layar, dan Anda akan mendapati sebuah icon berupa dua garis dengan tanda panah di bagian tengahnya. Selanjutnya klik icon tersebut.

Baca Juga: Cara Melihat Password Wifi Yang Sudah Connect di Android Tanpa Root

4. Pilih Direktori Penyimpanan

Pilih tempat dimana Anda akan menyimpan file hasil unrar, kemudian tekan OK. Anda akan diarahkan pada laman persetujuan yang menyatakan bahwa pengguna dipersilahkan untuk membaca dan menulis pada tempat penyimpanan yang dituju, lalu tekan OK lagi.

Tunggulah proses unrar selesai, kemudian cobalah untuk membuka file tersebut. Apabila dapat terbaca di perangkat, berarti langkah yang Anda lakukan telah berhasil. Dengan demikian, selesailah rangkaian cara membuka file rar di android menggunakan aplikasi ini.

Posted by
Fajar Muhsy

Seorang Blogger dan Internet Marketer. Suka menulis informasi terbaru seputar bisnis dan perkembangan teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *