cara membuka hp android yang terkunci
Android

Cara Membuka HP Android yang Terkunci Tanpa Menghilangkan Data

Memasang password untuk smartphone android banyak dilakukan untuk menjaga privasi pemilik ponsel. Namun, tidak sedikit pula pemilik yang lupa passwordnya, sehingga ponsel tidak bisa dibuka. Disini, kamu harus tahu cara membuka HP android yang terkunci tanpa menghilangkan data ala Mahatekno seperti berikut.

Menggunakan Samsung Find My Mobile

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk membuka kunci android tanpa menghilangkan data adalah menggunakan fitur find my mobile apabila kamu menggunakan smartphone Samsung.

Langkah yang harus dilakukan adalah mengakses browser dan masuk pada link samsung find my mobile.
kamu harus masuk ke dalam akun Samsung yang sebelumnya pernah dibuat.

Oleh sebab itu, kamu harus memastikan bahwa sebelumnya sudah pernah membuat akun. Setelah masuk situs Samsung find my mobile, kamu bisa klik pada pilihan lock my screen dan masukkan PIN.

Selanjutnya, klik pada pilihan lock dan tunggu selama beberapa menit agar bisa membuat PIN baru. Selanjutnya, kamu bisa mencoba untuk memasukkan PIN baru tersebut untuk membuka smartphone.

Samsung find my mobile ini bisa dijadikan sebagai pilihan untuk membuka HP tanpa mereset data.

Baca Juga: Cara Download Video Youtube di Android Tanpa Aplikasi

Memanfaatkan ADB

Cara membuka HP android yang terkunci tanpa menghilangkan data berikutnya adalah memanfaatkan ADB pada smartphone yang fitur USB debuggingnya sudah aktif. kamu perlu menyambungkan android pada perangkat komputer dengan ADB tersebut.

Memanfaatkan ADB untuk smartphone yang terkunci tanpa menghilangkan datanya ini hanya bisa dijalankan apabila android kamu belum diroot. Setelah smartphone dan perangkat komputer tersambung menggunakan kabel USB, kamu bisa langsung masuk ke CMD yang ada pada instalasi ADB.

Tahapan berikutnya adalah, kamu perlu mengetikkan adb shell rm/data/system/gesture.key, lalu klik enter. Pastikan bahwa kamu sudah menuliskannya dengan benar agar proses selanjutnya bisa dilakukan. kamu bisa melakukan reboot dan menunggu beberapa saat untuk bisa akses android lagi.

Baca Juga: Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus Sebelum Backup di Android

Menggunakan Aplikasi Device Manager

Aplikasi device manager juga bisa dijadikan sebagai solusi agar bisa membuka kembali android tanpa menghapus datanya. Kamu perlu meminta bantuan orang lain untuk bisa menginstal aplikasi device manager ini pada ponselnya. Pilihan lainnya adalah, kamu bisa mengakses aplikasi melalui komputer.

Tahap pertamanya, kamu harus login aplikasi device manager ini dengan akun google yang sama dengan yang ada pada smartphone. Selanjutnya, masuklah ke browser untuk mengakses device manager. kamu akan menemukan tiga pilihan, yaitu hapus, deringkan, dan kunci.

Kamu harus memilih opsi kunci agar aplikasi device manager bisa menemukan perangkat. Selanjutnya, masukkan password baru untuk mengganti kata sandi sebelumnya agar android bisa dibuka dan klik lock. Tunggu selama beberapa menit agar bisa membuka smartphone kembali.

Baca Juga: Kata Kata Promosi Sekolah di Masa Pandemi (SD, SMP, SMA/SMK)

Menggunakan Forgot Pattern

Cara membuka HP android yang terkunci tanpa menghilangkan data yang terakhir adalah dengan memanfaatkan fitur forgot pattern. Fitur ini akan memberikan kamu dua opsi yang bisa dicoba untuk membuka android tanpa harus menghilangkan data di dalamnya.

Opsi tersebut adalah membuka kunci layar dengan pertanyaan keamanan yang akan diajukan atau dengan memasukkan akun gmail yang terpasang pada ponsel.

Apabila menggunakan opsi pertama, maka pastikan bahwa kamu mengingat dengan pasti jawaban pertanyaan keamanan yang diajukan.

Apabila kamu memilih opsi yang kedua, maka nantinya Google akan mengirimkan email berupa pola agar kamu bisa membuka android yang terkunci tadi.

Pada opsi kedua ini kamu perlu memanfaatkan perangkat lain, baik smartphone atau komputer untuk membuka email yang berisi pola tersebut.

Posted by
Fajar Muhsy

Seorang Blogger dan Internet Marketer. Suka menulis informasi terbaru seputar bisnis dan perkembangan teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *