Emas Online Pegadaian: Cara Menabung Milenial Masa Kini

  • 5 min read
  • Nov 12, 2020
emas online pegadaian

Menabung emas online di Pegadaian adalah salah satu cara investasi kekinian yang sangat cocok sekali untuk para kaum milenial generasi Z untuk masa depan yang cerah.

Sudah sejak lama sekali emas menjadi salah satu investasi yang sangat populer karena harganya setiap gram-nya yang semakin hari semakin mahal saja, bahkan untuk sebagian orang sulit untuk membelinya.

Hal tersebut membuat para pengecer atau retailer emas kecil-kecilan menjadi merasa minder dan ngeri untuk menjalankan usaha kecilnya tersebut.

Padahal, menurut Mahatekno tabungan emas sendiri sangat menjanjikan sekali karena mengingat tren harga emas yang stabil dan cenderung terus mengalami kenaikan yang signifikan.

Menariknya, seiring berkembangnya teknologi yang juga ikut mempengaruhi keuangan digital, dimana sekarang ini orang-orang bisa membeli dan menabung emas dengan modal yang sangat minim, bahkan bisa menyicil.

Buat para milenial generasi Z, kamu bisa mulai menabung emas dengan ukuran yang sangat minim sekali seperti 0,01 atau 0,001, jadi tidak perlu melulu harus setengah gram atau 1 gram.

Pada intinya, sekarang ini kamu bisa memulai belajar investasi emas online di pegadaian serasa membeli cemilan di warung kecil.

Lantas, apa yang dimaksud dengan menabung emas online? Apa saja keuntungan dan bagaimana cara membuka tabungan emas online di pegadaian?

Baiklah, dalam artikel kali ini saya akan mencoba memaparkannya lebih mendalam, agar kamu para kaum milenial menjadi tertarik untuk berinvestasi demi masa depan yang cerah.

Pengertian Tabungan Emas Online

Apa itu tabungan emas online? Tabungan emas online adalah salah satu layanan sejenis perbankan yang memberikan layanan penitipan saldo emas secara online (digital) lewat jaringan internet.

Jika kamu membeli emas secara offline alias langsung ke pegadaian atau ke toko emas lainnya, maka kamu akan medapatkan emas fisik.

Berbeda dengan emas online, yang mana kamu akan mempunyai emas dalam bentuk saldo yang jumlahnya bisa kamu cek secara real time menggunakan jaringan internet.

Nah, jika nanti saldo emas online kamu sudah mencapai batas minimal yang sudah ditentukan, misalnya minimal berat 1 gram, maka kamu bisa mencetak emas tersebut menjadi emas fisik.

Dikarenakan emas yang diperjualbelikan secara online tersebut tidak berbentuk fisik, maka kamu bisa dengan mudah membeli emas tersebut dengan jumlah yang sangat kecil, misalnya kamu mulai menabung emas dengan uang Rp10.000 saja.

Dengan kamu menabung emas secara online, kamu nggak cuma dapat membeli emas saja, tapi kamu juga bisa menjual emas tersebut kapan saja dan dimanapun kamu berada.

Jadi, kamu bisa membeli emas ketika harga emas sedang drop. Kemudian ketika harga emas sedang melambung tinggi, kamu bisa langsung menjualnya dengan hanya mengklik tombol “Jual” saja di dasbor aplikasi. Mudah sekali bukan?

Kesimpulannya, dengan hadirnya tabungan emas online pegadaian dan yang lainnya, kamu bisa membeli emas secara eceran dan tidak perlu pergi datang langsung ke kantor pegadaian.

Untuk pembeliannya sendiri kamu bisa menggunakan aplikasi atau marketplace yang menyediakan layanan tabungan emas (yang sudah terbukti terpercaya), sedangkan untuk pembayarannya bisa kamu lakukan melalui transfer bank, dompet digital atau yang lainnya.

Baca juga: Ingin Tahu Cara Membuat ATM BNI? Berikut Persyaratannya!

Keuntungan Membuka Tabungan Emas Online

Pengertian mengenai tabungan emas online baru saja sudah saya paparkan di atas. Lantas, apa saja keuntungan yang akan kamu peroleh dari menabung emas online? Berikut ini ada 5 (lima) benefit atau keuntungan yang akan kamu peroleh dengan menabung emas online.

Kestabilan Harga Emas

Saya selalu menganalisi harga emas dari waktu ke waktu yang ternyata harganya relatif stabil, bahkan terus meningkat, coba kamu perhatikan gambar grafik harga emas dari tahun 2012 s/d 2020 berikut di bawah ini :

grafik harga emas 2020

Mengapa harga emas tetap stabil dan cenderung naik alias meningkat? Secara umum emas dipandang sebagai salah satu komoditas yang sangat tahan terhadap inflasi.

Nilai emas memang lebih kebal jika kita bandingkan dengan komoditas lain seperti halnya nilai mata uang yang mudah mengalami inflasi.

Karena kestabilan harganya ini mampu menjadikan emas sebagai salah satu pilihan investasi yang aman dan sangat menjanjikan sekali.

Sekarang ini, kamu bisa membeli emas dengan harga yang murah dan terjangkau, kemudian nanti kamu bisa menjualnya dengan harga yang mahal berkali lipat dari harga pembelian.

Kunci sukses investasi emas adalah Hold alias tahan atau simpan emas tersebut selagi harganya diprediksikan akan terus naik.

Proses Pencairan Mudah

Perlu kamu ketahui, bahwa proses pencairan tabungan emas online itu sangat mudah sekali. Dan untuk metode mencairkan emas itu ada 2 (dua) yang diantaranya :

  1. kamu bisa mencairkan tabungan emas dengan cara menjual saldo emas yang tersedia di tabungan milikmu melalui aplikasi secara langsung.
  2. Jika saja saldo tabungan emas kamu sudah mencapai ambang batas tertentu (umumnya, minimal 1 gram), kamu bisa mencetak saldo tabungan emas kamu menjadi emas fisik dengan membayar biaya pncetakannya.

Oiya, bahkan di beberapa layanan tabungan emas tententu, kamu juga bisa mencetak tabungan emas online kamu menjadi sebuah perhiasan sesuai keinginan kamu, misalnya ingin dibuat cincin, kalung, gelang, atau yang lainnya.

Baca juga: Syarat Buka Rekening BCA [+Jenis Tabungan dan Kartu ATM]

Keamanan Terjamin

Bagian yang paling penting dalam menabung, baik menabung uang ataupun emas adalah keamanan. Benar bukan?

Sebagian besar dari kamu pasti bertanya-tanya apakah menabung emas online itu aman? Aman-aman saja, asal kamu bisa memilih penyedia layanan tabungan emas online yang sudah terpercaya, misalnya Pegadaian.

Pegadaian merupakan perusahaan yang berada di bawah naungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mana sudah terdaftar sebagai lembaga berbadan hukum dan telah berpengalaman puluhan tahun serta memiliki track record yang bagus.

Bisa Membeli Emas Eceran

Melalui Pegadaian, kamu dapat membeli emas dalam satuan berat terkecl sekalipun, yaitu mulai dari 0,01 gram.

Dengan begitu kamu bisa menabung emas dengan lebih fleksibel, dimana dengan uang Rp10.000 saja kamu sudah bisa membeli emas.

Ketika kamu memiliki uang kembalian, kamu bisa menggunakan uang tersebut untuk membeli emas di Pegadaian. Nantinya, ketika emas kamu sudah mencukupi batas minimal pencetakan, kamu bisa mencetaknya menjadi emas fisik.

Simple, Mudah dan Praktis

Berkat kemajuan teknologi yang terus berkembang dari waktu ke waktu memang sangat membantu kita dalam segala urusan/bidang, termasuk membuka rekening emas online.

Dengan hanya bermodalkan smartphone Android saja, kamu sekarang sudah bisa membuka tabungan emas secara online kapanpun dan dimanapun.

Buat kamu yang masih gaptek dengan teknologi smartphone Android atau iOS (iPhone), kamu bisa membuka tabungan emas dengan cara datang langsung ke outlet Pegadaian terdekat.

Kamu bisa membuka rekening emas berkat bantuan dari agen atau karyawan Pegadaian, kemudian kamu bisa top up saldo awal sesuai dengan kemampuan kamu.

Selamat kamu sekarang sudah memiliki tabungan emas di Pegadaian 🙂

Cara Membuka Tabungan Emas Online

Bagaimana cara membuka tabungan emas online yang aman dan terpercaya? Baiklah, di sini admin Mahatekno akan memberikan contoh pembukaan tabungan emas di Pegadaian secara online.

Mengapa harus Pegadaian? Karena seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, kalau Pegadaian ini adalah perusahaan di bawah naungan BUMN yang sudah berpengalaman dan memiliki track record yang baik dalam bisnis jual beli emas baik secara online atau offline.

Bukan hanya itu saja, ternyata cara membuka tabungan emas online di Pegadaian itu sangat mudah mudah sekali.

Berikut di bawah ini, saya akan memaparkan sedikit gambaran untuk membuka rekening atau tabungan emas secara online di Pegadaian :

  1. Unduh dan Install aplikasi Pegadaian Digital di Google Play Store atau App Store.
  2. Setelah aplikasi berhasil kamu install di smartphone milikmu, silakan buka aplikasi Pegadaian Digital tersebut.
  3. Kemudian klik tombol Daftar, untuk memulai pendaftaran akun.
  4. Masukkan data-data pribadi kamu sesuai dengan yang diminta oleh pihak Pegadaian.
  5. Kemudian kamu pilih juga unit Pegadaian yang sesuai kantor atau cabang yang dekat dengan tempat kamu tinggal atau tempat kerja.
  6. Lakukan pembayaran untuk membayar biaya pembukaan tabungan emas.
  7. Kemudian lakukan konfirmasi pembayaran untuk memulai mengaktifkan tabungan emas online kamu, bisa dengan cara menghubung call center atau langsung datang ke kantor Pegadaian terdekat.
  8. Tunggu proses pengaktifan tabungan kurang lebih 7 hari kerja.
  9. Terakhir, kamu bisa mengambil buku tabungan emas online kamu di kantor unit Pegadaian yang sebelumnya sudah kamu pilih saat melakukan pendaftaran.
  10. Selesai.

Saya ingatkan sekali lagi, bahwa untuk memiliki emas kini bukanlah sebuah angan-angan saja, saya yakin kamu bisa membelinya dalam jangka waktu dekat.

Dengan kamu menyisihkan uang Rp10.000 saja, kamu sudah bisa membeli emas di Pegadaian, bagaimana sangat mudah sekali bukan menabung emas itu?

Akhir kata…

Demikianlah pembahasan mengenai cara membuka tabungan emas online Pegadaian yang bisa saya paparkan dalam artikel ini, semoga bermanfaat 😀

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *