Cara Menambah Halaman Baru di Word Secara Cepat

  • 2 min read
  • Sep 30, 2020
cara menambah halaman di word

Cara menambah halaman di word (halaman baru atau new page) sebenarnya sangat mudah sekali, baik di versi Microsoft Word 2016, 2013, 2010, atau versi paling lawas 2007 sekalipun. Ya, karena pada dasarnya halaman baru itu akan bertambah secara otomatis ketika satu halaman sudah penuh dengan tulisan, baik teks ataupun gambar.

Meskipun cara ini terlihat sangat mudah sekali, akan tetapi bagi pengguna Ms Office pemula alias yang baru pertama kali menggunakan software Word, pasti akan sedikit kebingungan tentang bagaimana cara menambah halaman baru di Word.

Apalagi jika 1 halaman yang baru dibuatnya hanya memiliki teks beberapa paragraf saja, namun pengguna ingin menambahkan page baru untuk halaman keduanya.

Cara Menambah Halaman di Word

Sebelumnya saya sudah mengulas cara membuat tabel di Word. Dalam artikel ini, Mahatekno akan memaparkan bagaimana cara membuat halaman baru di Microsoft Word dengan mudah, khususnya buat kamu yang baru menggunakan software perkantoran ini.

Ada 2 (dua) metode yang bisa kamu gunakan untuk membuat halaman baru di word, diantaranya sebagai berikut:

Menggunakan tombol Enter

Metode yang pertama untuk menambahkan page di word, kamu cukup menekan tombo enter beberapa kali di halaman pertama hingga kursor sampai ke batas bawah halaman.

Begini caranya…

  1. Silakan arahkan cursor mouse ke ujung teks yang sudah kamu (pada halaman pertama).
  2. Kemudian tekan tombol Enter beberapa kali, hingga sampai ke ujung bawah halaman.
  3. Nah, ketika kursor sudah mencapai batas margin bawah halaman 1, maka tekan tombol Enter sat kali dan secara otomatis halaman baru akan muncul.

Cara pertama ini memang sangat mudah sekali untuk dilakukan, namun menurut saya pribadi cara ini terbilang kurang efektif, dan sedikit ribet harus menekan tombol Enter yang terus-terusan untuk bisa memunculkan halaman baru.

Cara menambah halaman di word yang kedua ialah dengan memanfaatkan fitur Insert yang sudah disediakan oleh Microsoft Office, kamu tinggal klik opsi Blank page maka halaman baru pun akan langsung keluar tanpa harus pencet tombol Enter yan berkali-kali seperti metode pertama.

Cara yang satu ini merupakan panduan paling efektif dan sangat cepat sekali untuk dilakukan (sangat direkomendasikan), berikut langkah-langkah untuk membuatnya:

  1. Pertama, arahkan cursor mouse pada halaman pertama (dimana saja).
  2. Buka tab InsertBlank page (perhatikan gambar berikut).
    cara menambah halaman baru di word
  3. Jika sudah, maka halaman baru akan muncul secara langsung di bawahnya.
    cara menambahkan page di word
  4. Selesai.

Bukan hanya itu saja, kamu juga bisa menggunakan fitur Page break di Microsoft Word ini, bedanya dengan Bank page adalah ketika kamu menggunakan Insert → Page break maka halaman baru yang muncul orientasinya bisa kamu bedakan dengan halaman sebelumnya, misal halaman satu berorientasi Potrait, maka halaman 2 bisa kamu jadikan Lanscape.

Mungkin kamu tertarik untuk membaca panduan Microsoft Word yang lainnya:

Semoga membantu!

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *