cara menampilkan layar Android di pc
Android

Cara Menampilkan Layar Android di PC dengan Bluetooth

Adanya ponsel Android memang banyak membantu kebutuhan penggunanya. Akan tetapi, terkadang pengguna perlu menampilkan layar Android pada layar yang lebih besar seperti PC. Dalam hal ini, ada berbagai cara menampilkan layar Android di PC dengan Bluetooth yang bisa diterapkan.

Berbagai cara ini dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi penampil layar. Berikut beberapa aplikasi penampil layar dengan Bluetooth yang dapat Anda gunakan beserta cara penggunaannya versi Mahatekno.

Menggunakan Aplikasi Screen Mirror

Aplikasi Screen Mirror banyak digunakan karena sangat mudah digunakan dan ampuh untuk menampilkan layar Android pada perangkat komputer. Meski belum bisa digunakan untuk transfer data, aplikasi ini cukup membantu menampilkan layar Android Anda ke layar PC yang lebih besar.

Langkah pertama untuk menggunakan aplikasi ini, tentunya Anda harus memasang aplikasi ini pada perangkat terlebih dahulu. Anda dapat mengunduh dan menginstal aplikasi Screen Mirror melalui Google Playstore.

Kemudian, hidupkan mode hotspot atau tethering pada Android Anda. Hubungkan internet laptop Anda dengan media WiFi tethering dari perangkat. Pastikan bahwa tidak ada perangkat lain yang terhubung pada tethering ini.

Setelah koneksi tersebut stabil, bukalah situs Mirror Screen pada PC dan Anda akan mendapati QR code pada layar. Lalu, bukalah aplikasi Screen Mirror pada ponsel. Pindai QR code pada layar PC ke Android. Dengan demikian, layar android Anda akan ditampilkan pada perangkat komputer.

Baca Juga: 23+ Contoh Kata Kata Promosi Barbershop Yang Menarik

Menggunakan Aplikasi Vysor

Cara menampilkan layar Android di PC dengan Bluetooth juga dapat dilakukan dengan bantuan aplikasi Vysor. Aplikasi ini tidak hanya dapat menampilkan layar ponsel pada perangkat komputer atau laptop saja, tapi juga dapat mengontrol ponsel melalui PC.

Cara menampilkan layar Android di PC menggunakan aplikasi ini tidak dapat dikatakan sederhana, akan tetapi masih dapat dikatakan mudah. Pertama-tama, Anda harus masuk ke developer mode untuk melakukan USB Debugging di ponsel Android.

Proses tersebut dilakukan dengan cara berbeda-beda pada setiap ponsel. Namun, umumnya, Anda dapat masuk ke setting, lalu pilih Info Build Number. Kemudian lakukan Tap 7 kali hingga muncul pemberitahuan bahwa perangkat Android Anda masuk pada Developer Mode.

Pada mode tersebut, Anda dapat mengaktifkan USB Debugging. Setelah itu, unduh dan pasang aplikasi Vysor di perangkat Android melalui Google Playstore, dan buka browser Chrome pada PC. Kemudian, pada browser tersebut, pasanglah Ekstensi Vysor.

Setelah itu, buka aplikasi Vysor pada perangkat Android dan PC. Hubungkan kedua perangkat dengan USB atau kabel data. Dengan demikian, perangkat Android Anda telah terhubung dan dapat Anda kendalikan dengan PC.

Baca Juga: Mudah! Begini Cara Membuka File RAR di Android

Menggunakan Aplikasi BBQScreen

Ada pula aplikasi bernama BBQScreen yang dapat Anda gunakan sebagai salah satu cara menampilkan layar Android di PC dengan Bluetooth. Sejalan dengan aplikasi versi berbayar, layanan yang diberikan disini pun menjanjikan.

Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda harus mengunduh dan memasang aplikasi BBQScreen Remote Control di perangkat Android melalui Google Playstore terlebih dahulu. Kemudian, akses situs screen.bbqdroid.org melalui browser yang tersedia di PC.

Download aplikasi ini pada PC, dan pastikan aplikasi sesuai dengan operating system di PC. Pasang atau install aplikasi ini dengan memasukkan IP Config PC. Caranya, buka fitur Command Prompt, lalu ketik ipconfig-a, dan copy alamat IP.

Kemudian, berpindahlah ke ponsel Anda. Buka aplikasi BBQScreen yang sudah terpasang, dan tekan tombol On. Ketik alamat IP yang tertera pada BBQScreen computer. Setelahnya, layar Android Anda akan ditampilkan secara sempurna dan lebih besar pada layar perangkat komputer atau laptop.

Posted by
Fajar Muhsy

Seorang Blogger dan Internet Marketer. Suka menulis informasi terbaru seputar bisnis dan perkembangan teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *