cara mengatasi footer terpotong
Komputer

Cara Mengatasi Footer Terpotong Saat Ngeprint Yang Mudah dan Ampuh

Cara Mengatasi Footer Terpotong – Ngeprint adalah pekerjaan yang sudah menjadi bagian sehari-hari sebagian orang. Mulai dari siswa sekolah, pekerja kantoran, dan mahasiswa. Hampir semua orang saat ini sudah bisa ngeprint sendiri, berbeda dengan dahulu yang mengharuskan kita ke warnet untuk ngeprint.

Apakah kamu pernah mengalami footer tidak tercetak saat ngeprint? Temukan solusinya pada artikel berikut.

Cara Mengatasi Footer Terpotong Saat Ngeprint

Meskipun banyak orang yang sudah memiliki printer pribadi di rumah dan terbiasa ngeprint dokumen di kantor, nyatanya tidak sedikit yang masih bingung ketika terjadi masalah pada hasil printnya. Salah satu kendala yang biasa dialami adalah footer terpotong.

Pasti banyak yang bertanya “Kenapa sih footer terpotong saat ngeprint?” , “Kenapa bisa footer tidak tercetak ketika ngeprint?”, dan pertanyaan serupa lainnya. Ini tentu sangat menjengkelkan apabila kamu harus ngeprint banyak halaman yang semuanya memakai footer.

Sebenarnya, kejadian seperti ini bukanlah permasalahan yang rumit. Penyebab footer tidak tercetak saat print yaitu tidak sinkronnya antara aplikasi Microsoft Office dengan pengaturan printer.

Oleh karena itu, pengaturan printer perlu disesuaikan supaya hasil printnya sama dengan pengaturan di aplikasi Microsoft Word.

Intinya, kamu hanya perlu mengedit paper size pada settingan printer dan menyesuaikannya dengan ukuran kertas di Microsoft Office. Berikut adalah cara mengatasi footer tidak tercetak saat ngeprint:

  1. Tekan tombol Ctrl + P untuk mengeprint dokumen.
  2. Kemudian muncul jendela pengaturan print, pilih Properties.
  3. Klik tombol Printing Shortcuts.
  4. Di bagian Paper Size, silahkan sesuaikan dengan ukuran kertas yang ingin dicetak.
  5. Selanjutnya klik Ok.

Sekarang coba lihat hasilnya, pasti footernya sudah tidak terpotong lagi bukan? Agar tidak mengalami lagi dilain waktu, kamu harus selalu ingat untuk mengatur ukuran kertas di Microsoft Word setiap ingin ngeprint dokumen.

Apabila ukuran kertas pada Microsoft Word sudah sesuai dengan printer, maka tidak ada lagi masalah footer terpotong atau tidak tercetak. Meluangkan waktu untuk mengecek tentu lebih bagus, daripada semua hasil print kamu bermasalah dan harus mengulang dari awal.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Windows Failed to Start Yang Ampuh

Cara Supaya Footer Tidak Terpotong

Support Office merekomendasikan kepada pengguna agar mengatur page border terlebih dahulu sebelum print dokumen. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama, buka dokumen yang ingin di print. Kemudian klik Design dan pilih Page Borders.
  • Kemudian pilih Options.
  • Perhatikan bagian Measure form, pilihan default biasanya Edge of page.
  • Untuk mengatasi footer tidak tercetak, silahkan kamu ubah menjadi Text.
  • Sekarang print ulang dokumen kamu.

Apabila masih belum bisa, permasalahannya mungkin terletak di bagian margin. Coba deh kamu menurunkan ukuran marginnya. Caranya dengan klik tombol Layout > Margins > Custom Margins dan isi margin yang diinginkan.

Baca Juga: Cara Download Video Youtube di Android Tanpa Aplikasi

Tips Supaya Footer Tidak Terpotong

Sebelum ngeprint dokumen, periksa dahulu ukuran kertas yang ada di print dan settingan di Microsoft Office. Apabila keduanya sudah sesuai, barulah kamu bisa ngeprint. Tips sederhana seperti ini jarang sekali dilakukan oleh kebanyakan orang.

Baca Juga: 3+ Cara Membuat Garis Kop Surat di Microsoft Word

FAQ

Apa itu footer?

Footer adalah tulisan atau catatan yang berada di bawah dokumen yang muncul terus-menerus hingga dokumen terakhir.

Kenapa footer tidak tercetak?

Footer tidak tercetak disebabkan oleh ukuran kertas dan pengaturan kertas di Microsoft Office tidak sesuai.

Baca Juga: 6+ Tips Memilih Nama CV yang Bagus dan Bermakna

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengatasi footer tidak tercetak saat ngeprint. Semoga informasi diatas memberikan kamu solusi yang ampuh untuk mengatasi masalah. Tutorial ini hanyalah sebagai langkah dasar untuk mengatasinya, apabila masih belum berhasil kemungkinan besarnya printer kamu rusak.

Posted by
Fajar Muhsy

Seorang Blogger dan Internet Marketer. Suka menulis informasi terbaru seputar bisnis dan perkembangan teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *