Cara Mengatur Spasi di Word (Karakter, Kata dan Paragraf)

  • 3 min read
  • Sep 26, 2020
cara mengatur spasi di word

Spasi yang dimaksud di Microsoft Word adalah jarak antara karakter atau baris-baris di setiap paragraf yang ada pada dokumen yang kamu ketikkan di lembar kerja. Terkadang kamu harus tahu cara mengatur spasi di Word ini untuk bisa merapatkan tulisan atau merenggangkannya, sehingga tampilan tulisan menjadi cantik dan terlihat profesional.

Secara umum, spasi ini sudah diatur oleh Microsoft secara default (bawaan) yang akan menyesuaikan jarak spasi antara karakter dan juga baris ketika kamu mengetik sebuah dokumen di lembar kerja Word.

Biasanya jarak spasi alias kerenggangan atau kerapatan antara kata akan disesuaikan dengan format paragraf yang kamu gunakan, apakah itu raga kiri, rata kanan atau justify (rata kanan kiri).

Cara Mengatur Spasi di Word

Akan tetapi, buat kamu yang menginginkan jarak dan spasi sesuai dengan kebutuhan, kamu bisa mengatur jarak spasi antar karakter setiap kata atau jarak baris kalimat antar paragraf sesuai keinginan.

Ada banyak opsi yang bisa kamu gunakan untuk mengatur jarak spasi di Microsoft Word, jadi kamu bisa menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan kamu, ya!

Baiklah, untuk mengatur spasi di lembar kerja Word, Mahatekno akan mengelompokkannya menjadi 2 kategori yang bisa kamu atur sendiri, yakni spasi antara karakter dan spasi antara baris kalimat dalam paragraf tertentu.

Mengatur jarak antar karakter

Jika kamu ingin merapatkan tulisan atau merenggangkan jarak pada setiap karakter yang kamu tulis di Word secara horizontal, maka kamuu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Seleksi tulisan yang sudah diketik di Word

    Jika kamu sudah mengetik dokumen kamu di Word, maka silakan seleksi tulisan tersebut, atau untuk mempersingkatnya kamu bisa menekan tombol CTRL + A.

  2. Buka kotak dialog Font

    Silakan kamu klik tab Home → pilih ikon Font (show the Font dialog box).
    membuka kotak dialog font
    Atau kamu bisa menggunakan pintasan, dengan cara menekan tombol CTRL + D secara bersamaan.

  3. Atur “spacing” di tab Advanced

    Setelah dialog Font terbuka, silakan klik tab Advanced → atur Character Spacing. Berikut tampilannya di Microsoft Word 2010 :
    mengatur spasi di word
    Pada opsi Spacing (pengaturan spasi), kamu bisa pilih Condesed (jika ingin merenggangkan tulisan) atau Expanded (jika ingin merapatkan tulisan).

    Namun, jika kamu ingin mengatur spasi di word antara karakter sesuai dengan jarak yang kamu butuhkan, maka silakan pilih opsi Expanded kemudian naikkan jaraknya di samping sesuai keinginan kamu.

  4. Terakhir, silakan klik tombol OK untuk menyimpan pengaturannya.

Mengatur jarak antar kata

Bukan hanya bisa mengatur jarak spasi antar karakter saja, di Microsoft Office juga tersedia fitur yang bisa kamu gunakan untuk mengatur spasi antara kata yang satu dengan yang lainnya dalam sebuah kalimat secara horizontal.

Intinya, jarak spasi antar kata dalam sebuah kalimat atau tulisan di lembar kerja kamu bisa direnggangkan atau dirapatkan sesuai keinginan.

Nah, untuk mengatur spasi antar kata di lembar kerja Ms Word 2016, 2013, 2010 ataupun 2007, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Silakan kamu seleksi tulisan atau paragraf yang akan kamu atur spasinya.
  2. Klik tab Home → pada grup Font silakan kamu klik ikon untuk membuka dialog Font (ikon kecil di pojok kanan bawah).
    cara merapatkan tulisan di word
  3. Kemudian klik tab Advanced → pada opsi Character spacing.
  4. Pada opsi Skala, kamu bisa mengatur skala kerapatan kata di setiap tulisan. Patokannya, jika di atas 100% kata akan menjadi sangat renggang & jika di bawah 100% maka jarak antar kata akan semakin rapat.
    how to change character spacing
  5. Kalau kamu ingin mengembalikkan ke setelan normal (default), pilih saja yang 100% pas.

Mengatur spasi antar baris paragraf

Selanjutnya, kamu juga bisa mengatur spasi atau jarak antar baris kalimat pada suatu paragraf tulisan, baik itu untuk merapatkan tulisan atau merenggangnya.

Begini langkah-langkahnya, silakan simak baik-baik:

  1. Silakan kamu pilih paragraf yang akan kamu atur jarak spasinya.
  2. Kemudian klik tab Home → klik ikon dialog Paragraf (lihat gambar berikut):
    cara merenggangkan tulisan di word
  3. Pada menu Line spacing (jarak spasi baris), kamu bisa memilih beberapa pilihan yang ada. Intinya, semakin bawah maka jarak spasi akan semakin renggang.
    cara mengatur line spacing word
  4. Selesai.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai cara mengatur spasi di Microsoft Word baik versi 2007, 2010, 2013 ataupun 2016, karena keempat versi Word ini memiliki tampilan tools yang hampir sama.

Artikel Microsoft Office lainnya:

Jika ada yang tidak kamu mengerti, silakan kamu tuliskan saja di kolom komentar, mari kita sharing dan berdiskusi bersama, hehe.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *