cara mengembalikan chat wa yang terhapus
Media Sosial

Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus Sebelum Backup di Android

WhatsApp merupakan aplikasi penting yang menjadi sarana untuk membuat percakapan secara online. Namun, Anda juga harus berhati-hati karena percakapan di aplikasi ini rawan hilang atau terhapus. Jadi, Anda harus mengetahui cara mengembalikan chat WA yang terhapus sebelum dibackup di android.

Cara untuk mengembalikan chat WA yang terhapus ini perlu diketahui agar riwayat percakapan tetap tersimpan dengan aman, terutama apabila memuat file penting.

Lalu, apa saja cara yang bisa digunakan untuk mengembalikan chat WA sebelum dibackup di android? Simak ulasan dari Mahatekno berikut ini.

Menggunakan Aplikasi Recent Notification

Cara pertama yang bisa digunakan untuk mengembalikan chat WA adalah menggunakan aplikasi recent notification. Anda bisa mendownload aplikasi ini di Google Play Store dan menginstalnya di smartphone Android untuk mengembalikan percakapan di WhatsApp yang sudah terhapus.

Anda harus memberikan izin akses untuk aplikasi recent notification melalui menu pengaturan. Selanjutnya secara otomatis Anda akan menerima pesan WA yang sudah dihapus dan bisa dibaca kembali. Chat WA yang sudah terhapus akan bisa dibaca kembali saat aplikasi ini sudah diinstal.

Ada hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan aplikasi ini, yaitu recent notification tidak bisa mengembalikan chat WA secara sempurna. Aplikasi ini hanya bisa mengembalikan chat WA tanpa backup apabila pesan tersebut dikirimkan setelah recent notification terpasang pada smartphone.

Melalui Backup Chat WhatsApp

Cara mengembalikan chat WA yang terhapus sebelum dibackup di android berikutnya adalah memanfaatkan backup pesan pada aplikasi WhatsApp. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuka pengaturan pada aplikasi WA, klik menu chats dan memilih pada sub menu chats backup.

Apabila Anda belum pernah melakukan backup, maka bisa mencobanya saat ini. Namun, apabila sudah pernah, Anda bisa melihat kapan terakhir kali chat WA tersebut di backup. Setelah melalui tahapan backup ini Anda bisa langsung saja menghapus instalan aplikasi WA dari smartphone.

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah dengan menguninstal ulang WA dan login pada akun. Lalu, lakukan verifikasi apabila muncul notifikasi kembalikan pesan lama agar Anda bisa melihat tampilan percakapan yang sebelumnya sudah di backup.

Baca Juga: Cara Mengganti Wallpaper WhatsApp

Memanfaatkan Laptop atau PC

Bagi Anda yang mempunyai PC atau laptop, maka bisa mencoba mengembalikan pesan chat WA yang terhapus menggunakan perangkat ini.

Caranya cukup mudah, yaitu Anda hanya perlu menginstal software Download PhoneRescue pada perangkat PC atau laptop secara gratis.

Tahapan berikutnya adalah Anda harus melakukan pemindaian pesan WA. Cara untuk melakukan tahap ini adalah menceng pada pilihan WhatsApp, lalu klik pada bagian tombol untuk melakukan scan. Anda bisa melakukan pratinjau untuk memilih pesan yang ingin dikembalikan dengan klik pada recover.

Meminta Teman Untuk Mengirim Screenshot

Cara mengembalikan chat WA yang terhapus sebelum dibackup di android adalah meminta rekan untuk mengirimkan scressnshot pesan. Langkah ini bisa disebut sebagai cara manual karena Anda tidak akan melihat pesan yang sudah dihapus akan kembali di WA, melainkan salinannya.

Anda bisa meminta teman obrolan Anda untuk mengirim hasil screenshot pesan yang hilang dan dianggap penting tadi. Namun, hal yang perlu diingat adalah Anda hanya akan mendapatkan salinan pesan tersebut dalam bentuk foto, sehingga harus disimpan dengan baik agar tidak hilang.

Baca Juga: Arti Emoticon WhatsApp | Jangan Salah Menerjemahkan!

Saat akan meminta teman untuk mengirimkan screenshot pesan WA, pastikan bahwa orang tersebut juga belum menghapus percakapannya dengan Anda. Cara ini bisa dijadikan sebagai opsi terakhir apabila Anda ingin mengembalikan pesan WA.

Posted by
Fajar Muhsy

Seorang Blogger dan Internet Marketer. Suka menulis informasi terbaru seputar bisnis dan perkembangan teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *