Cara Menggunakan OVO Point dengan Mudah

  • 3 min read
  • Apr 02, 2020
cara menggunakan ovo point

Apa sih fungsi dan kegunaan OVO Points? Bagaimana cara menggunakan OVO Point? Pertanyaan semacam ini banyak dilontarkan kepada admin Mahatekno.

OVO adalah salah satu aplikasi dompet digital yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran berbasis digital juga di online shop, marketplace, ataupun di merchant OVO.

Buat kamu yang ingin mengetahui toko yang berkeja sama menjadi merchant OVO atau tidaknya, kamu bisa menecek apakah ada papan, tanda, stiker, ataupun banner yang berwarna ungu dengan label “OVO Accepted Here“.

Untuk pengguna yang bertransaksi dengan menggunakan dompet digital OVO, selain dapat menikmati kemudahan dan kenyamanan dalam melakukan pembayaran tanpa uang tunai, kamu juga akan mendapatkan OVO Points jika bertransaksi di merchant atau kios (toko) yang bekerja sama dengan OVO.

Sedangkan sedangkan segala bentuk pembayaran yang dilakukan dengan saldo OVO itu disebut OVO Cash.

Kamu bisa top up atau mengisi ulang saldo OVO Cash melalui ATM, kartu debit/kredit, via Tokopedia ataupun Grab juga bisa.

Oiya, semua layanan yang ada di aplikasi Grab dan Tokopedia juga bisa kamu bayar dengan menggunakan OVO Cash, lho!

Kegunaan OVO Points

OVO Points merupakan sebuah loyalty rewards yang didapatkan oleh pengguna dari transaksi yang mereka lakukan di merchant rekanan OVO.

Dengan minimal bertransaksi Rp 10.000 saja, kamu sudah bisa langsung memperoleh OVO Points, lho!

Apa sih kegunaan OVO Point? OVO Points bisa kamu gunakan untuk memperoleh berbagai penawaran spesial untuk semua pengguna OVO, dan juga bisa digunakan utuk transaksi pembayaran di merchant rekanan OVO.

Penawaran khusus tersebut bisa kamu dapatkan dengan cara menukar OVO Points ke kupon ataupun voucher diskon misalnya.

Dikarenakan kamu cukup menukarkan OVO Points saja, maka bisa dikatakan kamu mendapatkan penawaran secara gratis atau memperoleh diskon ketika bertransaksi memakai OVO Points.

Lantas, berapa sih nilai setiap 1 OVO Points jika dikonversi ke dalam Rupiah? 1 OVO Point berapa Rupiah? Salah satu keunggulan OVO Points, ya ini. Setiap 1 Poin OVO itu sama dengan Rp 1.

Jadi, bisa disimpulkan kalau kamu memiliki 50.000 OVO Points, maka jika ditukarkan nilainya sama dengan Rp 50.000.

Sayangnya, OVO Points ini memiliki masa kadaluwarsa. Perlu kamu ketahui, OVO Points yang kamu kumpulkan akan hangus jika tidak digunakan selama 18 bulan dari sejak pertama kali kamu mendapat OVO Point tersebut.

Oiya, jika kamu bertransaksi atau melakukan pembelian apapun dengan menggunakan OVO Points, kamu tidak akan mendapatkan OVO Points, ya.

Sekali lagi, OVO Points hanya bisa kamu dapatkan jika kamu melakukan transaksi pembayaran atau belanja online dengan menggunakan saldo utama atau biasa disebut OVO Cash.

Fungsi OVO Point Untuk Pembayaran?

Lalu, apa saja sih produk atau layanan yang bisa dibayar dengan menggunakan OVO Points?

Kamu bisa memakai OVO Points untuk ditukar dengan berbagai macam produk atau layanan, diantaranya:

  1. Tukar OVO Point dengan Pulsa secara langsung di Aplikasi OVO.
  2. Belanja barang atau produk di Tokopedia (Hanya barang tertentu saja yang dapat dibayar dengan OVO Point)
  3. Bisa bayar Grab dengan OVO Point (GrabBike, GrabCar, GrabFood atau GrabExpress)
  4. Belanja apa saja di Merchant yang telah menjalin kerja sama dengan OVO.

Cara Menggunakan OVO Point

Selanjutnya, bagaimana cara menggunakan OVO Point? Jika kamu ingin menukarkan OVO Points yang dimiliki, kamu bisa melakukannya secara langsung di aplikasi OVO.

Di aplikasi OVO sendiri, kamu bisa mendapatkan berbagai macam tawaran menarik (best deals) yang diberikan OVO secara khusus untuk para penggunanya.

Kamu cukup cari saja penawaran menarik yang ditawarkan di aplikasi OVO, lalu kamu bisa menukarkan OVO Points untuk mendapatkannya!

Sementara itu, buat kamu yang ingin memakai OVO Points untuk melakukan transaksi pembayaran, kamu harus memastikan terlebih dahulu kalau toko tersebut merupakan merchant yang bekerja sama dengan OVO.

Selanjutnya, kamu hanya perlu mengatakan kalau kamu ingin menggunakan OVO Points yang kamu miliki.

Lalu, pihak merchant rekanan OVO tersebut akan memproses transaksi kamu dan mengurangi total belanjaan kamu dengan menggunakan OVO Points milikmu.

Terutama, ada sebagian mitra OVO yang memperbolehkan kamu untuk melakukan pembayaran dengan menggabungkan OVO Cash dan OVO Points.

Tentu saja, hal tersebut akan memudahkan kamu dalam melakukan belanja atau transaksi pembayaran apa saja.

Cara Menggunakan OVO Point di Layanan Grab

Sebagai update terkini, sekarang OVO Points juga bisa kamu gunakan untuk melakukan pembayaran atas layanan Grab, baik itu GrabCar, GrabFood, GrabBike, GrabExpress, dan layanan Grab lainnya.

Kamu hanya perlu membuka opsi metode pembayaran, lalu memilih OVO Points untuk pembayarannya.

Sedangkan untuk cara melakukan pembayarannya, sama saja dengan kamu membayar layanan Grab dengan metode pembayaran yang lain.

Perlu diperhatikan, sebelum kamu memilih metode pembayaran dengan OVO Point, pastikan juga kalau jumlah poin ytang kamu miliki cukup untuk membayar layanan tersebut.

Misalnya begini, kamu akan memesan makanan via GrabFood dengan total tagihan Rp 100.000. Agar bisa kamu bayar dengan menggunakan OVO Point, maka jumlah poin yang kamu kamu miliki harus ada 100.000 OVO Points atau lebih.

Jika ternyata poin kamu masih kurang dari angka yang harus dibayarkan, maka kamu tidak bisa menggunakan OVO Points untuk membayar makanan tersebut.

Pasalnya, dalam aplikasi Grab ini tidak mendukung untuk menggabungkan saldo Grab dengan OVO Points, ya.

Satu hal lagi, setiap kali kamu bertransaksi atau melakukan pembayaran GrabCar, GrabFood, GrabBike, GrabExpress, dan yang lainnya menggunakam OVO Points, kamu tidak akan mendapatkan GrabRewards Point.

Selain itu, metode pembayaran OVO Points ini juga tidak bisa kamu gabungkan dengan promo apa saja yang sedang berlaku di aplikasi Grab.

Baik itu promo diskon GrabCar, GrabFood, atau GrabRide ataupun potongan biaya pengantaran makanan yang kamu pesan melalui GrabFood.

Mungkin itu saja ulasan dari Mahatekno mengenai Apa itu OVO Points, fungsi dan kegunaan, dan juga cara menggunakan OVO Point.

Semoga membantu.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *