Cara Menghapus Akun Instagram Permanen [Cukup 7 Langkah]

  • 3 min read
  • Sep 02, 2020
cara menghapus akun instagram

Ada beberapa alasan mengapa banyak pengguna yang mencari cara menghapus akun Instagram, baik itu secara permanen ataupun hanya bersifat sementara.

Interaksi yang dilakukan di dunia maya (media sosial) nyatanya nggak semudah memoles identitas kita di dunia nyata ini. Sebagai bukti, JAMA Pediatric menemukan bahwa akibat dari media sosial, ada sekitar ± 600.000 anak muda yang mencoba bunuh diri di tahun 2008 dan ternyata jumlah ini meningkat 7 tahun kemudian menjadi sekitar 1,2 juta kasus, lho!

Oleh sebab itu, tim Mahatekno berniat untuk membantu kamu yang ingin vakum dari dunia medsos, khususnya Instagram.

Cara Menghapus Akun Instagram

Sebelum kami memulai memaparkan bagaimana cara menghapus akun Instagram secara permanen atau sementara, alangkah baiknya kamu menyiapkan beberapa hal terlebih dahulu, salah satunya ialah password akun Instagram kamu.

Jangan sampai kamu lupa dengan kata sandi akun IG kamu sendiri, sebab pihak Instagram tidak mengizinkan proses hapus akun yang dianggap bukan milik kamu, ya!

Bukan hanya kata sandi saja, tapi kamu juga harus membackup foto-foto yang kamu butuhkan atau kamu anggap penting di profil Instagram milikmu.

Hal terakhir, silakan kamu pertimbangkan kembali keputusan dan alasan kamu untuk menghapus akun Instagram, karena hanya ada 2 pilihan yaitu hapus akun IG permanen dan sementara.

Jika semua hal di atas sudah kamu siapkan dan sudah dipertimbangkan dengan matang, sekarang kamu bisa mengikuti langkah-langkah untuk menghapusnya.

Hapus Akun Instagram [Sementara]

Kalau alasan kamu menghapus akun Instagram dengan alasan jenuh jualan makanan, minuman, atau barang lainnya yang nggak laku, coba deh kamu baca artikel kami yang berjudul kata kata promosi makanan di Instagram.

Namun, selain alasan jenuh berinteraksi di media sosial, cara ini juga bisa kamu gunakan disaat ingin fokus pada tujuan dan impian kamu seperti ingin fokus belajar untuk menghadapi ujian (UN, atau yang lainnya), pertandingan, perlombaan, atau hal lainnya.

Menghapus akun Instagram sementara atau menonaktifkan akun temporer tidak akan menghapus konten-konten seperti foto, video, komentar dan juga like.

Nah, buat kamu yang ingin menonaktifkan akun untuk sementara waktu, kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  1. Buka browser (Chrome, Firefox, atau yang lainnya).
  2. Kemudian kamu buka halaman ini: Menonaktifkan Akun Anda Sementara.
  3. Jika disuruh login, silakan kamu masukkan saja username dan juga password Instagram kamu.
  4. Setelah berhasil masuk, kamu akan melihat pesan singkat yang berisikan peringatan tentang fitur apa saja yang tidak bisa digunakan ketika akunmu sudah dinonaktifkan.
  5. Kemudian silakan kamu pilih alasan penutupan akun, pada pertanyaan Mengapa Anda menonaktifkan akun Anda? Kamu bisa memilih sesuai kondisi kamu.
    hapus akun ig
  6. Lalu masukkan password kamu, kemudian ulangi penulisan kata sandinya di kolom bawahnya.
  7. Terakhir, klik tombol Akun Dinonaktifkan Sementara.

Setelah itu kamu akan dialihkan ke halaman login akun Instagram kamu, silakan kamu tunggu saja beberapa jam hingga akun Instagram milikmu berhasil dinonaktifkan.

Hapus Akun IG [Permanen]

Ingat, kamu bisa melakukan hal yang satu ini jika saja kamu sudah benar-benar yakin dan sudah mempertimbangkan keputusanmu secara matang untuk berhenti menggunakan Instagram.

Sebab, jika kamu menghapus akun Instagram permanen, maka semua data kamu akan terhapus (foto, video, pengikut, komentar, like, dan juga akun yang kamu ikuti).

Namun, jika kamu sudah mempertimbangkannya dari jauh-jauh hari dan tekadmu sudah bulat, silakan kamu ikuti caranya di bawah ini:

  1. Buka aplikasi browser , entah itu di HP Android atau di Komputer (PC).
  2. Kemudian kamu buka halaman ini: Hapus Akun Anda.
  3. Selanjutnya, silakan login dengan menggunakan akun Instagram yang akan kamu hapus.
  4. Kemudian pilih salah satu alasan kamu ingin menonaktifkan akun, pada opsi Mengapa Anda menghapus akun Anda?
    hapus akun instagram
  5. Agar kamu tidak menyesal nantinya, silakan kamu baca kembali konsekuensi apa saja yang akan terjadi setelah akun terhapus secara permanen.
  6. Jika sudah yakin, silakan masukkan kata sandi Instagram kamu pada kolom yang sudah disediakan.
  7. Terakhir, silakan kamu klik tombol Hapus akun saya secara permanen.

Sesudah itu, maka kamu akan dialihkan ke halaman utama Instagram, dan sampai disini proses penghapusan sudah selesai, ya!

Cara Hapus Akun IG [Lewat Aplikasi Instagram]

Kedua cara di atas bisa kamu lakukan melalui browser, namun buat kamu yang nggak mau ribet, kamu juga bisa melakukannya secara langsung di aplikasi Instagram pada smartphone milikmu.

Sebentar…

Bukan artinya kamu bisa menonaktifkan akun sementara atau hapus akun permanen melalui aplikasi ya, namun pihak Instagram sudah menyediakan kemudahan untuk mengakses halaman hapus akun melalui aplikasi IG tersebut.

Bingung?

Daripada kamu bengong, mending kamu baca saja langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Buka aplikasi Instagram di HP Android milikmu (pastikan kamu sudah login).
  2. Buka menu profil akun Instagram kamu.
  3. Kemudian klik menu opsi (ikon tiga garis) yang ada di bagian pojok kanan atas.
  4. Klik menu Settings yang ada di urutan paling bawah.
  5. Pilih Help, kemudian klik opsi Help Center.
  6. Selanjutnya, kamu akan dialihkan ke halaman website instagram, klik saja menu “Mengelola Akun Anda“.
  7. Lalu pilih opsi “Hapus Akun Anda“, kemudian jawab pertanyaan mengenai alasan kamu ingin menonaktifkan akun, kemudian ikuti instruksi selanjutnya.

Kesimpulan

Bagaimana apakah tutorial mengenai cara menghapus akun Instagram secara permanen atau sementara yang saya paparkan sudah cukup jelas?

Sebagai informasi tambahan, tidak apa-apa jika kamu menghapus identitas aslimu dari profil Instagram, namun jangan sampai kamu membiarkan akun Instagram bisnis online kamu tidak diaktifkan, ya!

Sebab, media sosial kini sudah menjada sarana yang paling tepat untuk berbisnis, tentunya bisnis online maupun offline. Apalagi jika target pasar penjualanmu adalah pengguna Instagram itu sendiri.

Saran saya buat kamu yang ingin menjalankan bisnis online, jangan hanya gunakan akun media sosial Instagram saja, coba kamu bangun juga sebuah website/blog untuk bisnismu.

Semoga membantu dan jika ada yang tidak kamu mengerti atau ada yang ingin ditanyakan, silakan kamu luangkan sedikit waktu untuk menuliskannya di kolom komentar.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *