Cara Menjadi Agen J&T Perorangan | Cara Daftar, Keuntungan dan Komisi

  • 6 min read
  • Nov 13, 2020
cara menjadi agen j&t

Mengapa akhir-akhir ini banyak orang yang bertanya mengenai bagaimana cara menjadi agen J&T Express? Apa keuntungan yang akan didapatkan? Berapa komisi yang akan didapatkan jika menjadi agen J&T?

J&T Express saat ini berhasil menjadi salah satu jasa pengiriman logistik tercepat di Indonesia, ekspedisi yang satu ini juga menawarkan harga ongkos kirim yang sangat murah dan terjangkau.

Karena dua hal itulah, sekarang ini peluang untuk daftar menjadi agen J&T Express sangat besar sekali bagi siapa saja, terutama buat mereka yang kebetulan di lokasinya belum ada kantor cabang atau agen J&T.

Peluang Bisnis Agen J&T Express

Sebelum membahas cara pendaftarannya, admin Mahatekno akan sedikit memaparkan apa saja keuntungan yang akan didapatkan jika saja kamu menjadi agen J&T.

Untuk membuka agen J&T sendiri, kamu bisa melakukannya di rumah atau bangunan yang luas untuk dijadikan gudang penyimpanan barang-barang kiriman nantinya, apalagi sekarang ini bisnis online (online shop) semakin merajalela.

Banyaknya orang yang berbisnis jualan online di beberapa marketplace yang semakin menjadi-jadi, makan peluang kamu untuk daftar jadi agen ekspedisi J&T Express menjadi sangat besar sekali.

Besaran jumlah komisi yang akan kamu dapatkan dari bisnis keagenan ini adalah 20% dari harga ongkos kirim (ongkir) paket yang kamu terima.

Contohnya, jika kamu mendapat paket kiriman dari Ilyas dari Cianjur ke Malang dengan berat kiriman 5 Kg, sedangkan ongkir untuk setiap kilonya adalah Rp29.000. Jadi, total ongkos kirim yang harus dibayar oleh Ilyas ke kamu adalah Rp145.000,-.

Dikarenakan Ilyas mengirim paket melalui agen kamu, maka kamu akan mendapatkan komisi Rp29.000,- (20% dari ongkir paket Ilyas).

Kalkulasinya begini, jika setiap hari kamu mendapatkan paket kiriman sebanyak 100 paket dengan rata-rata ongkos kirim Rp25.000, maka besaran komisi atau keuntungan yang akan kamu peroleh adalah Rp500.000,- per hari.

Jadi, semakin banyak orang yang mengirim paket kiriman melalui agen kamu setiap harinya, maka penghasilan kamu akan ikut bertambah juga 😀

Baca juga: Toko Buah Terdekat (Fruit Store) Daerah Jakarta dan Sekitarnya

Syarat Daftar Jadi Agen J&T Express

Jika kamu sudah mengetahui lebih jauh tentang keuntungan dan komisi yang akan didapatkan, maka berikutnya kamu juga harus tahu persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi ketika ingin menjadi agen J&T Express, diantaranya sebagai berikut :

Perorangan

Jika kamu ingin mengajukan menjadi agen perorangan (bukan perusahaan), maka silakan penuhi persyaratan berikut di bawah ini :

  • Mengisi formulir pendaftaran keagenan (aplikasi pengajuan)
  • KTP yang masih berlaku
  • NPWP
  • Pas foto berwarna ukuran 4 x 6 cm (3 rangkap)
  • Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU) atau bukti pembayaran IMB terakhir
  • Denah atau peta lokasi outlet
  • Foto outlet (interior dan eksterior).
  • Memiliki tempat khusus untuk kantor agen
  • Komputer dan Printer
  • Timbangan digital minimal bisa menimbang 30 Kg (biasanya disediakan oleh pihak J&T Express)

Perusahaan

Sedangkan jika kamu ingin mengajukan keagenan untuk perusahaan atau badan usaha, syarat-syaratnya adalah:

  1. Mengisi formulir pendaftaran keagenan (aplikasi pengajuan)
  2. KTP direksi perusahaan
  3. NPWP perusahaan
  4. Akte Pendirian
  5. Perusahaan Surat Izin Usaha Perusahaan (SIUP)
  6. Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
  7. Pas foto berwarna ukuran 4 x 6 cm (3 rangkap)
  8. Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU) atau bukti pembayaran IMB terakhir
  9. Denah atau peta lokasi outlet
  10. Foto outlet (interior dan eksterior)
  11. Memiliki tempat khusus untuk kantor agen
  12. Komputer dan Printer
  13. Timbangan digital minimal bisa menimbang 30 Kg (biasanya disediakan oleh pihak J&T Express)

Selain persyaratan di atas, masih ada juga persyaratan lainnya yang memang harus dipersiapkan oleh kamu untuk bisa mendaftar menjadi agen J&T Express sesuai dengan keputusan dari pusat.

Untuk memulai menjadi agen resmi dari J&T, kamu bisa memulainya dengan mengajukan lokasi yang nantinya akan kamu jadikan sebagai kantor, selanjutnya tim surveyor dari J&T akan melakukan survey lokasi terlebih dahulu.

Selain informasi yang saya suguhkan di atas, kamu tentunya harus mengetahui lebih dalam terkait hal apa saja yang harus kamu siapkan untuk melakukan proses pendaftaran.

So, kamu bisa datang langsung ke kantor pusat atau kantor cabang J&T Express terdekat untuk menanyakan lebih jauh soal cara mendaftar keagenannya.

Kamu bisa langsung melakukan konsultasi dengan direktur atau staff yang menangani masalah pengajuan pendaftaran keagenan J&T, nantinya para agen terdaftar akan diberi masa training khusus.

Baca juga: Contoh Kalimat Menawarkan Produk Yang Menarik Perhatian Konsumen

Syarat Sumber Daya Manusia (SDM)

Di ekspedisi JET Express sendiri, ada syarat dimana agen harus memiliki setidaknya 1 atau 2 karyawan.

Memang untuk memulainya tidak semudah membalikkan telapak tangan, kamu harus membuat jobdesk terlebih dahulu untuk karyawan kamu menyesuaikan dengan budget yang kamu miliki.

So, silakan kamu buat pos-pos pekerjaan tertentu untuk karyawan. Dengan demikian kamu bisa menentukan berapa banyak karyawan atau pegawai yang kamu butuhkan secara real, bukan dari perkiraan.

Silakan kamu rekrut karyawan yang bisa mengoperasikan komputer atau laptop dengan baik. Hal ini bersifat wajib sekali, pasalnya untuk setiap paket kiriman nantinya ada data-data yang harus di-entry ke aplikasi. Jadi, kamu harus menerapkan standar untuk karyawan kamu yaitu bisa mengoperasikan komputer.

Bukan hanya harus bisa menggunakan komputer saja, kamu juga memilih karyawan yang disiplin dan tertib administrasi. Pasalnya, berbisnis di bidang ekspedisi atau jasa pengiriman logistik ini dibutuhkan kedisiplinan dan tepat waktu.

Jika tidak, maka hal tersebut bisa membuat brand ekspedisi tersebut mengalami penurunan reputasi, dan bisnis kamu pun akan terkena imbasnya.

Baca juga: Apa itu Venture Capital?

Syarat Lokasi & Infrastruktur Outlet

Pastikan lokasi yang akan kamu jadikan kantor agen JET Express ini harus berada di pinggir jalan atau di tempat yang ramai dan minimal bisa diakses oleh kendaraan roda empat (mobil). Bagusnya, ada lahan yang cukup luas untuk area parkir.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan meja dan kursi tunggu untuk para customer yang datang ke kantor kamu. Sebab, bisa saja sewaktu-waktu agen kamu mendapatkan pelanggan yang banyak.

Oiya, kamu juga harus memasang spanduk atau plang yang diletakkan di tiang agar orang-orang tahu agen J&T Express milikmu.

Baca juga: Marketing Executive: Pengertian, Job Desk, Tugas dan Tanggung Jawab

Sistem Pembayaran Ongkos Kirim

Sistem pembayaran ongkos kirim alias ongkir di agen J&T dilakukan secara tunai, bukan non-tunai (transfer ATM, M-Banking, atau Internet Banking).

Akan tetapi, untuk pembayaran paket keagenan kamu bisa melakukannya melalui transaksi non-tunai yakni dengan cara men-transfer aung tersebut ke rekening J&T Express.

Baca juga: Pengertian Retailer dan Contoh Perusahaan Retail di Indonesia

Cara Jadi Agen J&T Express

Poin terakhir saya akan memaparkan tentang cara jadi agen j&t dengan mudah dan tanpa ribet.

Buat kamu yang masih kebingungan dengan cara menjadi agen J&T Express, berikut ini saya akan memberikan beberapa panduannya :

Tentukan Paket Keagenan

Sebelum kamu memulai untuk mendaftarkan diri menjadi agen JET Express, silakan kamu tentukan terlebih dahulu paket keagenannya, mulai dari Rp10.000.000,- s/d Rp20.000.000,-.

Pembayaran paket keagenan ini bisa kamu bayar dengan cara transfer ke rekening JET Express atau secara tunai ke kantor cabang tempat kamu melakukan pendaftaran, setelah kamu diberitahukan secara resmi kalau ternyata pengajuan kamu sudah memenuhi syarat.

Hubungi J&T Express Tingkat Provinsi

Sampai saat ini, pembukaan keagenan JET Express harus menyesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing kantor cabang hingga tingkat provinsi.

Sebagai contohnya, kalau kamu berminat untuk menjadi agen JET Express di daerah tempat kamu tinggal, maka kamu harus menghubungi kantor cabang atau perwakilan JET Express di tiap-tiap provinsi terlebih dahulu.

Untuk kamu yang belum mengetahui dimana lokasi atau alamat kantor cabang JET Express, kamu bisa melihatnya secara langsung di situs web resminya yaitu http://www.jetexpress.co.id/Branch.

Baca juga: Berapa Hari Pengiriman J&T Express? Cari Tahu Sekarang!

Memenuhi Syarat Keagenan J&T Express

Untuk menjadi agen resmi JET Express, tentunya kamu harus memenuhi persyaratan yang sudah saya uraikan di atas. Silakan kamu penuhi semua persyaratan-persyaratan administrasi terlebih dahulu.

Selain persyaratan administrasi, kamu juga harus melengkapi syarat lokasi yang nantinya akan dijadikan kantor agen, dan pastikan juga lokasi tersebut berada tempat yang strategis dan tersedia area parkir roda empat.

Terkait lokas ini, memenuhi syarat atau tidaknya nanti yang menentukan adalah tim surveyor dari pihak JET Express.

Untuk persyaratan infrastruktur, silakan kamu sediakan komputer, printer, meja dan kursi, serta karyawan yang minimal bisa mengoperasikan komputer.

Hubungi Pihak JET Express

Buat kamu yang masih kebingungan mengenai prosedur pembukaan agen JET Express ini, kamu bisa menghubungi kantor pusat melalui telepon, email atau datang langsung ke kantornya.

  • Alamat: JL. IL Lago Gading Serpong, Mendrisio 4 Blok A No 6-9, Tangerang
  • Call Center: 1-500-538 (JET)
  • Email: halo@jetexpress.co.id

Daftar Keagenan di Kantor Cabang

Untuk proses pembukaan atau pendaftaran, kamu bisa langsung melakukannya dengan cara mendatangi kantor cabang JET Express terdekat dan langsung temui tim pengelola yang mengurusi bidang pendaftaran agen.

Selanjutnya, jika kamu berhasil lolos memenuhi semua persyaratan, maka kamu akan mengikuti bimbingan teknis (bimtek) atau program pelatihan yang diadakan secara khusus oleh JET Express.

Download Brosur Keagenan JET Express

Selain kamu bisa berkonsultasi dengan cara menghubungi nomor kontak dan email di atas, kamu juga bisa membaca dan memahami brosur pendaftaran keagenan JET Express berikut ini.

Baca juga: 18+ Contoh Kata Kata Promosi Makanan di Instagram Yang Kreatif

Pertanyaan Umum Terkait Agen J&T Express

Berikut di bawah ini adalah beberapa pertanyaan yang sering sekali ditanyakan oleh orang-orang terkait pembukaan agen JET Express :

Berapa modal yang diperlukan untuk menjadi agen J&T Express?

Modal yang harus kamu siapkan adalah sebesar Rp12.000.000,- yang mana Rp7.000.000 untuk biaya administrasi dan perlengkapan agen seperti komputer, printer, dan yang lainnya. Sedangkan yang Rp5.000.000,- digunakan untuk biaya deposit keagenan.

Apakah bisa melakukan pendaftaran jadi agen J&T Express secara online?

Menurut informasi yang saya rangkum dari website resmi J&T Express, bahwa saat ini proses pendaftaran hanya bisa dilakukan secara offline alias dengan datang langsung ke kantor cabang. Artinya, untuk sekarang ini belum bisa mendaftar secara online.

Berapa keuntungan atau komisi yang akan didapatkan jika menjadi agen J&T Express?

Seperti yang sudah saya paparkan di atas, bahwa komisi yang akan kamu peroleh dari bisnis keagenan J&T Express ini adalah 20% dari ongkos kirim.

Jadi cara kalkulasinya sederhana, misalnya dalam sebulan kamu berhasil mendapatkan transaksi sebesar Rp25.000.000,- maka komisi yang akan kamu dapatkan adalah sebesar Rp5.000.000,-

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *