Cara Menjadi Agen Sicepat Express

  • 5 min read
  • Nov 14, 2020
cara menjadi agen sicepat

Cara menjadi agen SiCepat ー SiCepat Express adalah salah satu perusahaan multinasional yang bergerak di bidang jasa pengiriman logistik (ekspedisi) di Indonesia. Perusahaan ini didirikan oleh Rudi Darwin Swigo yang mana kantor utamanya berada di DKI Jakarta.

Perusahaan ekspedisi yang satu ini pertama kali didirikan pada sekitaran tahun 2014, yang mana dimulai dengan menawarkan layanan kargo dengan harga yang relatif murah dan terjangkau. Berkat pelayanan yang bagus, akhirnya banyak pelanggan yang mempercayakan jasa pengiriman logistik (paket kiriman) lewat SiCepat Express.

SiCepat Express mengalami peningkatan yang meroket sejak bulan Agustus 2014 hingga akhir tahun 2015. Sampai sekarang ini, perusahaan ini berhasil mempunyai sekitar 200 kantor cabang yang tersebar di Indonesia. Oleh sebab itu, sekarang ini SiCepat berhasil menjalin kerja sama dengan beberapa marketplace (toko online) terkemuka seperti halnya Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Berrybenka, BliBli, Lazada, Matahari Mall, dan lain-lain.

Layanan SiCepat

cara jadi agen sicepat

Sekarang ini, SiCepat Express memiliki banyak sekali layanan yang bisa dinikmati oleh para penggunanya, diantaranya akan Mahatekno rangkum berikut ini :

1. Reguler

Layanan yang satu ini menawarkan jasa pengiriman barang atau paket dengan estimasi waktu pengantaran yang hanya 15 jam (maksimal) dan tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan apapun lagi.

Hanya saja layanan yang satu ini baru bisa digunakan di wilayah tertentu saja, yakni kota Bandung dan JABODETABEK (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi).

2. BEST

Besok Sampai Tujuan (BEST) adalah salah satu layanan pengiriman dari SiCepat Express yang menjamin kalau paket kiriman kamu akan sampai tujuan di kota-kota besar yang ada di seluruh penjuru Indonesia dalam estimasi 1 hari saja.

3. Cash On Delivery

Layanan Cash On Delivery (COD) dari SiCepat Express ini memungkinkan kamu untuk berbelanja secara online melalui marketplace seperti Shopee, Lazada, Tokopedia dan yang lainnya dengan metode pembayaran cash ketika barang yang dibeli sudah kamu terima.

Estimasi waktu pengantaran paket oleh kurir SiCepat biasanya memakan waktu maksimal 8 jam. Dan layanan yang satu ini sudah bisa dinikmati oleh pelanggan yang berada di daerah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Solo, Semarang dan Yogyakarta.

Baca juga: Emas Online Pegadaian: Cara Menabung Milenial Masa Kini

4. H3LO

H3LO adalah istilah lain dari Hebok 3 Kilo. Yang artinya kamu bisa menghemat biaya ongkos kirim jika menggunakan layanan H3LO yang satu ini.

Kamu hanya perlu membayar harga ongkir seberat 1 kg dari berat paket kiriman yang sebenarnya seharga 4 kg.

Tetapi, jenis layanan yang satu ini hanya dikhususkan untuk pengguna service Reguler dan juga para customer media sosial atau drop paket, dan tidak berlaku untuk e-commerce atau marketplace.

5. SiCepat Go!

SiCepat Go! adalah layanan pengiriman paket internasional ke seluruh mancanegara. Jadi, sekarang ini kamu bisa mengirim paket ke luar negeri melalui layanan yang satu ini.

Salah satu keunggulan service Go! ini adalah harga ongkir lebih hemat (murah), ada layanan pick up, paket cepat sampai ke tujuan, dan ETA sesuai dengan tabel negara tujuan.

Untuk sekarang ini, layanan ini hanya tersedia untuk pengiriman paket atau barang kiriman ke berbagai negara yang ada di benua Asia dan Australia saja, dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Berat maksimal paket kiriman adalah 70 kg;
  • Setiap negara tujuan akan memberikan syarat dan ketentuan khusus terkait jenis barang yang kamu kirimkan.

6. SiCepat Syariah

Sekarang kamu juga bisa berbagi sedikit rejeki kamu untuk sesama melalui layanan SiCepat Syariah.

Setiap diskon ongkos kirim yang kamu terima, bisa kamu donasikan secara langsung sebesar 2,5% untuk pondok pesantren dan sekolah literasi yang berada di Lombok dan Cilacap lewat kerja sama dengan Dompet Dhuafa.

  • Layanan ini berlaku untuk semua transaksi SiCepat non-Market Place;
  • Setiap kali kamu mendonasikan nilai 2,5% tersebut, maka SiCepat Express juga akan mendonasikannya dengan nilai yang sama;
  • Untuk laporan pertanggungjawaban dari semua donasi yang peroleh akan dikeluarkan setiap 6 bulan sekali kepada pihak donatur.

Baca juga: J&T Terdekat Di Sini: Begini Cara Mencari Alamat Kantornya!

7. SiCepat Klik

Klik adalah salah satu layanan pendukung untuk semua aktivitas ekspedisi SiCepat dengan memanfaatkan sebuah teknologi WhatsApp Bot.

Kamu bisa dengan mudah mengakses semua informasi terkait SiCepat Express seperti halnya cek ongkos kirim, cek nomor resi (tracking), PPOB, dan yang lainnya hanya dengan menggunakan aplikasi WhatsApp saja, nggak perlu unduh atau install aplikasi lain.

Uniknya lagi, layanan yang satu ini juga bisa kamu akses 24 jam (nonstop), lho!

Cara mengaksesnya sendiri sangat mudah sekali, kamu cukup mengetik pesan “SICEPAT“, kemudian kirim ke nomor WhatsApp berikut: 0813 1920 0030.

8. AKSI

AKSI (istilah lain: Interaksi Karyawan SiCepat) adalah layanan pendukung yang berfungsi sebagai pusat informasi untuk karyawan SiCepat dengan menggunakan teknologi WhatsApp Bot.

Layanan ini berguna untuk mengakses informasi dan juga interaktif karyawan SiCepat seperti halnya Asuransi untuk SiGesitproduk PPOBinformasi penting HRD, dan yang lainnya.

9. GOKIL

GOKIL (singkatan dari: Kargo Kilat) adalah layanan pengiriman barang atau paket dalam jumlah yang banyak atau ukuran yang lebih besar dari yang biasanya.

Minimal berat yang bisa dikirim dengan menggunakan layanan Kargo Kilat dari SiCepat Express adalah 10 kg dengan biaya ongkir yang lebih ekonomis.

Selain biaya ongkos kirimnya yang murah dan terjangkau, estimasi lama pengiriman paketnya juga terbilang sangat cepat yakni berkisar 1 s/d 3 hari kerja saja, dan berlaku untuk pengiriman ke seluruh kota yang ada di Indonesia.

Baca juga: Pengertian Retailer dan Contoh Perusahaan Retail di Indonesia

Yups, semua layanan yang disediakan oleh SiCepat Express di atas memiliki benefit dan penawaran yang berbeda-beda, jadi kamu bisa memilihnya sesuai kebutuhan.

Cara Menjadi Agen SiCepat

franchise sicepat

Jika kamu sudah membaca dan mengetahui berbagai layanan yang ditawarkan oleh SiCepat Express, maka saya bisa memastikan kalau sebagian dari kamu tertarik untuk menjadi agen dari jasa ekspedisi yang satu ini.

Buat kamu yang tertarik untuk menjadi agen SiCepat Express, ada beberapa langkah dan persyaratan yang harus kamu penuhi, diantaranya ialah :

1. Menyiapkan Dokumen

Untuk mendaftar menjadi agen resmi di program franchise SiCepat, maka kamu harus menyiapkan dokumen yang dibutuhkan terlebih dahulu.

Persyaratan dokumen yang harus kamu siapkan tidak banyak kok, yaitu :

  1. KTP Elektrik;
  2. Email yang masih aktif;
  3. dan Nomor HP yang masih aktif.

Ketiga poin di atas wajib kamu miliki ketika memutuskan untuk daftar jadi agen kurir SiCepat.

2. Mengajukan Pendaftaran

Untuk proses pengajuan menjadi agen, ada 2 (dua) metode yang bisa kamu gunakan.

Yang pertama, kamu bisa datang langsung ke kantor SiCepat, kemudian utarakan maksud kamu untuk membuka agen SiCepat kepada staff yang mengurusi bidang pendaftaran keagenan.

Sedangkan metode yang kedua, kamu bisa mengajukan pendaftaran secara online (daring) dengan cara mengisi form pendaftaran di website resminya.

Untuk lebih detailnya mengenai cara daftar online, kamu bisa lanjutkan membaca poin 3 (tiga) di bawah ini :

3. Mengisi Formulir Pendaftaran (Online)

Pertama-tama kamu bisa membuka halaman Form Pendaftaran SiCepat Express yang ada di website resminya, atau buka tautan/URL berikut: https://www.sicepat.com/home/joinForm.

Selanjutnya, silakan kamu isi formulir pendaftaran tersebut dengan data-data yang valid, mulai dari nama lengkap, email, nomor telepon dan juga alamat lengkap.

Jika semua form sudah kamu isi dengan benar, silakan lanjutkan pendaftaran dengan menekan tombol Daftar yang ada di bawah formulir tersebut.

Kemudian silakan kamu tunggu email konfirmasi pendaftaran yang akan dikirim oleh SiCepat ke alamat email yang tadi kamu masukkan di form.

Setelah kamu berhasil melakukan konfirmasi email, maka selamat kamu sudah resmi menjadi agen SiCepat Express.

Baca juga: 6+ Contoh Iklan Media Cetak dan Penjelasannya (+ Gambar)

Keuntungan Menjadi Agen SiCepat

Jika kamu sudah berhasil menjadi agen resmi SiCepat Express, maka kamu bisa menikmati berbagai manfaat dan keunggulan dari berbagai layanan, diantaranya adalah :

  1. Bisa menikmati semua layanan yang ditawarkan oleh SiCepat Express;
  2. Terdapat harga atau biaya ongkos kirim spesial yang diberikan khusus untuk agen SiCepat;
  3. Tidak perlu ribet-ribet dalam mengirimkan paket kiriman.

Baca juga: Toko Bahan Kue Terdekat Di Bandung Yang Murah

Pertanyaan Umum Terkait “Cara Menjadi Agen SiCepat”

Berikut ini ada beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan netizen terkait cara daftar kurir SiCepat alias agen yang sudah dilengkapi dengan jawabannya.

Apa itu SiCepat Express?

SiCepat Express adalah salah satu perusahaan multinasional yang bergerak di bidang jasa pengiriman logistik (ekspedisi) di Indonesia.

Siapa pemilik atau pendiri SiCepat?

Nama CEO & Founder SiCepat adalah Rudi Darwin Swigo.

Bagaimana cara franchise SiCepat?

Kamu cukup membuka halaman https://sicepat.com/home/joinForm, kemudian mengisi formulir data diri yang valid.

Apakah hari minggu sicepat melakukan pengiriman?

Ya, karena berdasarkan pengalaman saya pribadi ternyata kurir SiCepat tetap melakukan pengantaran paket meskipun di hari sabtu, minggu ataupun tanggal merah (hari libur nasional).

Apa saja syarat jadi agen SiCepat perorangan?

Persyaratannya hanya KTP, Email dan Nomor HP yang aktif.

Berapa lama estimasi pengiriman SiCepat Reguler?

Biasanya membutuhkan waktu 1 – 2 hari, tergantung lokasi tujuan pengiriman paket.

Apakah SiCepat Express menerima penjemputan paket?

Ya, bisa. SiCepat sudah menyediakan layanan Request Pick Up yang memungkinkan kita untuk tidak harus datang ke kantor cabang/agen SiCepat disaat akan mengirim paket/barang, melainkan paket tersebut akan dijemput oleh kurir ke rumah kamu.

Apakah SiCepat bisa COD (Cash On Delivery)?

Ya, tentu saja. Saya sudah mengulasnya secara detail mengenai layanan COD ini di atas.

Demikianlah penjelasan mengenai cara menjadi agen SiCepat Express, mulai dari persyaratan untuk mendaftar program franchise dan keunggulan menjadi agen SiCepat.

Tertarik dan berminat untuk menjadi agen SiCepat Express? Yuk, daftar saja langsung sekarang juga!

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *