cara menyembunyikan aplikasi di android
Android

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android Paling Mudah

Mengetahui cara menyembunyikan aplikasi di Android sangatlah penting apabila Anda ingin melindungi data-data privasi tertentu. Namun, masalahnya adalah, tidak semua pengguna Android mengetahui bagaimana cara menyembunyikan aplikasi tersebut.

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menyembunyikan aplikasi di Android. Lantas, apa sajakah cara tersebut? Jika Anda penasaran, langsung saja simak ulasan lengkapnya dari Mahatekno berikut ini.

Menyembunyikan Aplikasi Menggunakan Pengaturan Bawaan Ponsel

Cara yang pertama ini sangatlah mudah, sederhana, dan hanya memerlukan hitungan detik saja. Pertama, bukalah menu ‘Pengaturan/Setting’ pada Android Anda. Setelah itu, pilih menu ‘Applications’. Kemudian, klik atau pilih ‘Application Manager’.

Setelah berhasil mengklik menu tersebut, maka langkah selanjutnya yaitu pilihlah tab ‘All’. Di tahap ini, Anda perlu mengklik aplikasi mana saja yang ingin disembunyikan sesuai dengan kebutuhan. Kemudian, pilih opsi ‘Disable’.

Setelah mengklik opsi ‘Disable’ tersebut, maka Anda sudah berhasil menyembunyikan aplikasi di hp Android. Metode pertama ini adalah yang paling mendasar yang bisa kamu lakukan. Langkah-langkahnya juga tidak ribet dan mudah diikuti.

Baca Juga: 20+ Contoh CV (Curriculum Vitae) Daftar Riwayat Hidup Baik dan Benar

Menyembunyikan Aplikasi Menggunakan Aplikasi Tambahan

Dengan menggunakan cara di atas terkadang tidak bisa untuk beberapa ponsel. Apabila ternyata ponsel Anda tidak memiliki fitur tersebut, maka gunakanlah aplikasi tambahan sebagai solusinya.

Di bawah ini adalah beberapa rekomendasi aplikasi tambahan yang bisa Anda gunakan untuk menyembunyikan aplikasi di hp Android.

AppLock

Rekomendasi yang pertama yaitu aplikasi AppLock. Aplikasi ini tidak hanya berfungsi untuk menyembunyikan aplikasi saja, namun juga berfungsi untuk menyembunyikan data-data pribadi Anda. Jika Anda tertarik untuk menggunakannya, langsung saja unduh aplikasi ini di Play Store.

PrivateMe

Rekomendasi aplikasi tambahan yang kedua yaitu PrivateMe. PrivateMe bisa menyembunyikan aplikasi di hp Android yang Anda inginkan tanpa harus melakukan root. Aplikasi ini juga compatible untuk jenis hp Android yang jadul atau yang masih menggunakan jenis Android Lollipop.

Baca Juga: Cara Membuat Akun Play Store Yang Baru di HP Android

Apex Launcher

Apex Launcher adalah aplikasi ketiga yang bisa Anda gunakan untuk menyembunyikan aplikasi di Android. Aplikasi ini juga bisa menyembunyikan aplikasi lainnya tanpa root dan merupakan aplikasi yang paling mudah digunakan.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan aplikas ini, maka langsung saja unduh aplikasi Apex Launcher di PlayStore. Setelah itu, buka aplikasi tersebut dan pilih ‘Apex Settings’ dan pilihlah ‘Drawer Settings’.

Kemudian, pilihlah ‘Hidden Apps’ untuk menandai aplikasi mana saja yang ingin Anda sembunyikan. Setelah langkah ini selesai, maka aplikasi tersebut telah berhasil disembunyikan.

Hide App

Rekomendasi aplikasi tambahan yang bisa menyembunyikan aplikasi hp xiaomi, oppo, vivo, samsung, huawei, advan, infinix, evercoss, dan yang lainna yaitu Hide App. Cara menyembunyikan aplikasi di Android menggunakan Hide App pun sangat mudah dan tidak ribet.

Selain berfungsi sebagai penyembunyi aplikasi di Android, Hide App juga bisa membuat password yang tentunya bermanfaat untuk memberikan perlindungan privasi ke aplikasi tersebut. Caranya adalah dengan mengklik ‘Setting’ lalu klik ‘On’ pada opsi ‘PIN Protection’.

Baca Juga: Download GTA SA Lite Mod Indonesia APK Versi 11+ (+OBB Data)

Dampak Negatif Menggunakan Aplikasi Tambahan untuk Menyembunyikan Aplikasi

Jika Anda menggunakan aplikasi tambahan di atas untuk menyembunyikan aplikasi, maka perlu diketahui beberapa dampak negatifnya. Pertama, aplikasi pihak ketiga tersebut bisa membuat kinerja hp Android menjadi lebih lambat.

Selain itu, aplikasi pihak ketiga tersebut juga berpengaruh pada ruang penyimpanan atau kapasitas memori di Android Anda. Oleh karena itu, pastikan ponsel Anda memiliki cukup ruang untuk memasang aplikasi tersebut.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk menyembunyikan aplikasi di Android. Gunakanlah salah satu cara di atas yang paling efektif untuk ponsel Anda dan mudah diterapkan.

Posted by
Fajar Muhsy

Seorang Blogger dan Internet Marketer. Suka menulis informasi terbaru seputar bisnis dan perkembangan teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *