cara merawat tanaman hias di pot
Content Placement

Cara Merawat Tanaman Hias di Pot Agar Tetap Cantik

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa masyarakat di masa pandemi covid-19 ini lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah, dan hal ini membuat tren merawat tanaman hias semakin meningkat.

Sebagian besar orang tiba-tiba menjadi sangat suka dan hobi sekali dalam merawat tanaman hias di rumahnya. Memang, hobi merawat tanaman hias ini merupakan salah satu hobi yag positif, sebab dengan kita melihat tanaman hias yang tumbuh dengan baik serta subur akan membuat hati kita menjadi senang, pikiran tenang, dan puas.

Perasaan yang sedang stres dan cemas berlebih akibat pandemi virus corona yang sampai saat ini masih berlangsung bisa diredakan dengan cara kamu merawat tanaman hias, baik itu di halaman rumah, outdoor, indoor, di pot, di gantung, di rumah, ataupun di tempat yang lainnya.

Bukan hanya bisa menurunkan stres saja, tanaman hias yang kamu pelihara dengan baik juga bisa menjernihkan lingkungan udara. Kesehatan tubuh kamu akan meningkat karena kualitas oksigen di sekitar pekarangan rumah kamu sangat baik.

Bahkan, beberapa tanaman hias bisa kamu jual kembali dengan harga jual yang lumayan mahal, lho! Inilah yang menjadi salah satu peluang untuk kamu yang ingin menghasilkan uang tambahan di masa pandemi.

Nah, buat kamu yang sedang asyik-asyiknya dengan tanaman-tanaman hias yang cantik, berikut ini mahatekno akan memberikan beberapa cara mudah merawat tanaman hias di pot yang baik dan benar.

Cara Merawat Tanaman Hias di Pot

Bukan hanya bunga saja, tanaman hias juga ada yang menggunakan pot sebagai media tanamnya. Untuk itu, berikut di bawah ini adalah beberapa cara merawat tanaman hias di pot agar tetap subur dan terlihat cantik yang wajib kamu coba.

Pilih Tanaman Hias yang Segar

Untuk menanan tanaman hias di dalam pot, kamu wajib sekali untuk memilih jenis tanaman yang segar dan sehat. Jadi, pilihlah bibit yang berkualitas bagus demi memudahkan kamu dalam menanam tanaman hias tersebut di pot. Hindari juga untuk menanam tanaman yang sudah layu atau setengah mati.

Pakai Tanah yang Tepat

Gunakan juga tanah yang tepat sebagai media tanamnya, karena tidak semua tanaman hias akan cocok ditanam di semua jenis tanah. Oleh sebab itu, pastikan kalau tanaman hias milikmu itu ditaman di tanah yang benar-benar cocok agar bisa tumbuh sesuai harapan (subur).

Baca Juga: Cara Membuat Kata Kata Promosi Parfum Untuk Jualan dan Contohnya

Pupuk Tanaman Sesuai Kebutuhan

Setiap tanaman membutuhkan pupuk untuk mencukupi kebutuhan nutrisi penting dalam pertumbuhan tanaman hias tersebut. Jadi, pastikan kamu secara rutin memberikan pupuk yang sesuai dengan kebutuhan tanaman hias kamu, ya!

Penanaman Berlapis

Metode penanaman berlapis akan sangat diperlukan sekali saat kamu menanam dan merawat tanaman hias kesayangan kamu. Dengan menggunakan metode yang satu ini, dijamin tanaman hias kamu akan tumbuh subur dan cantik dilihat.

Penyiraman Secara Rutin dan Teratur

Tanaman hias yang kamu rawat dalam pot juga harus disiram secara rutin dan teratur agar tanaman tidak mudah layu dan kering. Kamu bisa melakukan penyiramannya di pagi hari dan sore hari dengan menggunakan air yang hangat kuku.

Baca Juga: Contoh Makalah Kebugaran Jasmani dan Penjelasan (Download DOC)

Ganti Pot Sesuai Ukuran Tanaman

Seiring bertumbuhnya tanaman hias yang kamu rawat, kamu juga harus mengganti pot yang digunakan menyesuaikan dengan ukuran tanaman tersebut, tujuannya agar tanaman bisa berkembang secara maksimal.

Lakukan Pemangkasan Secara Berkala

Terakhir, agar tanaman hias kamu tumbuh lebih maksimal dan tumbuh subur, silakan lakukan pangkas daun serta tangkai tanaman kamu secara berkali, ya!

Demikianlah beberapa cara merawat tanaman hias di pot yang harus kamu lakukan jika ingin tanaman kamu terlihat cantik dan tumbuh subur maksimal. Go Green!

Posted by
Fajar Muhsy

Seorang Blogger dan Internet Marketer. Suka menulis informasi terbaru seputar bisnis dan perkembangan teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *