cara root android dengan pc
Android

Bagaimana Cara Root Android Dengan PC? Simak Disini!

Root dalam android artinya membuka akses sistem perangkat, sehingga pengguna bisa bebas melakukan modifikasi. Root hp juga memungkinkan Anda menghapus aplikasi bawaan dan menginstal aplikasi lain. Root sendiri bisa melalui beberapa metode, dan salah satunya adalah cara root android dengan PC.

Berikut ini Mahatekno akan membahas rincian langkah demi langkah dalam metode tersebut.

Menggunakan Software Root Genius

Aplikasi yang bisa digunakan untuk root hp dari PC adalah Software Root Genius. Aplikasi ini sangat mudah digunakan untuk root Android Anda, dan aplikasi ini mempunyai banyak fitur yang bisa membantu. Berikut proses root dengan aplikasi ini.

1. Matikan Antivirus

Sebelum mengunduh aplikasi, sebaiknya Anda mematikan antivirus di PC terlebih dahulu. Sebab antivirus akan mendeteksi aplikasi ini sebagai virus kemudian menghapusnya.

2. Download Aplikasi

Kemudian, download aplikasi Root Genius, dan tunggu hingga selesai download dan install di PC Anda. Proses install aplikasi ini sama seperti software lainnya.

3. Sambungkan Ponsel ke PC

Apabila proses install aplikasi telah selesai, kemudian sambungkan ponsel dengan PC. Anda bisa menyambungkan perangkat dengan menggunakan kabel data.

4. Root Ponsel Anda

Jika sudah tersambung akan muncul kotak dialog pada layar PC Anda. Kemudian, centang opsi I accept User agreement, dan klik pada bagian Root It.

Tunggu hingga proses root selesai, kemudian cabut kabel data. Pada menu di Android, Anda akan menemukan aplikasi Kinguser.

Baca Juga: Cara Reset HP Samsung Super Cepat dan Gampang Banget

Menggunakan Software Kingo Root

Kingo Root adalah aplikasi yang juga bisa Anda gunakan untuk root hp melalui PC. Software ini juga sangat mudah digunakan. Berikut ini cara root hp dengan PC melalui Kingo Root.

1. Download Aplikasi

Langkah yang pertama, download aplikasi Kingo Root. Anda bisa mendapatkan aplikasi ini melalui Kingo Root Official Site.

2. Install Aplikasi

Tunggu hingga proses download selesai. Selanjutnya, Anda bisa install aplikasi ini seperti aplikasi pada umumnya,

3. Sambungkan Ponsel dan Lakukan Proses Root

Setelah install aplikasi selesai, yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah menyambungkan ponsel dengan PC menggunakan kabel data. Jika sudah terkoneksi, akan muncul notifikasi dari aplikasi Kingo Root.

Pada notifikasi tersebut, bisa dideteksi apakah ponsel Anda sudah di root atau belum. Anda bisa klik root untuk melakukan proses ini pada ponsel, dan tunggulah hingga selesai. Jika proses root berhasil, maka akan ada aplikasi Kingo Superuser pada menu Android Anda.

Baca Juga: Cara Menampilkan Layar Android di PC dengan Bluetooth

Menggunakan OneClickRoot

Root Android juga bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi OneClickRoot. Aplikasi ini bisa membantu Anda untuk melakukan root pada hp. Berikut langkah-langkahnya.

1. Download dan Install Aplikasi

Anda bisa mendapatkan aplikasi OneClickRoot PC melalui official site OneClickRoot PC. Setelah selesai mengunduh aplikasi tersebut, buka aplikasi dan instal aplikasi seperti biasa, serta jalankan aplikasi.

2. Sambungkan HP Android ke PC

Setelah proses instalasi selesai, sambungkan perangkat Anda dengan PC. Anda bisa menggunakan kabel data untuk menyambungkannya, kemudian pada bagian layar PC akan muncul notifikasi.

3. Root Ponsel

Notifikasi pada layar PC akan menunjukkan jika ponsel Anda telah tersambung dan akan dilakukan identifikasi secara otomatis. Sebelum melakukan root, biasanya aplikasi ini menyarankan baterai ponsel minimal harus terisi 25%, supaya proses root berjalan dengan lancar.

Setelah itu, Anda bisa melakukan root, dengan cara klik root now. Kemudian Anda hanya perlu menunggu hingga proses root selesai, dan cabut kabel data Anda. Jika proses root berhasil maka pada menu Android akan muncul aplikasi superuser dari oneclickroot.

Baca Juga: Cara Membuka HP Android yang Terkunci Tanpa Menghilangkan Data

Selain aplikasi-aplikasi tersebut, cara root hp dengan PC bisa dengan menggunakan beberapa aplikasi lainnya. Misalnya seperti iSkysoft Toolbox, iRoot, dan Wondershare MobileGo.

Posted by
Fajar Muhsy

Seorang Blogger dan Internet Marketer. Suka menulis informasi terbaru seputar bisnis dan perkembangan teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *