Contoh Iklan Bahasa Sunda (Layanan Masyarakat dan Komersil)

  • 4 min read
  • Sep 14, 2020
contoh iklan bahasa sunda

Contoh iklan bahasa sunda ー Iklan adalah salah satu media untuk mengenalkan, memberitahukan atau mempromosikan produk kepada masyarakat dengan jangkauan yang luas.

Ada banyak sekali iklan dengan berbagai bahasa seperti bahasa Indonesia, Inggris, dan ada juga yang memakai bahasa daerah seperti bahasa Jawa ataupun basa Sunda.

Sunda merupakan salah satu suku yang paling mendominasi di wilayah provinsi Jawa Barat. Basa sunda sanga terkenal sekali dan juga memiliki kemiripan dengan bahasa Jawa, namun orang-orang sunda bisa dikatakan logat bahasana lebih lembut (info lebih lengkap tentang suku sunda bisa baca di Wikipedia).

Contoh Iklan Bahasa Sunda

Contoh iklan basa sunda ini meliputi beberapa hal, seperti iklan layanan masyarakat, peduli terhadap lingkungan sekitar, makanan, minuman, komersil dan juga non-komersil, dan lain sebagainya.

Yang wajib sekali kamu perhatikan, bahwa di sini contoh iklan bahasa sunda yang akan saya bagikan ini sama sekali tidak menggunakan aksara sunda (kaganga), namun memakai huruf latin agar mudah untuk dipahami bagi bagi siapapun yang belum paham betul dengan basa Sunda.

Baiklah, berikut ini beberapa contoh iklan bahasa Sunda yang berhasil dirangkum oleh tim Mahatekno, dan bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi atau inspirasi untuk membuat iklan.

Biasanya target pasar iklan ini khusus untuk satu daerah/provinsi Jawa Barat saja, seperti Cianjur, Karawang, Bekas, Bandung, Subang, Garut, Tasikmalaya, Sukabumi, Bogor, Purwakarta, Ciamis, Sumedang, dan kota-kota yang lainnya.

Iklan hemat air

iklan bahasa sunda

Di urutan pertama ada iklan dengan tema himbauan untuk menghemat air dengan menggunakan bahasa sunda.

Sudah menjadi rahasia umum, kalau sumber daya utama dalam kehidupan adalah air, bahkan hampir 80% tubuh kita mengandung cairan.

Untuk sekarang ini air yang mengandung mineral, bersih dan jernih sudah sangat jarang sekali untuk ditemukan, terutama di musim kemarau seperti ini.

Teks iklan bahasa sunda tentang ajakan atau seruan untuk menghemat air: “Lain ngan saukur BBM anu kudu dihemat teh, mareuman keran cai oge eta kaasup salah sahiji cara pikeun ngahemat jutaan leter cai di alam dunya ieu“.

Artinya: Bukan hanya BBM saja yang harus kita hemat, mentup keran air juga termasuk salah satu cara untuk menghemat jutaan liter di dunia ini.

Baca juga: 17+ Contoh Iklan Minuman Segar dan Sehat yang Menarik Minat Pembeli

Iklan produk minuman

iklan minuman kopi bahasa sunda

Contoh iklan basa sunda yang kedua ini masih bertemakan air, yaitu iklan minuman kopi.

Kopi itu mengandung kafein yang dipercaya bisa mencegah kantuk, sangat cocok sekali untuk orang-orang yang bekerja begadang di malam hari (bagian ship malam).

Kopi juga menjadi salah satu minuman favorit yang digemari oleh sebagian orang-orang dewasa, saya sendiri sangat menyukai minuman ini, terutama kopi hitam.

Contoh caption iklan minuman kopi dalam bahasa sunda: “Eta mah susu dikopian, tapi lamun kopi ABC susu mh eta kopi disusuan“.

Baca juga: 18+ Contoh Kata Kata Promosi Makanan di Instagram Yang Kreatif

Iklan buang sampah

iklan buang sampah

Iklan yang berada di urutan ketiga ini mempunyai desain gambar yang cukup menarik sekali, dan kalimat atau kata-kata iklannya mampu membuat masyarakat yang melihatnya tergerak hatinya untuk menuruti ajakan dalam iklan tersebut.

Iklan yang seperti inilah yang dinamakan iklan persuasif, karena mampu membujuk, mengajak, ataupun memengaruhi pola pikir orang yang melihatnya.

Kata-kata iklan bahasa sunda yang berisi himbauan atau larangan membuang sampah sembarangan: “Piceun runtah teh kana tempatna! generasi milenial generasi Z kedah emut kana kabersihan, iraha wa jeng dimana wae ayana“.

Artinya: Buanglah sampah pada tempatnya! generasi milenial generasi Z harus ingat pada kebersihan, kapanpun dimanapun.

Baca juga: Berapa Hari Pengiriman J&T Express? Cari Tahu Sekarang!

Iklan bahaya merokok bahasa sunda

iklan sunda tentang bahaya merokok

Rokok seringkali menjadi salah satu sumber utama masalah kesehatan terbesar di dunia, bukan hanya di Indonesia saja.

Karena rokok, banyak sekali orang yang menderita penyakit kanker paru-paru, kanker mulut, gangguan kehamilan, serangan jantung, dan juga penyakit-penyakit lainnya.

Meskipun demikian, admin Mahatekno sendiri sebenarnya perokok, lho! dan sudah berusaha untuk berhenti, namun sampai sekarang masih belum kesampaian.

Berikut ini adalah serangkaian kalimat yang berisi ajakan untuk berhenti merokok dalam bahasa sunda: “Pareman rokok, samemeh rokok maehan anjeun!“.

Artinya: Matikan rokok, sebelum rokok itu membunuhmu.

Baca juga: Marketing Executive: Pengertian, Job Desk, Tugas dan Tanggung Jawab

Iklan makanan bahasa sunda

gambar iklan makanan

Makanan adalah salah satu kebutuhan paling penting untuk kehidupan manusia (primer). Tanpa sebuah makanan, tubuh manusia tidak akan memiliki energi dan badan akan terasa letih, lelah, lemah, dan berujung sakit.

Kita setidaknya membutuhkan asupan makanan 3 (tiga) kali dalam sehari. Dan disinilah saya akan memberikan contoh kata-kata promosi makanan dengan menggunakan bahasa Sunda.

Makanan ialah salah satu kebutuhan primer manusia. Tanpa makan, tubuh tidak memiliki energi yang artinya kita bisa mudah lelah, letih bahkan sakit. Manusia setidaknya perlu makan tiga kali sehari. Di sin ada contoh iklan promosi makanan dalam bahasa sunda.

Di atas kamu bisa melihat sebuah desain gamba iklan atau poster yang sangat menarik, yakni ayam goreng + minuman pepsi, ditambah lagi dengan kata-kata berikut: “Harga budak sakola mung saukur Rp 10.000,-“.

Penjelasannya: iklan tersebut berisi penawaran paket bundling makanan yakni ayam goreng + pepsi dengan harga khusus untuk anak sekolah cuma Rp. 10.000,- per paket.

Baca juga: Cara Mencari Product Key Windows 10 Pro [100% Berhasil]

Iklan komersil

Dan yang terakhir ada sebuah iklan yang sering sekali kita temui di pinggir jalan atau atas jalan raya di daerah Cianjur dan Bandung.

Dan inilah salah satu contoh iklan komersil yang menggunakan bahasa sunda, yang berisi penawaran produk kepada calon konsumen.

Yups, benar… Ini adalah iklan dari salah satu provider kartu seluler lokal dan milik perusahaan BUMN Indonesia, yakni Telkomsel (kartu sultan).

Berikut ini adalah teks iklan komersil bahasa sunda yang sangat menarik perhatian orang yang melihatnya, kata-katanya ialah: “simPATI Talkmania, ngobrol sababaraha kali, rek sapeuting jeput atawa sapoe jeput, ngan saukur Rp 2.000,-“.

Yang artinya ialah: simPATI Talkmania, ngobrol berkali-kali baik itu semalaman penuh atau seharian penuh, hanya bayar Rp 2.000,-.

Baca juga: MaxStream Telkomsel | Arti, Kegunaan dan Cara Pakai

Akhir kata…

Demikianlah beberapa iklan bahasa sunda yang bisa saya bagikan pada kesempatan ini. Mungkin di artikel berikutnya saya akan sharing contoh-contoh iklan dengan versi yang lain, jadi jangan ketinggalan update dari mahatekno, ya!

Oiya, jangan lupa share artikel ini ke sosial media milikmu!

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *