Contoh Iklan Komersial dan Gambarnya Yang Menarik

  • 3 min read
  • Okt 05, 2020
contoh iklan komersial

Saat berjualan, pasti kamu pernah berpikir kenapa produk yang kamu jual tidak ada yang beli? atau kenapa tidak selaris toko sebelah? dan apa fungsi contoh iklan komersial? Sebagai penjual (seller) kamu seringkali melupakan beberapa hal penting dalam proses penjualan yang kamu lakukan di pasar, baik di pasar konversional atau di marketplace (toko online), kamu melupakan soal promosi.

Karena produk (barang atau jasa) yang kita jual memiliki nilai komersial, sehingga disaat kamu ingin produk yang kamu jual bisa dikenal masyarakat luas, maka kamu harus memperkenalkan produknya terlebih dahulu, dan jelaskan kelebihan atau keunggulan produk kamu serta apa keuntungan yang akan konsumen dapatkan setelah membeli produk kamu.

Cara yang paling efektif yang harus kamu lakukan adalah membuat iklan komersial untuk produk (barang atau jasa) yang kamu tawarkan. Dalam artikel ini Mahatekno akan menjelaskan pengertian dan contoh iklan komersial jasa atau barang beserta gambar dan penjelasannya.

Pengertian Iklan Komersial

Apa itu iklan komersial? Iklan komersial ini sebenarnya sangat mirip sekali dengan iklan promosi yang lainnya, hanya saja iklan komersial ini lebih cenderung menawarkan produk (barang, jasa, atau layanan) dengan menawarkan promo seperti potongan harga (discount / diskon), cashback, dan yang lainnya.

Secara umum iklan komersial adalah salah satu jenis iklan yang bertujuan menawarkan barang atau jasa yang diperjualbelikan, balik yang sedang dalam masa promo ataupun tidak.

Ada banyak sekali jenis iklan komersial, seperti iklan produk minuman, makanan, produk sabun, buku, majalah, smartphone android, laptop, komputer, elektronik, umroh dan haji, atau iklan-iklan lainnya baik dalam bahasa Indonesia, Inggris, Sunda, Jawa atau yang lainnya.

Contoh Iklan Komersial

Beberapa hari yang lalu, saya membagikan contoh iklan perusahaan bisnis komersial, dalam artikel ini saya akan sedikit sharing mengenai beberapa contoh iklan komersial yang sudah saya lengkapi dengan gambar dan kalimat promosi (slogan dan kata-kata).

Iklan Radio

contoh iklan komersial dan gambarnya

Radio adalah salah satu media satu arah yang berbasis audio, suara atau rekaman. Buat kamu yang ingin memperkenalkan produk (barang atau jasa) kamu dengan cara beriklan di radio, biayanya terbilang lumayan mahal.

Ada salah satu perusahaan radio yang memasang harga Rp50.000 – Rp100.000 untuk setiap iklan suara berdurasi 30 detik, bahkan ada yang lebih dari harga itu.

Iklan Perusahaan

iklan listrik pintar pln

Kalau iklan perusahaan adalah sebuah iklan yang ditayangkan oleh perusahaan tertentu guna mengenalkan brand perusahaan tersebut, ataupun juga produk-produknya. Biasanya mereka lebih mengedepankan iklan layanan masyarakat atau iklan yang bisa menaikkan citra baiknya di mata calon konsumen.

Sebagai contohnya saya mengambil iklan dari PT Perusahaan Listrik Negara yang mengiklankan layanan atau terobosan baru bernama Listrik Pintar, keunggulan yang akan didapat masyarakat ialah kemudahan dalam mengisi ulang token atau meter PLN.

Iklan Bahasa Jawa

iklan bahasa jawa

Iklan basa Jawa memang sangat jarang sekali kita temui, kara pada dasarnya memang iklan ini hanya ditargetkan untuk orang yang mengerti bahasa Jawa saja, seperti target pasarnya Jawa Tengah, Jawa Timur dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Contoh iklan basa Jawa di atas di ambil dari iklan perusahaan Orang Tua dengan produknya bernama Teh Gelas dengan kalimat promosi atau kata-kata iklan : Segerke Dunia Lan Uripmu Ngombe Teh Gelas! yang artinya kurang lebih seperti ini: Segarkan dunia dan hidupmu, minum teh gelas!

Contoh Iklan Komersial Bahasa Sunda

contoh iklan komersial bahasa sunda

Sama halnya dengan iklan basa jawa, iklan dalam bahasa Sunda juga sangat jarang ditemukan karena target pasarnya yang terbatas, yakni hanya orang-orang yang ada di daerah Jawa Barat dan Banten saja.

Gambar di atas adalah salah satu contoh iklan komersial bahasa sunda yang sangat menarik sekali sebenarnya.

Kata-kata promosi dalam iklan tersebut adalah: Teh Pucuk Harum, Rasana Pas Henteu Kamanisan, Teu Damel Halabhab Deui, Meser 2 Gratis Hiji.

Kalau diterjemahkan ke bahasa Indonesia, seperti ini: Teh Pucuk Harum, Rasanya Pas Nggak Terlalu Manis, Nggak Bikin Haus Lagi, Beli 2 Gratis 1.

Contoh Iklan Komersial Jasa

contoh iklan komersial jasa

Di atas adalah salah satu contoh iklan laundry yang merupakan sama-sama termasuk ke dalam kategori komersial.

Contoh kalimat promosi:

Sohib laundry (jasa layanan laundry) siap mencuci pakaian kamu yang nggak punya waktu buat nyuci, nggak usah khawatir dengan harga, berikut list harganya:

  • Setrika Rp8.000 per Kg
  • Cuci sampai kering Rp1.500 per Kg
  • Cuci sampai kering + setrika Rp9.000 per Kg.

Nggak sempet anterin pakaian kotor ke tempat kami? Tenang Sohib Laundry juga menyediakan layanan antar jemput pakaian.

Akhir kata…

Mungkin cukup demikian artikel mengenai contoh iklan komersial dan gambarnya baik dalam bahasa Indonesia, Sunda ataupun Jawa. Semoga bisa membantu kamu yang sedang mencari inspirasi atau bahan referensi!

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *