6+ Contoh Iklan Media Cetak dan Penjelasannya (+ Gambar)

  • 4 min read
  • Sep 11, 2020
contoh iklan media cetak

Contoh iklan media cetak sangat penting sekali buat kamu yang ingin mempromosikan produk (barang/jasa) di media cetak seperti majalah, koran, brosur, dan media yan lainnya.

Media cetak adalah sebuah saran untuk menyampaikan sebuah informasi atau suatu hal, termasuk iklan. Media cetak bisa juga dimanfaatkan sebagai tempat untuk melakukan promosi, memberitahukan ataupun mengenalkan produk dan jasa kamu melalui iklan.

Ada banyak sekali jenis media cetak yang seringkali digunakan di Indonesia, seperti halnya majalah, koran, buku, flyer, brosur, billboard, selebaran, banner, poster, dan lain sebagainya.

Biasanya, iklan yang dipasang di media cetak itu memiliki gaya 2 dimensi yang disertai dengan kalimat promosi (caption, kata-kata, teks, atau slogan) yang menarik perhatian pembaca.

Kemudian untuk hasil yang maksimal, biasanya pengiklan akan membumbui iklannya dengan desain gambar dan background yang menarik agar pembaca penasaran dengan iklan tersebut.

Iklan-iklan yang biasa dipajang di media cetak juga beragam jenisnya, mulai dari iklan baris, iklan pendidikan, iklan makanan, iklan minuman, pemberitahuan, layanan masyarakat, iklan elektronik, dan lain-lain.

Baiklah, pada artikel ini Mahatekno akan membagikan beberapa contoh iklan media cetak buat kamu yang sedang membutuhkan, misal untuk tugas sekolah, atau kuliah, dan juga bagi para pelaku bisnis yang mulai tertarik untuk memasang iklan di media cetak.

Contoh Iklan Media Cetak dan Penjelasannya

Gambar-gambar contoh iklan media cetak yang akan saya bagikan ini, merupakan hasil temuan dari beberapa situs web di internet, yang sengaja saya pilih dengan kualitas gambar yang bagus, jadi kamu bisa mempelajarinya dengan jelas dan mudah dipahami.

Kurang lebih ada enam gambar contoh iklan dari media cetak yang akan di bahas dalam artikel yang satu ini.

Sangat cocok sekali buat kamu yang sedang mencari sebuah inspirasi dan referensi untuk membuat iklan yang menarik di media cetak seperti koran dan majalah.

Admin nggak akan berlama-lama, inilah contoh iklan media cetak dari majalah atau koran beserta gambar dan juga penjelasannya, ditambah lagi dengan kalimat atau kata-kata promosi.

Iklan di Koran

iklan koran

Koran merupakan salah satu media yang berfungsi sebagai penyampai berita, biasanya di koran sendiri yang berwarna dan ada juga yang tidak alias hitam putih.

Posisi untuk menempatkan iklan di koran biasanya terletak di 2 – 4 halaman terakhir pada bagian belakang koran. Biasanya ada sebuah spot yang berukuran kecil di bagian paling bawah untuk menempatakna sebuah iklan media cetak.

Jenis iklan yang bisa disisipkan pada koran adalah iklan baris yang isinya hanya berupa teks saja dengan singkatan atau istilah yang rumit.

Namun, akhir-akhir ini beberapa penerbit koran sudah menciptakan inovasi baru dimana ada slot untuk menyisipkan gambar.

Bahkan, ada juga koran yang menyisipkan iklan di halaman penuh pada bagian tengah koran, serta berwarna lho!

Baca juga: Cara Screenshot Samsung J2 Prime, J1, J5 dan J7

Iklan di Brosur

contoh iklan media cetak

Brosur juga termasuk media cetak yang memang diperuntukkan secara khusus sebagai media marketing.

Ukuran brosur juga sangat beragam mulai dari yang berukuran letter, B5, legal atau F4, A3, A4, A5, sampai ukuran paling kecil yakni A6. Kita uga bisa melakukan custom iklan sendiri berdasarkan ukuran browsernya.

Cara beriklan di media cetak brosur sangat mudah sekali, biasanya pengiklan meletakkan brosur tersebut di sela-sela (sudut) pusat pembelanjaan seperti supermarket, minimarket, perpustakaan, dan tempat keramaian lainnya.

Bahkan ada juga marketer yang memiliki strategi pemasaran dengan cara mendatangi calon pembeli di tempat-tempat wisata dengan cara membagikan brosur iklan tersebut secara langsung.

Baca juga: 7+ Contoh Iklan Elektronik Paling Menarik Calon Pembeli

Contoh Iklan Media Cetak dari Majalah

Iklan yang dipasang di majalah, biasanya dipasang di satu halaman penuh baik itu di bagian belakanng ataupun di tengah majalah.

Iklan majalah biasanya memiliki warna yang sangat cerah dan mencolok jika dibandingkan dengan konten atau isi dari majalah tersebut, lho!

Majalah itu hampir mirip sekali dengan koran, hanya saja bentuk majalah ini lebih mirip dengan buku, dan memiliki desain warna-warni (berwarna).

Ada banyak sekali majalah yang tersebar di Indonesia, misalnya majalah dewasa, remaja, bisnis, pertanian, fashion, internet, komputer, dan lain sebagainya.

Baca juga: Contoh Tanda Tangan Simple, Keren, dan Berkesan (Huruf A-Z)

Iklan Banner

Banner juga seringkali digunakan untuk mengenalkan sebuah produk atau jasa secara singkat yang ditujukan kepada warga masyarakat secara menyeluruh.

Isi dari banner tersebut biasanya berupa gambar yang di desain secara khusus dan dibumbui dengan tulisan kalimat atau kata-kata singkat yang menjelaskan kesimpulan atau pengenalan terhadap produk yang diiklankan.

Secara umum, banner ini biasanya di pasang di sudut toko, pusat pembelanjaan, pameran, pasar malam, stand, ataupun di event-event tertentu.

Jenis iklan banner juga berbeda-beda, diantarnya ada X Banner, Y Banner, Mini X Banner, dan juga Rolle-up yang dimana masing-masing banner tersebut mempunyai ukuran, fungsi dan kegunaan, serta kualitas yang berbeda.

Baca juga: 17+ Contoh Iklan Minuman Segar dan Sehat yang Menarik Minat Pembeli

Iklan Flyer

contoh iklan flyer

Flyer ini memiliki kemiripan dengan media cetak brosur, bedanya kalau Flyer itu salah satu media yang hanya mengusung 1 halaman saja, sedangkan brosur dapat dilipat sampai 2 kali, sehingga bisa menjadi 3 bagian utama.

Flyer ini biasanya akan dibagikan oleh pengiklan kepada orang lain pada kegiatan, event, atau acara tertentu saja, ya walaupun ada juga sebagian orang yang membagikan flyer kepada driver mobil atau motor di pinggir jalan.

Ya, misalnya seperti flyer promosi mobil, rumah, restoran, motor, cafe, kedai, dan yang lainnya.

Baca juga: J&T Terdekat Di Sini: Begini Cara Mencari Alamat Kantornya!

Contoh Iklan Media Cetak Spanduk

contoh gambar iklan media cetak

Spanduk atau Pamflet adalah salah satu dari sekian banyaknya media cetak yang ada di Indonesia. Spanduk biasanya dibuat dengan ukuran yang memanjang (horizontal).

Iklan spanduk biasanya dipasang di pinggir jalan, depan toko atau tempat jualan, di atas jalan raya, ataupun di tempat-tempat lainnya yang strategis  dan mudah dilihat oleh orang lain yang lewat.

Kesimpulan…

Demikianlah beberapa contoh iklan media cetak dan penjelasannya, beserta gambar yang bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi untuk membuat iklan ataupun untuk mengerjakan tugas sekolah maupun kuliah.

Semoga membantu!

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *