Contoh Iklan Perusahaan Bisnis Komersil dan Monopoli

  • 5 min read
  • Okt 03, 2020
contoh iklan perusahaan

Contoh iklan perusahaan ー Sekarang ini iklan tidak hanya digunakan untuk mempromosikan produk (barang atau jasa) UMKM saja, namun perusahaan besar juga ikut mengiklankan corporate mereka. Mengapa perusahaan melakukan hal itu? Ya, sudah tentu untuk meningkatkan reputasi dan membangun citra baiknya di mata masyarakat. Jika masyarakat sudah mengenal perusahaan tersebut, maka setiap produk yang dikeluarkan oleh perusahaan akan diterima dengan baik oleh calon konsumen.

Bukan hanya itu saja, iklan perusahaan (corporate) ini juga mempunyai maksud dan tujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat mengenai sejarah dan perjuangan mereka untuk sukses, dan juga kisah-kisah pendiri dari perusahaan tersebut dari kecil hingga besar seperti sekarang ini.

Dalam artikel ini Mahatekno akan memaparkan beberapa macam jenis perusahaan, dimulai dari perusahaan bisnis, komersial, dan yang terakhir perusahan monopoli. Contoh iklan perusahan beserta gambarnya bisa kamu lihat di bawah ini.

Contoh Iklan Perusahaan Bisnis

Perusahaan bisnis adalah salah satu perusahaan yang bergerak secara langsung di bidang produksi baik barang ataupun jasa. Untuk mendapatkan laba yang besar, perusahaan akan menjual barang atau jasa kepada konsumen ataupun ke perusahaan lainnya.

Berikut ini adala beberapa contoh iklan perusahaan bisnis, mulai dari gambar dan juga kalimat atau kata-kata promosi (caption, slogan, dan lain-lain.).

Iklan Bank BCA

iklan bank bca

Bank Central Asia atau biasa disapa BCA adalah salah satu bank terbesar di Indonesia. Di atas merupakan salah satu contoh iklan bank BCA yang sedang menawarkan sebuah layanan perbankan super praktis yaitu BCA Mobile dengan caption iklan atau slogan “Transaksi perbankan hanya sebatas jari“.

Iklan PT Unilever Indonesia

contoh iklan perusahaan unilever

Unilever adalah salah satu perusahaan multi nasional yang banyak sekali mengeluarkan produk-produk untuk kebutuhan sehari-hari, mulai dari sabun mandi, sabun cuci, shampo, pewangi pakaian, parfum, pasta gigi, dan yang lainnya.

Pada iklan di atas, Unilever mengadakan penawaran harga khusus untuk semua produknya yang dijual secara online di marketplace Shopee dengan tagline SuperBrandDay – CUMA 1 HARI PROMO dari Unilever.

Iklan RCTI

iklan rcti oke

Buat kamu yang suka nonton televisi (TV), khususnya di channel RCTI pasti kamu pernah dong melihat iklan RCTI dengan emak-emak yang ada pada contoh iklan TV tersebut?

Meskipun iklan tersebut sudah lama sekali tidak tayang di RCTI, namun iklan ini berhasil membawa RCTI menjadi salah satu saluran televisi terbaik di Indonesia, dengan slogan iklannya yang masih melekat hingga saat ini yakni RCTI OKE…

Bang, siapa sih sosok ibu-ibu atau emak-emak yang ada di iklan RCTI tahun 90-an itu? Namanya Hj. Noor Farida, beliau sudah meninggal pada tanggal 25 Juni 2020 yang lalu.

Iklan TVRI

TVRI adalah salah satu siaran televisi nasional yang selalu berusaha untuk menyajikan tayangan yang tidak hanya menghibur saja, tetapi juga menayangan konten yang mendidik bagi seluruh pemirsa setia TVRI.

TVRI sekarang ini sudah bertransformasi, kamu tidak hanya bisa menontonnya di televisi saja, namun juga bisa menyaksikan tayangannya dimanapun dan kapanpun dengan aplikasi TVRI KLIK yang sudah bisa kamu install secara gratis di Google Play Store.

Slogan iklan TVRI dulu terkenal dengan kata-kata TVRI – Milik Kita Bersama, namun sekarang slogannya berubah menjadi TVRI – Media Pemersatu Bangsa.

Iklan SCTV

sctv satu untuk semua

Setiap jeda tayangan baik itu film sinetron, box office, berita, audisi, atau iklan pasti ada saja iklan dari SCTV dengan slogan khas-nya yakni SCTV, Satu Untuk Semua…

Kini slogan yang satu ini sudah melekat di telinga para penonton televisi, saya sendiri dari dulu sampai sekarang masih ingat saja dengan slogan ini, hehe 😀

Contoh Iklan Perusahaan Komersial

Perusahan komersil adalah perusahaan yang hanya berfokus menjual produk (barang atau jasa) baik yang diproduksi oleh perusahaan mereka atau dari perusahaan lain.

Jika dilihat sepintas memang hampir sama dengan perusahaan bisnis, namun perusahaan bisnis itu tidak hanya fokus ke penjualan saja.

Berikut di bawah ini ada beberapa contoh iklan perusahaan bisnis komersial untuk menjual barang dan jasa, baik secara lokal ataupun internasional.

Iklan Indosat Ooredoo

contoh iklan komersial indosat

Indosat Ooredoo adalah salah satu perusahaan komersial yang bergerak dibidang komunikasi alias operator telepon seluler. Produk Indosat yang paling terkenal adalah IM3, Mentari, dan juga Matrix.

Di atas kamu bisa melihat salah satu iklan komersial dari Indosat Ooredoo yang menawarkan paket dengan kuota besar yang bisa dipakai di jaringan 3G dan juga 4G LTE.

Kata-kata promosi Indosat Ooredoo terbaru: Kuota terbesar di semua jaringan 3G dan 4G.

Iklan Indihome (Telkom Indonesia)

iklan indihome telkom indonesia

Bergelut di bidang yang sama seperti Indosat Ooredoo, Telkom Indonesia juga merupakan perusahaan komersial operator seluler, yang menjadi pembeda adalah perusahaan Telkom ini adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia.

Telkom Indonesia memiliki banyak produk yang ditawarkan, diantaranya Telkomsel (simPATI, Kartu AS, Loop), Wifi.id, Flexi, dan juga Speedy Indihome. 

Di atas tampak contoh iklan perusahaan Telkom Indonesia untuk produk WiFi Indihome fiber yang kalimat promosinya ialah: Indihome Fiber >> Solusi Praktis untuk Keluarga Modern.

Iklan Hitachi

contoh iklan perusahaan bisnis komersial

Hitachi adalah salah satu perusahaan bisnis komersial yang bergerak di sektor elektronik, banyak sekali produk yang dikeluarkan oleh Hitachi mulai dari lemari es (Kulkas), CCTV, Televisi (TV), Air Conditioner (AC), Proyektor, dan produk elektronik lainnya.

Contoh iklan elektronik dari Hitachi ini menunjukkan bahwa perusahaan mereka ini siap menjadi solusi dan inspirasi di masa depan, slogan iklannya: The future is open to suggestions dan Inspire the next.

Iklan PT Freeport Indonesia

contoh iklan pt freeport indonesia

PT Freeport Indonesia adalah satu-satunya perusahaan tambang emas yang terletak di Papua yang bertujuan untuk menggali kekayaan sumber daya alam Indonesia berupa emas.

Freeport pada tahun 2019 yang lalu membuat iklan yang berisi ucapan selamat natal dengan teks iklan sebagai berikut: PT Freeport Indonesia mengucapkan Selamat Hari Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Iklan PT Toyota Astra Motor

iklan mobil toyota avanza

Perusahaan Toyota Astra Motor Indonesia merupakan salah satu perusahaan komersial yang menjual berbagai jenis mobil yang sudah sangat terkenal.

Salah satu produk yang diiklankan oleh Toyota pada gambar di atas, adalah Toyota Avanza dengan caption NEW AVANZA, Part of INDONESIA’S GREATNESS.

Contoh Iklan Perusahaan Monopoli

Apa itu perusahaan monopoli? Perusahaan monopoli adalah perusahaan yang bergerak di pasar monopoli. Monopoli jika kita terjemahkan adalah pasar yang hanya dikuasai oleh satu perusahaan alias tidak mempunyai saingan, sehingga perusahaan monopoli itu bebas untuk menentukan harganya sendiri.

Berikut di bawah ini beberapa contoh iklan perusahaan monopoli yang paling terkenal di Indonesia lengkap dengan gambar dan kata-kata dalam iklannya.

Iklan PT Kereta Api Indonesia (KAI)

iklan kereta api indonesia

PT KAI adalah salah perusahaan monopoli milik BUMN Indonesia yang bergerak di bidang transportasi, yakni kereta api.

Di atas adalah salah satu iklan dari PT KAI dengan slogan SEPTEMBER CERIA, SEMAKIN BANYAK KERETA YANG BEROPERASI.

Setelah beberapa bulan kita #stayathome alias berdiam diri di rumah karena adanya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) karena pandemi virus corona (COVID-19), dan di bulan September kita sudah bisa beraktivitas kembali dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Iklan PLN (Perusahaan Listrik Negara)

iklan listrik pintar pln

Listrik Pintar, solusi isi ulang dari PLN – Bebas Pakainya, Terkendali Rekeningnya. Didukung lebih dari 30.000 jaringan ATM yang tersebar di seluruh Indonesia.

Di atas adalah salah satu contoh iklan layanan masyarakat yang dikeluarkan oleh PLN untuk mempromosikan produk atau layanan terbarunya yakni Listrik Pintar, guna memudahkan masyarakat untuk mengisi ulang token listrik prabayarnya.

Iklan Pertamina

iklan pertamina

Pertamina adalah salah satu perusahaan milik BUMN juga yang menyediakan semua bahan bakar kendaraan seperti motor, mobil, dan yang lainnya serta gas elpiji untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.

PT Pertamina sempat membuat sebuah iklan yang berisi ucapan hari raya idul fitri bagi seluruh masyarakat muslim Indonesia, isinya: Segenap Pimpinan dan Pekerja Project GPR PT. Pertamina (Persero) Tuban dan PT. Pertamina Rosneft Pengelolaan & Petrokimia mengucapkan SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1441 H.

Iklan Air Minum PAM Jaya

iklan air minum pam jaya

Ayo Peduli Air Jakarta, saatnya kita memulai agar generasi menuai hasilnya“.

PT PAM Jaya berinovasi untuk terus mengkampanyekan gaya hidup sehat dengan meminum air mineral serta tetap peduli dengan air di Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta yang semakin hari semakin kotor dan kumuh,

Iklan PT Bank Indonesia

Yang terakhir ada iklan dari Bank Indonesia atau BI yang merupakan satu-satunya perusahaan yang mencetak yang rupiah.

Di atas adalah salah satu video iklan layanan masyarakat dari perusahaan Bank Indonesia, yang kurang lebih kata-kata promosi atau iklannya ialah sebagai berikut ini: 

Tahu nggak? kalau uang yang setia hari kita pegang, punya kisah perjalananannya masing-masing?

Pada awalnya, rupiah direncanakan, disiapkan, dan diantarkan ke seluruh Indonesia. Setelah itu, didampingi oleh alat-alat negara, uang rupiah akan dibawa terbang melayang di udara, juga dibawa untuk mengarungi luasnya samudera dengan perahu yang sangat besar hingga dengan perahu yang kecil.

Terkadang ada momen-momen tersendiri yang membuat perjalanan ribuan kilometer (KM) ini semakin istimewa.

Dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai pulau Rote, demi melihat senyuman saat rupiah akhirnya sampai di tangan.

Hingga tanpa kita sadari, rupiah sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan kita sehari-hari, membawa kebahagiaan, kenyamanan, dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia.

Inilah yang membuat perjalanan rupiah ini menjadi lebih bermakna. Kalau kalian pakai rupiah buat apa?

Akhir kata…

Demikianlah beberapa contoh iklan perusahaan bisnis komersial dan monopoli dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia yang bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi dan inspirasi.

Mohon maaf jika ada kesalahan penulisan atau hal lainnya, semoga bermanfaat dan semoga membantu!

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *