Contoh Kalimat Menawarkan Produk Yang Menarik Perhatian Konsumen

  • 6 min read
  • Sep 21, 2020
contoh kalimat menawarkan produk

Tanpa promosi atau iklan, produk (barang atau jasa) yang kamu jual mungkin hanya akan dikenal dan dibeli oleh beberapa konsumen saja, kamu melewatkan sebuah kesempatan untuk mendapatkan keuntungan dan omset yang besar. Makanya, seorang pebisnis baik offline maupun online wajib mengetahui lebih jauh bagaimana contoh kalimat menawarkan produk yang tepat agar calon konsumen bisa tertarik untuk membeli produk kita?

Seorang Wirausahawan atau pebisnis wajib melakukan pemasaran, salah satunya adalah iklan atau mengajak konsumen untuk memberikan review produk atau testimoni.

Sampai saat ini, strategi pemasaran yang paling cepat mempengaruhi emosinal konsumen untuk membeli produk adalah iklan. Iklan ini juga bisa diartikan sebuah jalan promosi. Dengan promosi, calon konsumen akan lebih cepat mengenal produk yang kamu jual, jika dibandingkan dengan cara mempromosikan produk secara lisan yang tentu akan membutuhkan waktu lama.

Kalimat promosi yang kamu gunakan untuk menawarkan produk ini sangat berguna sekali bagi konsumen, karena konsumen bisa mengenal produk yang kamu jual dan mereka bisa tahu apa keunggulan dari produk tersebut.

Contoh kalimat yang kamu gunakan untuk menawarkan produk juga harus dibuat sesingkat mungkin, padat dan tentunya harus benar-benar menarik hati calon konsumen.

Kamu bisa mencoba menggunakan kalimat atau kata-kata promosi dengan tema yang sedang trend atau booming (viral) atau yang memang terbukti bisa menarik perhatian calon pembeli dan bisa mempengaruhi banyak orang.

Buat sebuah slogan pendek yang unik dan tentunya mudah diingat oleh konsumen, intinya buat kata-kata yang mampu mengingatkan konsumen pada nama produk yang kita jual ketika si konsumen ini mengingat sesuatu (kalau dalam istilah marketing, namanya Branding).

Dengan artikel Mahatekno ini, setidaknya kamu bisa memahami contoh kalimat promosi untuk menawarkan produk yang bisa menarik perhatian, menyentuh hati, unik, dan yang bersifat persuasif (ajakan atau mengajak), dan memahami apakah iklan kamu akan ditujukan untuk semua orang atau hanya kalangan tertentu saja (istilah ini dikenal dengan Demografi).

Kaidah Penggunaan Kalimat Promosi

Ketika akan membuat sebuah kalimat promosi, kamu harus memperhatikan jumlah kata yang akan digunakan. Pasalnya, penggunaan kata-kata promosi yang panjang akan membuat calon konsumen malas untuk membacanya. Gunakan kalimat yang saat dilihat sekali saja bisa langsung terbayang di kepala calon pembeli.

Jadi, untuk apa kita membuat iklan dengan kata-kata yang panjang jika pada ujungnya tidak dibaca atau malah membosankan bagi calon konsumen? Ini salah satu prinsip utama yang harus kamu jadikan sebagai dasar komunikasi promosi kepada calon konsumen.

Jika kamu berani beradu kualitas dengan kompetitor, maka gunakan saja kata yang benar-benar power untuk membuka ruang pemikiran kepada calon pembeli tentang keunggulan produk kamu. Contohnya “Harga sama, Kualitas beda”, kalimat promosi seperti ini akan membuka emosional calon konsumen untuk lebih memilih produk kamu.

Penjual menawarkan produk secara rasional, sedangkan Pembeli memilih dan menentukan produk berdasarkan emosional” — kata pak Angga Prayoga (CEO & Founder Plasma) saat Workshop Bumdes di Kantor DPMD Kab. Cianjur.

Kata kata promosi yang unik akan menjadi strategi pemasaran yang sangat efektif dan jitu untuk menawarkan produk kamu secara offline ataupun online (digital marketing).

Kalimat promosi yang menarik bisa dibuat dengan kata-kata yang mengandung pertanyaan. Pertanyaan yang saya maksudkan di sini adalah menarik perhatian calon konsumen untuk membaca iklan kamu.

Contoh kalimat promosi yang menawarkan produk kue, misalnya “Kue Bolu yang membuat lidah Anda bergoyang…”, atau “Kue Basah yang membuat lidah kamu menari-nari…”.

Dengan kalimat seperti di atas tentu saja akan memberikan daya tarik dan rasa penasaran tersendiri bagi calon konsumen untuk mencoba makanan yang sangat lezat dan nikmat yang bisa membuat lidah bergoyang dan menari-nari (makna kiasan).

Kamu juga harus memperhatikan hal kecil seperti penggunaan Font, Headline dan juga Tagline jika kamu mempromosikan produk secara online. Sebab, permainan jenis huruf (Font) bisa memengaruhi visual seseorang untuk fokus melihat suatu kalimat iklan tersebut.

Poin Penting Dalam Penggunaan Kalimat Promosi

Berikut ini ada beberapa hal penting yang harus kamu ketahui sebelum membuat kalimat promosi , diantaranya:

Kalimat promosi harus mengandung kata-kata yang berisi penawaran produk

Contoh teks mempromosikan produk yang sangat menarik perhatian konsumen adalah yang mengandung penawaran khusus, seperti diskon (potongan harga), cashback, hadiah, atau tawaran lainnya yang akan memperkuat emosional calon konsumen untuk membeli produk kita.

Semua orang tentu saja akan mencari keuntungan, bukan? Ya, baik itu penjual ataupun pembeli.

Apa keunggulan produk yang kamu jual?

Iklan yang dibuat juga harus menunjukkan keunggulan utama dari produk yang kamu jual. Karena informasi penting dalam iklan yang tidak pernah terlewatkan untuk dibaca oleh calon konsumen adalah keunggulan produk tersebut.

Contoh kalimat yang berisi keunggulan seperti “Nikmatnya Ayam Geprek Kang Agus, sensasi pedasnya begitu terasa di setiap gigitannya…

Gunakan kata-kata yang sedang hits (bahasa gaul)

Jangan sesekali membuat iklan yang bertele-tele atau yang sulit dipahami. Coba gunakan kalimat promosi yang mempunyai ciri khas seperti kata-kata yang sering digunakan anak-anak milenial jaman now alias yang sedang hits di media sosial.

Seperti “Mie Ayam “Miapah”, Rasanya nikmat & bikin kamu ketagihan!”. Kata “miapah” ini merupakan bahasa gaul yang sering digunakan oleh anak-anak muda sehari-hari di media sosial, kamu pasti pernah atau sering banget kan mendengarnya?

Contoh Kalimat Promosi Barang Yang Tepat

Sesuai judul artikel ini, berikut ini ada beberapa kalimat promosi produk yang bisa kamu gunakan untuk menawarkan atau memasarkan produk (barang atau jasa) yang kamu jual.

Contoh Kalimat Ajakan “Ayo, Beli Produk … Sebelum Kehabisan!”

Kalimat promosi produk seperti ini sangat ampuh dan jitu untuk mengajak calon konsumen agar membeli produk kamu. Kamu juga bisa menambahkan kalimat yang bisa menyentuh hati calon pembeli seperti “Kepuasan anda adalah tanggung jawab kami!”, kalimat tersebut mengandung Win-Win Solution (negosiasi antara dua pihak yang akan mendapatkan keuntungan yang sama).

Contoh Kalimat Perhatian “Beli 2 Gratis 1”

“Beli 2 Gratis 1” adalah salah satu kalimat promosi yang menarik konsumen untuk membeli produk kita. Kata-kata semacam ini menawarkan kepada konsumen bahwa mereka akan mendapatkan 3 produk dengan hanya membayar 2 produk saja.

Tidak ada bedanya dengan kalimat “Buy 1 Get 2” atau “Beli 1 Gratis 1”, kalimat-kalimat seperi ini sangat ampuh untuk menarik perhatian konsumen, karena seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa konsumen membeli produk itu berdasarkan emosional.

Contoh Kalimat Menantang “Turun Harga, Ada Cuci Gudang!”

Contoh kalimat promosi barang yang menantang calon konsumen juga akan meningkatkan closing penjualan kamu, misalnya “Turun Harga, Ada Cuci Gudang” atau “Cuci Gudang, Harga Turun Drastis”.

Sudah menjadi rahasia umum, kalau mendengar atau melihat kata “Cuci Gudang”, calon konsumen akan menyerbu produk tersebut, karena emosional terpacu untuk mendapatkan barang dengan harga yang sangat murah.

Contoh Kalimat Unik “Limited Edition”

Penggunaan kalimat promosi yang menunjukkan adanya keunikan pada produk yang kamu jual, juga akan membuat calon komsumen penuh dengan rasa penasaran.

Contohnya seperti “Lagi nyari barang Limited Edition? Di sini tempatnya” atau misalnya “Ayo, beli produk …. sebelum kehabisan stok (limited edition)”.

Kalimat promosi produk seperti di atas, setidaknya akan membuat calon pembeli merasa penasaran untuk melihat produk tersebut.

Contoh Kalimat Dadakan “Barang Branded, Harga Nyungsep”

Ada sebagian penjual yang menggunakan kata-kata dadakan yang membuat sebagian orang tertegun, seperti “Barang Branded, Harga Nyungsep”.

Kalimat ini menunjukkan keseriusan penjual untuk menjual produk (barang atau jasa) dengan harga yang sangat tidak wajar dari biasanya.

Oiya, keberanian penjual dalam memakai kalimat promosi yang unik dan nyeleneh juga akan sangat berpengaruh kepada perhatian calon konsumen, lho!

Contoh Kalimat Diskon “Buruan beli produk … diskon 75%”

Melihat kata diskon 75%, 50%, 25% atau persen-persen yang lainnya, diklaim mampu menarik perhatian pembeli.

Jadi, buat kamu yang sedang berjualan online seperti di marketplace Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Shopee, dan lainnya, jangan pernah melupakan diskon!

Oiya, buat kamu yang fokus jualan makanan di Instagram, kamu bisa membaca artikel saya yang berjudul kata-kata promosi makanan di instagram.

Gunakan Platform Pemasaran Online Terbaik Untuk Menawarkan Produk

Kalau saja kamu merasa dengan menggunakan kalimat promosi saja tidak cukup untuk mendongkark penjualan produk secara online, maka kamu bisa menggunakan jasa periklanan digital yang tepat.

Saya sangat merekomendasikan kamu untuk memasang iklan secara online dengan menggunakan platform periklanan digital terbaik, salah satunya ialah Google Adswords, Facebook Ads, Tiktok Ads, dan lain sebagainya.

Google AdsWords

Google Ads atau Google AdsWords adalah salah satu media periklanan digital milik mesin pencari raksasa yakni Google, yang mana kita bisa mengatur iklan untuk keperluan bisnis kita dengan harga yang terjangkau.

Di AdsWords kamu bisa mengatur penempatan iklan di hasil pencarian Google (Google Search Results), target pasar, demografi, lokasi, bahasa dan yang lainnya.

Facebook Ads

Sampai dengan tahun 2018 yang lalu, Facebook memiliki pengguna sekitar 2,2 miliar di dunia. Dengan pengguna sebanyak ini, kamu bisa menjadikan media sosial Facebook sebagai media marketing terbaik untuk bisnis yang kamu kembangkan.

Facebook Ads sendiri adalah layanan khusus yang disediakan oleh Facebook untuk kamu yang ingin beriklan secara langsung ke audience yang kamu targetkan, baik itu berdasarkan aktivitas pengguna, ataupun secara demografis seperti umur, jenis kelamin (gender), lokasi, dan yang lainnya.

TikTok Ads

Sekarang ini, siapa sih yang nggak kenal dengan aplikasi TikTok? Hampir semua pengguna smartphone Android memiliki aplikasi yang sedang viral ini.

Pertanyaan yang sering dilontarkan pebisnis online, apakah aplikasi TikTok ini cocok untuk dibuat media pemasaran? TikTok sekarang memiliki pengguna yang sangat banyak sekali, jadi kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk media marketing. Apalagi sekarang Tiktok sudah menmbuat layanan periklanan digital layaknya Google Ads dan Facebook Ads.

Akhir kata

Demikianlah contoh kalimat menawarkan produk (barang atau jasa) yang menarik perhatian calon pembeli. Kamu bisa menjadikan contoh-contoh di atas sebagai bahan referensi atau inspirasi untuk mempromosikan produk kamu secara online ataupun offline.

Oiya, jangan sampai kamu menipu pembeli dengan kalimat promosi, karena itu akan menurunkan kredibilitas bisnis kamu dan juga akan merusak reputasi kamu sebagai penjual.

Semoga bermanfaat!

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *