Contoh Tanda Tangan Simple, Keren, dan Berkesan (Huruf A-Z)

  • 6 min read
  • Agu 31, 2020
contoh tanda tangan

Contoh tanda tangan sangat wajib kamu ketahui, karena dalam proses pembuatan dokumen yang bersifat resmi pengguna signature ini hukumnya wajib, lho!

Pasalnya, tanda tangan itu menjadi befungsi sebagai alat identifikasi dan juga sebagai bentuk jaminan agar isis dari dokumen tersebut mempunyai kekuatan hukum yang sah (legal).

Tapi, tanda tangan juga bisa menjadi sebuah refleksi dari kepribadian pemiliknya sendiri. Sering sekali untuk memberi sebuah kesan pertama dalam sebuah dokumen resmi, tanda tangan juga memiliki peranan yang sangat penting.

Arti Tanda Tangan

Tanda tangan (nama lain: Signature, Autograph) pertama kali dikenal pada tahun 3100 sebelum masehi (SM) pada permukaan tanah liat di daerah Sumeria.

Akan tetapi, tanda tangan secara tertulis  baru ditemukan oleh tokoh sejarah yang bernama El Cid pada tahun 1098 Masehi.

Sekarang ini, tanda tangan memang benar-benar sudah memasuki jaman atau era keemasannya. Sebab, dengan ini merupakan menjadi bukti kuat dan tanda pengesahan bagi setiap orang dalam menyetujui sebuah pernyataan.

Adapun di dunia entertainment, tanda tangan ingin malah seringkali dipakai guna menyalurkan rasa simpatik ataupun kasih sayangnya kepada seseorang atau penggemarnya.

Kita ambil contoh saja seorang selebriti yang memberikan sebuah tanda tangan kepada fans-nya sebagai bentuk kasih sayang alias kenang-kenangan darinya.

Seseorang yang memiliki hobi mengumpulkan tanda tangan seringkali dijuluki sebagai Philography.

Sebelum admin Mahatekno membahas beberapa contoh tanda tangan keren alias yang bagus untuk dijadikan referensi, saya akan memberi sedikti saran, yaitu:

Saya sangat menyarankan agar kamu berhati-hati pada saat akan menandatangani sebuah dokumen. Budayakan untuk membacanya terlebih dahulu.

Pasalnya, tanda tangan di atas materai bisa menjadi suatu masalah di kemudian hari.

Sudah banyak sekali kejadian, lho! Seseorang yang tanda tangan diatas materai pada sebuah pernyataan atau dokumen lainnya tanpa membaca terlebih dahulu, padahal isi pernyataannya sangat merugikan atau memberatkannya.

Contoh Tanda Tangan Keren

Buat kamu yang mencoba membuat sebuah tanda tangan yang bagus, keren, unik dan cantik, kamu bisa mencoba melihat-lihat beberapa model tanda tangan  di bawah.

Tadinya, kumpulan tanda tangan di bawah ini akan saya urutkan dari A sampai Z, namun berhubung waktu saya sangat terbatas, jadi saya akan memuat tanda tangan dari orang-orang populer saja, seperti selebriti dan orang-orang yang berpengaruh lainnya di dunia.

Contoh Tanda Tangan Huruf A

contoh tanda tangan huruf a

Di atas kamu bisa melihat tanda tangan dari orang-orang sukses dan berpengaruh, diantaranya ada Arnold Scwarzeneger, Avril Lavigne, Adam Lambert, Ariana Grande, Adam Levine, Alysa Milano, Angelina Jolie, Adele, Alan Jackson, Ali Larter, dan juga Amanda Beard.

Dari 10 (sepuluh) tanda tangan selebriti di atas, Saya lebih suka dengan tanda tangan yang dibuat oleh teteh Avril Lavigne.

Sebab, menggunakan nama terang dan juga ditulis dengan huruf kapital yang menyimbolkan dia adalah salah seorang yang ambisius dan percaya dengan kemampuan yang dia miliki.

Contoh Tanda Tangan Huruf F

awalan huruf f

Buat kamu yang sedang mencari referensi atau contoh tanda tangan huruf F dari orang terhebat dunia, maka di atas kamu bisa melihat beberapa tokoh terkenal di dunia, yang diantaranya adalah:

  • Freddie mercury (vokalis Queen).
  • Frank sinatra (penyanyi solo yang sukses di era 1940-an).
  • Flea (bassist terbaik dunia).
  • Frank ribery (pemain sepak bola internasional Prancis, bermain di klub Buyern Munchen).
  • Fredy montero (pemain sepak bola profesional dari Kolombia).
  • Francisco pizarro (seniman dunia).
  • Farah fawcet (seorang pemeran wanita terbaik yang berkebangsaan Amerika Serikat.
  • Frank lampard (pemain sepak bola di team legendaris yaitu Chelsea).
  • Fidel castro (Perdana Menteri Kuba 1959-1976, kemudian menjadi Presiden Kuba mulai dari 1976 s/d 2008).

Contoh Tanda Tangan Huruf M

signature huruf m

Sedangkan untuk tanda tangan dengan awalan huruf M, kamu bisa menjadikan signature orang-orang hebat ini sebagai referensi (lihat gambar di atas) :

  • Milena Markovna “Mila” Kunis (Aktris terkenal dari negara Amerika Serikat).
  • Maaya Sakamoto (Penyanyi sekaligus pencipta lagu dari negara Jepang).
  • Marco Simoncelli (Pembalap MotoGP internasional asal Italia).
  • Diego Maradona (pemain sepak bola legendaris Argentina).
  • Madonna (penyanyi, aktris terkenal, dan juga pengusaha dari Amerika Serikat, dia juga terkenal dengan julukan “Ratu Pop”).
  • Maria Teresa (satu-satunya sang penguasa wanita yang pernah tercatat di dalam sejarah Habsburg. Dia juga yang menjadi penguasa terakhir Wangsa Habsburg).
  • Dan yang lainnya..

Contoh Tanda Tangan Huruf N

conroh tanda tangan huruf n

Di atas adalah tanda tangan dari tokoh atau selebriti yang terkenal di dunia, diantaranya Naomi, Nina, Nicole Scherzinger, Naomi Campbel, Nicolas Cage, Natasha, Nick Jonas, dan Nicole Kidman, serta Nicky.

Contoh Tanda Tangan Huruf R

conroh tanda tangan huruf r

Kalau kamu mencari inspirasi tanda tangan dengan awalan huruf R, maka di atas ada beberapa referensi, seperti tanda tangan milik Richard Hugh Ritchie blackmore (Gitaris legendaris dari Inggris, dia juga merupakan anggota grup band terkenal Rainbow dan Deep Purple).

Ryan, Randy Bblythe, Rachel, Rudy valley,R.lee Ermey, Rihanna, Regina king, dan juga Richard marx (musisi Jazz terkenal dunia).

Contoh Tanda Tangan Huruf S

huruf s

Terakhir ada kumpulan tanda tangan huruf S dari orang-orang sukses dan berpengaruh di dunia, diantaranya:

  • Steve Jobs (sang CEO & Founder Apple Inc.), saya suka teringat dengan kata motivasi darinya yakni “Stay hungry, stay foolish.“.
  • Sandra Bullock (seorang aktris, produser film dan juga filantropis dari Amerika Serikat). Karirnya naik daun mulai tahun 1990.
  • Shahrukh Khan (Aktor film Bollywood yang mendunia).
  • Scarlett Johansson (penyanyi sekaligus aktris terkenal dari Amerika).
  • Selena Gomez (aktris, penyanyi, sekaligus produser film).
  • Sam Huff (Gelandang sepak bola profesional Amerika).
  • Sam Smith (Penyanyi sekaligus pencipta lagu-lagu terkenal asal Inggris).
  • Salma Hayek (seorang Pameran Wanita terbaik dari negara Meksiko).
  • Steve Vai (Penyanyi, Gitaris, Pencipta lagu, sekagus produser terkenal).

Contoh Tanda Tangan Simpel

Untuk sebagian orang memang tidak mau pusing-pusing dalam membuat bentuk tanda tangan.

Banyak dari mereka yang lebih memilih untuk menggunakan tanda tangan simpel alias sederhana, bahkan terlihat sangat asal-asalan saja.

Hal ini sangat tidak direkomendasikan! Karena seperti yang sudah saya katakan di awal artikel, bahwa tanda tangan adalah sebuah refleksi dari kepribadian kamu sendiri.

Ada banyak sekali alasan orang-orang lebih memilih untuk menggunakan tanda tangan yang simpel.

Ada yang beralasan kalau tanda tangan tersebut sangat mudah diingat, gampang dibaca, dan sebagian lagi berasalan supaya mudah ditulis kembali.

Untuk itu, kamu perlu membaca apa saja kelebihan dan kekurangan tanda tangan simple. Silakan lanjutkan baca artikel ini sampai selesai.

Kelebihan Tanda Tangan yang Simpel

Berhubung tidak semua orang mempunyai daya ingat yang kuat, terutama dalam urusan tanda tangan.

Kadang-kadang, bentuk daripada tanda tangan ini tidak sama saat ditulis ulang, dikarenakan lupa dengan bentuk aslinya.

Bukan hanya itu, tanda tangan rumit memang membuat pemiliknya susah untuk menuliskannya kembali. Kita ambil contoh ketika akan menandatangani dokumen penting di bank (misalnya).

Karena saking ketatnya dalam urusan verifikasi data, tanda tangan nasabah harus sama persis dengan yang ada di identitas resmi kamu (KTP. KK, atau Paspor). Jika tidak, terkadang pengurusan dokumen tersebut akan ditolak mentah-mentah oleh pihak bank.

Sama halnya dengan artis atau selebriti terkenal  yang setiap harinya harus menuliskan sebuah tanda tangan untuk kenang-kenangan kepada para penggemarnya (fans).

Kalau saja dia lupa dengan bentuk tanda tangannya yang rumit, sudah dapat dipastikan itu akan memakan waktu yang sangat lama dan tentunya capek juga, hehe.

Sebagian besar orang (terutama orang tua dulu) lebih memilih tanda tangan yang simple dengan cara menuliskan namanya sendiri.

Hal ini bertujuan agar tanda tangannya mudah dibuat, dan juga mudah untuk dibaca serta ditulis kembali.

Kekurangan Tanda Tangan yang Simpel

Walaupun demikian, saya sangat tidak merekomendasikan agar kamu tidak menggunakan tanda tangan yang sangat simpel, mainstream, atau yang mudah ditiru oleh orang lain.

Pasalnya, hal ini sangat erat kaitannya dengan tingkat keamanan data-data penting dan riskan milikmu sendiri.

Jadi, tanda tangan yang simpel itu sudah tentu sangat mudah sekali untuk ditiru oleh orang lain, yakan?

Coba bayangkan sedikit, dalam sebuah dokumen penting dan resmi seperti halnya sertifikat tanah, surat pernyataan yang riskan, sudah tentu tanda tangan yang terlalu simpel akan sangat mudah sekali untuk dipalsukan.

Seperti yang dikatakan oleh sang Grafolog berkebangsaan Inggris yakni Tracy Russell, bahwa setiap tanda tangan itu mencerminkan kepribadian dari seorang pemiliknya.

Namun menurut penelitian, bahwa tanda tangan simpel itu menunjukan seseorang dengan pribadi yang sederhana, tegas, dan tidak neko-neko.

Mungkin beberapa waktu yang lalu, kamu sempat melihat berita yang viral mengenai tanda tangan pejabat (menteri) Indonesia yang sangat heboh sekali di dunia maya?

Ya, tanda tangan tersebut tidak lain adalah milik dari bapak Rudiantara (Menteri Komunikasi dan Informatika – Menkominfo).

Tanda tangannya hanya berupa garis yang berbentuk horizontal dengan sedikit lengkungan ke atas di bagian ujungnya.

Netizen sangat bertanya-tanyam mengapa pejabat sekelas menteri menggunakan tanda tangan yang simpel tanpa takut tanda tangannya dipalsukan?

Cara Membuat Tanda Tangan yang Bagus

Nah, jika kamu ingin tahu bagaimana cara membuat sebuah tanda tangan yang sempurna, bagus, dan aman, maka silakan kamu baca hal apa saja yang harus diperhatikan?

Untuk urusan bentuk, sikan kamu bisa membuat bentuk tanda tangan dari nama lengkap kamu sendiri. Kita ambil contoh saja tanda tangan dari Steve Jobs (CEO & Pendiri perusahaan Apple Inc.).

Beliau membuat tanda tangan dengan memperlihatkan nama lengkapnya (depan & belakang) secara jelas.

Hal ini menunjukan kalau dia adalah seseorang yang memiliki kepribadian percaya diri dengan kemampuan yang dia miliki.

Huruf Kapital yang Berani

Silakan kamu jadikan huruf awalan nama kamu dengan menggunakan kapital dan berukuran besar lebih dari huruf-huruf lainnya.

Penggunaan tanda tangan dengan huruf kapital ini menunjukkan bahwa pemiliknya memiliki jiwa ambisius dalam meraih apa yang mereka impikan.

Memberi Garis Bawah

Tanda tangan dengan menambahkan garis bawah ini menunjukkan kalau kamu adalah seseorang yang memiliki jiwa percaya diri yang sangat tinggi dan juga ambisius.

Memberi Simbol yang Tak Biasa

Untuk memberi keunikan tersendiri dalam tanda tangan yang kamu miliki, kamu bisa menambahkan sebuah simbol khusus seperti tanda tangan yang dimiliki oleh CEO & Founder Twitter, yakni Jack Dorsey.

Inisial Nama Anda

Tanda tangan dengan menggunakan inisial dari nama kamu sendiri itu lebih menonjolkan diri kamu dalam urusan bisnis, lho!

Kamu tahu Mark Zuckerberg? Ya, dia adalah CEO dari raja media sosial terbaik di dunia (Facebook).

tanda tangan mark zuckerberg

Menurut para pakar yang melakukan penelitian mengatakan kalau tanda tangan Mark ini menunjukkan seseorang dengan pribadi yang lebih menghargai privasi dan juga memiliki sifat mandiri.

Akhir Kata…

Namun, semua itu kembali pada pribadi diri kamu sendiri.

Terlepas dari ide-ide tanda tangan orang-orang sukses dan berpengaruh di dunia yang sudah saya tulis dan bahas di atas, yang sangat penting adalah kamu menyukai tanda tangan kamu sendiri.

Karena setiap goresan pena dari tangan kamu, ada sebuah kebanggaan dan juga kepuasan tersendiri yang tersirat di dalam diri kamu sendiri.

Benarkan?

Ingat kata pepatah, “Tidak ada satupun tanda tangan yang jelek, sebab itu akan selalu mencerminkan sebuah kepribadian pemiliknya. Tetapi bukan berarti kamu tisak bisa membuatnya terlihat lebih bagus, unik dan menarik.”

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *