dampak negatif internet
Edukasi

12+ Dampak Negatif Internet Bagi Setiap Penggunanya

Dampak negatif internet – Siapa sih yang tidak kenal dengan yang namanya internet? Hampir semua kalangan baik anak kecil maupun orang tua pasti mengetahui dan tidak terlepas dengan internet dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Dengan sejuta manfaatnya, internet pun mempunyai dampak negatifnya yang bisa dirasakan secara langsung oleh para penggunanya.

Adapun dampak negatif internet itu sendiri sangat banyak, dan dalam artikel ini mahatekno.com hanya akan mengulas 12 saja, silakan simak berikut ini.

Menyebabkan Kecanduan

Dampak negatif internet yang pertama adalah menyebabkan kecanduan bagi para penggunanya. Pengguna internet yang tidak bijak, mereka akan sering membuka berbagai jejaring sosial media ketimbang mencari informasi-informasi terbaru.

Dengan seringnya berkomunikasi di dunia maya, maka para pengguna internet pun akan mengalami kecanduan. Sedangkan kemampuan dalam berkomunikasi secara langsung atau nyata sendiri akan semakin terabaikan.

Selain kecanduan internet karena terlalu sering mengakses media sosial, bagi mereka yang sering bermain game online membuat para penggunanya menjadi kecanduan internet.

Kecanduan ini bukan hanya mengabaikan orang-orang disekitarnya, lebih dari itu akan membuat hari-hari mereka tidak produktif sama sekali. Dalam artian mereka mengabaikan kegiatan yang seharusnya mereka lakukan dalam kehidupan sehari-hari mereka.

P*rn*grafi

Selain membuat para pengguna kecanduan, dampak negatif dari internet sendiri adalah maraknya p*rn*grafi.

Di dalam internet sendiri terdapat berbagai macam informasi, konten menarik, serta konten-konten yang lainnya termasuk p*rn*grafi itu sendiri.

Bahkan tidak sedikit web-web menyediakan situs p*rn*grafi agar bisa dinikmati secara langsung maupun diunduh oleh para pengguna internet itu sendiri.

Banyaknya para pengguna internet yang sering mengunjungi situs tersebut, membuat konten p*rn*grafi tersebut menjadi semakin marak di situs-situs yang lainnya.

Bahkan media pun banyak yang memperdagangkan p*rn*grafi itu sendiri mulai dari p*rn*grafi yang berbau tulisan, gambar, video itu sendiri, bahkan sampai pada chat rooms yang berisikan sebuah fantasi maupun role playing yang disediakan oleh internet itu sendiri.

Kekejaman & Kesadisan

Selain ke dua dampak negatif di atas, dampak negatif internet selanjutnya adalah kekejaman dan kesadisan.

Salah satu yang tidak disadari dampak ini tidak disiarkan secara langsung oleh internet itu sendiri, melainkan dalam bentuk konten untuk kepentingan pribadi situs tersebut.

Secara psikologi sendiri sering melihat konten yang bersifat kekejaman dan kekerasan akan berpengaruh pada mental yang melihatnya.

Baca juga: 12+ Ide Usaha Yang Menjanjikan Keuntungan dan Penghasilan Besar

Perilaku Sosial Yang Menyimpang

Dampak negatif internet yang selanjutnya adalah perilaku sosial yang menyimpang. Perilaku sosial menyimpang tersebut diartikan kepada pelajar yang tidak mau bergaul dengan teman-temannya sendiri.

Ia cendrung menjadi seseorang yang senang dan lebih menikmati dunia maya tanpa menghiraukan lingkungannya, selain itu ia pun cenderung mengasingkan diri.

Perilaku sosial menyimpang yang lainnya akibat internet adalah merasa cemas, khawatir, serta ketidakpercayaan diri yang tinggi saat tidak membawa ponsel.

Prestasi Sekolah Yang Menurun

Bagi anak-anak yang sudah kecanduan internet, maka dampak yang akan dirasakan adalah prestasi sekolahnya yang menurun. Hal tersebut terjadi karena waktu yang seharusnya mereka gunakan untuk belajar malah digunakan untuk berselancar di internet. Hal tersebutlah yang membuat prestasi si anak menurun sangat drastis.

Perj*dian

Selain ke lima dampak negatif di atas, dampak selanjutnya akibat dari internet adalah perj*dian.

Karena di internet sendiri konten-konten perj*dian sama banyaknya dengan konten-konten yang berbau dengan p*rn*grafi.

Dengan adanya internet sendiri, perj*dian menjadi semakin luas, serta mudah diakses oleh siapa pun, kapan pun, dan dimana pun.

Perj*dian atau terkenal dengan istilah net gaming ini merupakan salah satu permainan yang menggunakan uang atau barang berharga yang digunakan sebagai bahan taruhannya.

Lebih parahnya, net gaming atau perj*dian ini bisa membuat seseorang kecanduan jika dilakukan secara terus menerus.

Selain itu, seseorang yang melakukan net gaming pun akan lebih besar berisiko mengalami kerugian. Bahkan bisa saja sampai dijerat hutang karena tidak bisa membayarnya.

Baca juga: 18+ Contoh Kata Kata Promosi Makanan di Instagram Yang Kreatif

Penipuan

Dampak negatif internet selanjutnya adalah penipuan. Bebasnya isi-isi konten yang muncul di internet tidak jarang berisi konten penipuan. Para penipu sendiri mendapatkan peluang serta cara baru dalam melancarkan aksinya tersebut.

Konten-konten penipuan sendiri biasanya berisikan sebuah sayembara yang mana para pengguna internet sendiri akan dinyatakan menang dan harus membayar terlebih dahulu lewat nomor rekening tertentu dengan dalih untuk mencairkan hadiah tersebut.

Penculikan

Maraknya penculikan yang diakibatkan oleh internet menjadi salah satu dampak negatif dari internet itu sendiri. Hal tersebut memang sangat tidak terduga, namun memang kenyataannya sering dilaporkan terjadi. Biasanya penculikan tersebut sering terjadi karena perkenalan lewat media sosial seperti facebook.

Suka Berbohong

Para pengguna internet yang sudah kecanduan dan masih duduk di bangku sekolah, maka mereka akan bersikap suka berbohong.

Misalnya saja, mereka akan bolos sekolah lalu diam-diam tanpa sepengetahuan orang tua akan pergi ke warnet untuk bermain game.

Selain itu sisa waktu yang mereka punya akan dihabiskan di warnet ketimbang dengan membantu orang tua atau belajar.

Yang lebih parahnya mereka berbohong kepada orang tua saat pergi ke warnet untuk mengerjakan tugas padahal kenyataannya mereka bermain game.

Baca juga: Contoh Tanda Tangan Simple, Keren, dan Berkesan (Huruf A-Z)

Kesehatan Mata Menjadi Terganggu

Dampak negatif internet selanjutnya adalah kesehatan mata menjadi terganggu. Hal tersebut terjadi karena kontak mata secara langsung dengan layar komputer, ponsel, atau laptop untuk menggunakan internet itu sendiri.

Jika mata terus-terusan dipaksa untuk berakomodasi terhadap layar tersebut, maka cepat atau lambat mata pun akan cepat rusak.

Dan jika hal tersebut dilakukan dalam jangka waktu yang cukup lama, kerusakan mata pun akan semakin bertambah parah.

Dampaknya sendiri kualitas prestasi akan menurunkan serta penglihatan pun menjadi minus. Mata yang minus diakibatkan karena penggunaan gadget yang terlalu lama.

Sehingga mata pun minim cahaya, karena kebanyakan cahaya yang masuk berasal dari gadget itu sendiri.

Dan mau tidak mau mata pun akan terus berakomodasi untuk menyesuaikan dengan kondisi cahaya yang ada.

Maka dari itu, memakai kaca mata minus menjadi solusinya.

Hacking

Selain ke sepuluh dampak negatif internet di atas, hacking pun menjadi salah satu dampak dari adanya internet itu sendiri.

hacking merupakan salah satu kegiatan menyusup pada sistem komputer milik orang lain tanpa ijin dari si empunya komputer tersebut.

Dengan menyusup ke dalam program tersebut, maka seorang hacker pun bisa leluasa mengambil, mengakses berbagai macam informasi dan mencurinya, menyusupkan virus serta melakukan tindakan yang tidak terpuji lainnya yang dapat merugikan.

Malas Beraktivitas

Dan dampak negatif internet yang terakhir adalah malas melakukan aktivitas. Para pengguna internet yang masih berstatuskan pelajar tentunya akan malas melakukan aktivitas.

Baik itu aktivitas yang berhubungan dengan mereka sendiri atau aktivitas yang berhubungan dengan orang lain.

Hal tersebut jika didiamkan terus menerus dan terlalu lama tidak baik juga untuk perkembangan si anak itu sendiri.

Baca juga: Kode Bank Mandiri Syariah: Cara dan Kode Transfer Antar Bank

Itulah beberapa dampak negatif internet yang sering terjadi di lingkungan kita yang bisa Mahatekno rangkum. Sebenarnya internet sendiri banyak sekali manfaatnya jika digunakan secara bijak.

Dengan penggunaan internet yang bijak, maka bukan dampak negatif yang akan kita dapatkan melainkan dampak-dampak positif lah yang akan kita dapatkan. Jadi, bijaklah dalam penggunaan internet itu sendiri, agar kita lebih banyak mendapatkan dampak positifnya ketimbang dengan dampak negatifnya.

Posted by
Fajar Muhsy

Seorang Blogger dan Internet Marketer. Suka menulis informasi terbaru seputar bisnis dan perkembangan teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *