Download Template CV (Curriculum Vitae) Menarik Gratis Terbaru 2020

  • 5 min read
  • Mei 14, 2020
download template cv

Mau melamar kerja, tapi bingung cara membuat Curriculum Vitae (CV) atau resume yang menarik perhatian HRD? Nggak usah khawatir! Kamu bisa download template cv terbaru secara gratis di sini.

File yang Mahatekno bagikan ini juga beragam, ada yang dalam format vector CorelDraw (CDR), PowerPoint (PPTX), dan juga Photoshop (PSD), tujuannya untuk memudahkan kamu dalam mengedit atau membuat Curriculum Vitae (CV) lamaran kerja.

Bahkan sebelum saya share file download template cv gratis Indonesia ini, saya juga akan memberikan penjelasan mengenai Curriculum Vitae (CV) alias resume beserta tips-tips lainnya agar CV-mu menarik perhatian sang HRD!

Curriculum Vitae (CV) atau Resume

Seperti yang saya kutip dari Wikipedia, Curriculum Vitae (CV) atau sering juga disebut Resume adalah sebuah lembaran yang sangat penting ketika seseorang pertama kali ingin melamar pekerjaan, terutama jika tujuan kerjanya di perusahaan besar atau terkenal.

Sejatinya, pihak perusahaan itu nggak suka dengan CV yang berisi biodata panjang lebar yang bertele-tele. Mereka lebih suka dengan CV yang singkat, padat dan jelas!

Tips Membuat CV Agar Mudah Diterima HRD

Membuat isi biodata yang singkat namun padat tentunya akan sangat mustahil sekali dilakukan oleh sebagian orang-orang, apalagi bagi yang belum berpengalaman dalam membuat CV.

Jangan khawatir! Soalnya sekarang kamu sedang berada di postingan yang sangat tepat!

Di artikel ini kamu bisa download template cv menarik secara gratis, Curriculum Vitae-nya juga sangat simpel (cuma 1 halaman), dan juga sangat mudah untuk diedit.

Buat Resume yang Relevan dengan Bidang Pekerjaan yang Kamu Lamar!

Jika kamu ingin melamar pekerjaan ke sebuah perusahaan, kamu harus mengisi biodata sesuai dengan bidang yang akan kamu lamar, lha mengapa harus demikian?

Pasalnya, sebagus apapun desain CV buatan kamu itu, atau seberapa banyak pengalaman kamu dalam urusan bekerja, jika ternyata kamu tidak memiliki skill sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan, 100% CV kamu tidak akan membuat tertarik HRD!

Sebagai contoh kecilnya, jika lowongan pekerjaan dari perusahaan sedang mencari seorang desainer atau programmer.

Namun si pelamar ini tidak memiliki kemampuan atau latar belakang di dunia komputer atau hal yang ada kaitannya dengan desain grafis atau programming, maka kemungkinann besar HRD akan menolak kamu.

Oleh sebab itu, carilah lowongan pekerjaan yang memang sesuai dengan bidang yang kamu kuasai. Kamu bisa mencari loker di website-website terpecaya di Google banyak kok!

Pada saat kamu mencari loker di situs lowongan kerja, pastikan kamu menggunakan email yang aktif dan lengkap dengan nama asli (profesional).

Jangan memakai nama asal-asalan atau lelucon, ya!

Ingat 3 Hal: Singkat, Padat dan Jelas

Seperti yang sudah saya singgung di atas tadi, kalau HRD itu lebih suka dengan isi CV yang singkat, padat dan jelas.

Pasalnya, jika CV kamu kepanjangan, HRD menjadi malas membacanya karena akan menghabiskan waktu yang sangat lama untuk membaca isi biodata kamu, terutama kalau pelamarnya banyak.

Pokoknya, jangan sampai HRD itu melewatkan CV kamu dengan alasan isinya terlalu panjang, ya.

Saran dari admin, buatlah CV kamu secara singkat, padat dan jelas, sehingga HRD bisa kagum dan tertarik dengan CV yang kamu buat, skuy!

Curriculum Vitae yang akan kamu download di bawah biasanya akan memiliki 6 bagian yang paling utama, diantaranya:

Data Diri : Kamu bisa mengisinya dengan nama lengkap (beserta gelar),  email, nomor handphone, akun sosial media, alamat lengkap, atau website (jika kamu memilikinya).

Data Pribadi : Bisa berisi tipe personality (MBTI), tempat dan tanggal lahir, status perkawinan (nikah atau belum), kebangsaan, serta bahasa-bahasa yang kamu kuasai.

Deskripsi Singkat : Silakan isi dengan penjelasan singkat mengenai latar belakang kamu, pendidikan, pengalaman, kelebihan, serta apa yang diharapkan kamu nanti (contoh: ingin mendapatkan pekerjaan sebagai staff administrasi atau yang lainnya).

Skill atau Keahlian yang Relevan : Cantumkan hard skill dan juga soft skill kamu di CV, namun harus sesuai dengan pekerjaan yang akan kamu lamar, ya!

Riwayat Pendidikan : Cantumkan juga sekolah atau universitas, jurusan/fakultas kamu, nilai IPK, serta periode tahun pendidikannya.

Pengalaman Kerja : Masukkan juga pengalaman kerja apa saja yang sudah pernah kamu jalani sebelum melamar ke perusahaan yang sekarang. Utamakan yang relevan dengan tujuan pekerjaan kamu sekarang!

Sedangkan buat kamu yang baru lulus menyelesaikan jenjang pendidikan dan belum memiliki riwayat pekerjaan (Fredh Graduate), kamu bisa skip yang satu ini!

Buat Design CV Kamu Se-menarik Mungkin

Percayalah, semua orang di muka bumi ini menyukai akan hal-hal yang sifatnya menarik, HRD juga sama kok!

Agar HRD tidak jenuh ketika melihat dan membaca biodata kamu, coba kamu buat desain CV kamu kamu sebagus mungkin agar terlihat menarik, namun jangan berlebihan juga.

Silakan kamu atur layout CV kamu agar menjadi terkesan rapih dan profesional. Perhatikan jenis font, ukuran dan juga warnanya.

Jangan sampai kamu mengatur font terlalu kecil atau warna yang terlalu terang/gelap yang membuat HRD perih matanya saat membaca CV kamu!

Sekarang ini banyak sekali aplikasi dan software yang bisa kamu gunakan untuk membuat dan mendesain CV sebagus yang kamu inginkan, baik menggunakan Corel Draw, Microsoft Powerpoint, MS Word, Adobe Ilustrator, Adobe Photoshop, dan lain-lain.

Jika kamu tidak menguasai semua seoftware di atas, kamu juga bisa menggunakan jasa desain CV di daerah terdekat kamu.

Nah, itu tadi 3 (tiga) poin penting yang tidak boleh kamu lupakan pada saat akan membuat CV untuk melamar pekerjaan di perusahaan impian kamu. Pastikan biodata kamu terisi dengan lengkap saat akan melamar kerja!

Baiklah, jika kamu sudah memahami tips-tips di atas, kamu bisa mendownload template resume atau CV-nya di bawah ini.

Download Template CV Menarik Secara Gratis (PPTX)

Mahatekno berhasil mengumpulkan 33+ template cv atau resume yang memiliki desain menarik, modern, serta kreatif untuk melengkapi lamaran kerja-mu.

Meskipun template yang dibagikan ini sifatnya gratis, namun menurut saya sendiri template ini mempunyai desain yang sangat elegan dan profesional.

Hal itu bisa dilihat dari segi bentuk tabel yang terorganisir dengan baik, serta bentuk kolom yang sangat rapih dan apik.

Template Curriculum Vitae (CV) ini juga sudah dilengkapi dengan tempat untuk menaruh pas foto kamu, serta telah dilengkapi dengan surat pengantar juga (cover letter).

Dalam pack ini, ada sekitar 20+ template cv dalam format Microsoft Word (DOCX), dan 10+ template resume format PowerPoint (PPTX), yang bisa kamu edit secara langsung di MS Word atau PowerPoint 2007, 2010, 2013 dan juga 2016.

Oiya, masing-masing template resume versi Word ini juga memiliki beberapa warna yang berbeda, serta ukuran kertas A4 dan Letter. Jika kamu nggak suka dengan warnanya, kamu bisa mengubah warna tersebut dengan pilihan warna yang kamu inginkan.

Download Template CV Menarik Secara Gratis (PSD)

Kamu termasuk salah satu pengguna software editing Adobe Photoshop? Jika benar, saya akan menyuguhkan file template cv atau resume khusus berformat PSD yang dapat kamu unduh secara gratis.

Untuk kamu yang memang belum paham dengan Photoshop juga tidak perlu khawatir, sebab software editing buatan Adobe ini memiliki tampilan yang sangat user friendly dan sangat mudah sekali untuk kamu pelajari.

Berikut ini beberapa CV dengan format PSD yang bisa kamu unduh secara gratis, diantaranya:

Template CV Menarik, Elegan, dan Profesional

template cv menarik

Mungkin admin tidak perlu menjelaskan secara rinci mengenai template yang satu ini, kamu bisa langsung mengunduhnya melalui link berikut ini:

Download Template CV Kreatif, Bikin HRD Kagum!

template cv kreatif

Masih ada lagi nih template cv kreatif buat kamu kamu yang memiliki jiwa minimalis dan simpel alias nggak suka dengan desain yang rame bercorak-corak, hehe.

Template Resume Keren Format PSD

template cv keren

Template CV Untuk Desainer

template cv desainer

Template yang satu ini sangat cocok sekali buat kamu yang ingin melamar kerja ke perusahaan percetakan digital, sablon, dan lain-lain.

Template Curriculum Vitae Menarik Hitam Putih

template curriculum vitae menarik

Buat kamu yang baru lulus sekolah atau kuliah dan punya rencana untuk melamar kerja di perusahaan manapun, coba kamu pakai template curriculum vitae menarik yang satu ini!

Download Template CV Menarik Secara Gratis (CDR)

Untuk CV (Curriculum Vitae) yang dikemas dalam format CDR, silakan tunggu update-nya dari admin, ya!

Semoga membantu, dan semoga kamu bisa lolos dari tahap wawancara (interview) serta bisa bekerja di perusahaan yang selama ini kamu impikan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *