Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store, Dijamin Kembali Lancar!

  • 3 min read
  • Mei 21, 2020
cara mengatasi download tertunda di play store

Banyak pengguna Android yang kebingungan dalam mencari cara paling ampuh untuk mengatasi masalah download tertunda yang kerap terjadi di Google Play Store.

Sebagai toko penyedia aplikasi resmi OS Android, Google Play Store adalah tempat yang sangat komplit buat kamu yang ingin menginstall berbagai aplikasi-aplikasi yang kamu butuhkan.

Walaupun saat ini sudah banyak sekali aplikasi yang ditawarkan oleh berbagai situs web pihak ketiga, namun Google Play Store tetap menjadi pilihan sebagian besar pengguna.

Pasalnya, Playstore merupakan tempat atau media yang paling aman untuk mengunduh dan menginstall aplikasi resmi dari developers aslinya.

Aplikasi apa saja yang kamu install dari Google Play Store, biasanya sudah diperiksa keamanannya terlebih dahulu oleh pihak Google sendiri sebelum aplikasinya terbit.

Sejatinya, penyaringan yang dilakukan oleh tim Google ini bertujuan agar semua aplikasi yang di playstore terbebas dari yang namanya virus dan juga malware.

Bukan hanya itu saja, Google Play Store juga akan membantu memudahkan kamu ketika sedang mencari aplikasi yang kamu butuhkan, agar tepat dengan spesifikasi gadget kamu.

Di Playstore kamu juga tidak hanya bisa menikmati aplikasi dan software android gratis saja, tetapi juga bisa membeli aplikasi pro (premium) dengan menggunakan kartu kredit, kartu debit, Google Play Store Voucher, ataupun potong pulsa secara langsung.

Google Play Store juga termasuk salah satu toko aplikasi yang sangat berguna sekali, tapi sayangnya terkadang kamu akan mendapatkan kendala teknis (error) ketika menggunakannya.

Salah satu masalah yang kerap terjadi adalah proses download dan instalasi aplikasi yang seringkali tertunda, bahkan di aplikasi resmi sekalipun!

Sebenarnya, hal ini terjadi bukan karena aplikasi Google Playstore-nya yang bermasalah, problem tersebut bisa saja muncul karena disebabkan oleh beberapa faktor.

Salah satunya bisa disebabkan oleh masalah jaringan internet, kesalahan kamu dalam memilih opsi download via wifi only, atau karena adanya data dan cache yang sudah kadaluarsa tapi masih tersimpan di aplikasi.

Kalau saja penyebab download tertunda playstore karena beberapa hal di atas, kamu bisa dengan mudah mengatasinya.

Pasalnya, pada kesempatan ini Mahatekno akan mengulas tuntas bagaimana cara mengatasi download tertunda di Google Play Store. Silakan simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store

Reset Konektivitas Jaringan Internet

Sebelum kamu menggunakan cara yang satu ini, alangkah baiknya kamu mengecek terlebih dahulu opsi daripada koneksi data internet yang kamu gunakan untuk mengunduh aplikasi.

Pada beberapa aplikasi, khususny pada aplikasi-aplikasi yang memiliki size/ukuran file yang besar, biasanya akan menyarankan pengguna untuk mengunduhnya dengan menggunakan jaringa WiFi only.

Jika kamu mencentang pengaturan ini, maka secara otomatis kamu tidak akan pernah bisa mengunduh dengan menggunakan koneksi internet dari data seluler, meskipun kuota kamu banyak!

cara mengatasi download tertunda di playstore

Gambar dikutip dari gadgetren.com

Buat kamu yang sudah terlanjur mengunduh atau install aplikasi dengan menggunakan konektivitas WiFi, kamu bisa membatalkan saja unduhan tersebut, lalu bisa mengulangi kembali dan hilangkan centang pada opsi menggunakan Wifi-nya.

Akan tetapi, jika kamu sudah menghilangkan opsi centangnya, namun masih saja download tertunda, kemungkinan besar titik permasalahannya ada pada koneksi internet yang kamu gunakan yang memang sedang gangguan.

Nah, jika penyebabnya karena hal ini, kamu bisa mereset kembali jaringan internet data seluler kamu.

Caranya cukup mudah sekali, kamu cukup aktifkan saja mode pesawat selama beberapa detik, kemudian matikan kembali airplane mode tersebut.

Kalau kamu belum tahu dimana letak untuk mematikan mode pesawat, kamu cukup membuka status bar notifikasi dengan cara menarik dari atas ke bawah.

Intinya, sebaiknya lakukan pengunduhan aplikasi yang gede di playstore hanya ketika sinyal internet kartu kamu bagus saja, kalau sedang jelek, coba cari dulu tempat yang sinyalnya kuat.

Bersihkan Cache Pada Aplikasi Google Play Store

Jika metode yang pertama tidak bisa mengatasi masalah download tertunda, berarti penyebabnya adalah karena ada file cache yang sudah kadaluarsa masih tersimpan di aplikasi tersebut.

Cache alias data sampah ini memang mempunyai peran penting dalam membantu jalannya sebuah aplikasi.

Jadi, aplikasi tidak perlu mencari atau membuat data baru lagi ketika kamu mengakses aplikasi tersebut secara berulang kali.

Akan tetapi, beberapa permasalahan yang seringkali terjadi pada aplikasi Android hampir semuanya disebabkan oleh cache aplikasi tersebut.

Pada contohnya, dengan fitur cache ini, aplikasi akan tetap menggunaka data sampah tersebut tanpa memperbaharui data yang ada di dalamnya, padahal si aplikasi mengharuskan untuk memperbaharui-nya.

Nah, hal inilah yang akan menjadi salah satu penyebab terjadinya download tertunta ketika sedang install aplikasi di Google Play Store.

Untuk mengatasi kasus seperti ini, kamu cukup bersihkan saja data atau file cache yang tersimpan pada aplikasi Google Play Store ataupun di semua aplikasi yang terinstall pada smartphone Android kamu.

Berikut di bawah ini adalah cara membersihkan cache pada aplikasi Google Play Store:

  1. Buka Setelan.
  2. Geser ke bawah dan klik menu yang bernama Kelola aplikasi.
  3. Kemudian cari dan klik aplikasi Google Play Store.
  4. Lalu klik opsi Penyimpanan, kemudian klik opsi Hapus cache.
  5. Selesai

playstore download tertunda

Bagaimana, sudah berhasil atau belum?

Restart HP Android

Jika kedua metode yang sudah saya paparkan di atas masih belum kunjung berhasil mengatasi masalah download tertunda di playstore, kamu bisa memulai ulang smartphone (restart).

Ini cuma reboot alias restart (mematikan HP kemudian menghidupkan-nya kembali), bukan reset pabrik, ya!

Dengan me-restart HP, itu akan menyegarkan kembali kinerja smartphone android kamu, karenan beberapa pengaturan aplikasi atau sistem yang sifatnya sementara akan dikembali ke setelan awalnya.

Oleh sebab itulah, cara yang satu ini menjadi salah satu solusi terfavorit yang paling banyak digunakan oleh pengguna android ketika mendapati error atau kendala yang terjadi pada HP.

Semoga membantu.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *