Fungsi Kartu ATM Untuk Apa Saja?

  • 4 min read
  • Nov 04, 2020
fungsi kartu atm

ATM (dalam bahasa Inggris: Automatic Teller Machine atau dalam bahasa Indonesia: Anjungan Tunai Mandiri) adalah salah satu mesin elektronik yang dirancang secara khusus untuk melayani nasabah bank dalam aktivitas penarikan uang tunai, melakukan transfer, pembelian dan pembayaran, serta memiliki fungsi untuk melakukan cek saldo rekening hanya dengan menggunakan kartu ATM saja.

Fungsi kartu ATM sendiri adalah untuk melakukan kegiatan transaksi perbankan tanpa harus melalui teller manusia, melainkan dilakukan hanya dengan sebuah mesin saja.

Fungsi dari kartu dan mesin ATM sendiri tentu saja bukan sesuatu yang aneh dan asing lagi bagi setiap orang, dimana saat ini hampir semua tempat umum mempunyai mesin yang satu ini. Entah itu di perkantoran, perumahan, sekolah, hingga tempat perbelanjaan. ATM tentunya sangat memudahkan nasabah untuk melakukan transaksi perbankan/keuangan. Tapi, apa saja fungsi kartu dan mesin ATM ini? Baiklah, dalam artikel ini Mahatekno akan mengulasnya secara detail.

Pengertian ATM

apa saja fungsi kartu atm

Sebelum saya memaparkan tentang fungsi daripada mesin ATM ini, saya terlebih dahulu akan membahas terlebih dahulu pengertian dan juga sejarah singkat mengenai alat penting yang satu ini.

Seperti yang sudah saya katakan di awal postingan, bahwa ATM ini adalah sebuah singkatan dari Anjungan Tunai Mandiri (bahasa Indonesia), atau Automatic Teller Machine (bahasa Inggris).

Sesuai dengan namanya, mesin ATM ini adalah alat pengganti daripada peran yang dijalankan oleh seorang teller alias karyawan bank dalam hal memberikan pelayanan keuangan atau perbankan kepada nasabahnya.

So, untuk melakukan transaksi seperti menarik uang tunai, transfer ke sesama atau antar bank, pembelian dan pembayaran kamu bisa melakukannya di ATM dengan menggunakan kartu tanpa harus mengantri di bank, terkecuali beberapa transaksi yang memang tidak bisa dilakukan di ATM.

Baca juga: Ingin Tahu Cara Membuat ATM BNI? Berikut Persyaratannya!

Sejarah Singkat Tentang ATM

atm adalah

Pertama kali ATM muncul ke permukaan adalah di beberapa negara bagian Amerika Serikat, beberapa negara di benua Eropa, dan di negara Jepang pada tahun 1950 s/d 1960. Sampai saat ini belum diketahui secara pasti siapa yang pertama kali menemukannya.

Akan tetapi, ada beberapa nama yang digadang-gadang sebagai penemu mesin ATM pertama kali, diantaranya adalah: Donald C Wetzel, James Godfellow, Barron, Luther Simjian dan John Stepherd.

Bukan hanya itu saja, bahkan ada beberapa perusahaan yang disebut-sebut sebagai penemu ATM, diantaranya yaitu Omron Tateisi, De La Rue, Asea – Metior dan Apeytec – Burroughs.

Pada awal mula ATM dibuat fungsinya hanya sebagai mesin pinjaman uang saja, yang mana orang-orang di masa itu bisa meminjam uang melalui mesin tersebut tanpa harus pergi ke bank.

Salah satunya ialah di Jepang, dimana ATM ini dijuluki sebagai Mesin Komputer Pinjaman yang mana bisa memberikan sebuah pinjaman uang dalam bentuk uang tunai.

Namun sekarang ini, mesin ATM ini bisa dipakai dengan cara memasukkan sebuah kartu ATM ataupun kartu debit/kredit dengan sebuah chip yang menunjukkan identitas asli dari pemilik kartu tersebut.

Baca juga: Syarat Buka Rekening BCA [+Jenis Tabungan dan Kartu ATM]

Fungsi dan Kegunaan Mesin ATM

kepanjangan atm

Nah, jika kamu sudah mengetahui definisi atau pengertian ATM dan juga sedikit tentang sejarah singkatnya, sekarang sudah saatnya kamu mengetahui kegunaan dan fungsi ATM ini untuk apa saja?

Baiklah, berikut di bawah ini adalah beberapa fungsi dan kegunaan daripada mesin ATM yang ada di Indonesia :

Tarik Tunai

Fungsi utama dari mesin ATM yang sangat familiar di kalangan para nasabah adalah menarik uang tunai kapanpun disaat nasabah tersebut butuh, bahkan 24 jam (nonstop).

Fungsi yang satu ini tentunya sangat memudahkan para nasabah ketika sedang butuh banget dengan uang tunai, apalagi sekarang ini ATM sudah tersebar dimana-mana bahkan di pedesaan sekalipun.

Dengan adanya mesin ATM ini, kita tidak harus datang ke kantor bank dan mengantri di teller yang lumayan lama.

Satu hal yang  harus kamu perhatikan adalah adanya batasan maksimal penarikan tunai melalui mesin ATM yang diterapkan oleh masing-masing bank terkait, atau istilahnya adalah limit transaksi tarik tunai.

Walaupun ada limit, sampai saat ini ATM masih menjadi salah satu pilihan terbaik dan termudah untuk penarikan tunai dalam jumlah minim, atau katakan saja saat keadaan darurat.

Alasan orang-orang lebih memilih mengambil uang tunai di mesin ATM adalah mudah dan tidak ribet, silakan bandingkan saja jika kamu mengantri panjang di kantor bank? Lama banget kan?

Baca juga: Cara Menghitung Break Even Point Mudah Dengan Rumus BEP

Setor Tunai

Bukan hanya bisa menarik uang tunai saja, kamu juga bisa memanfaatkan mesin ATM untuk setor tunai atau menabung ke rekening tabungan bank kamu, lho! atau kamu juga bisa mengirimnya ke rekening orang lain.

Sayangnya, tidak semua ATM mempunyai fasilitas untuk menyetor uang secara tunai langsung ini, namun di beberapa tempat umum yang ramai sudah banyak.

Dengan adanya fitur yang satu ini tentunya akan memudahkan nasabah yang ingin melakukan setor tunai. Hal ini tentu juga bisa menghemat waktu karena tidak harus mengambil antrian di teller bank.

Baca juga: Download Template CV (Curriculum Vitae) Menarik Gratis Terbaru 2020

Transfer Uang

Fungsi ATM yang ketiga adalah untuk memudahkan transaksi keuangan (transfer) para nasabah, baik untuk mengirim atau menerima uang dari sesama bank atau ke bank lain.

Fungsi ini sudah tentu bukan merupakan sesuatu yang aneh lagi, terutama buat sebagian orang yang sering melakukan belanja secara online di marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, BliBli, Lazada, JD.ID, dan yang lainnya.

Belanja online memang pada dasarnya akan menuntut kita untuk melakukan aktivitas transaksi tanpa bertatap muka satu sama lain, dan tentunya hal ini membuat kita harus membayar barang tersebut melalui transfer.

Baca juga: 18+ Contoh Kata Kata Promosi Makanan di Instagram Yang Kreatif

Bayar Tagihan

Dulu, untuk membayar tagihan bulanan listrik pascabayar (PLN) atau PAM saja harus datang langsung ke loket pembayaran resmi, namun kini kita bisa melakukannya melalui mesin ATM.

ATM memang mempunyai fitur yang akan memudahkan kita sebagai nasabah untuk membayar tagihan rutin bulanan tanpa harus datang langsung ke loket pembayaran resmi atau ke bank.

Sekarang ini, hampir semua jenis tagihan bisa dibayarkan lewat transfer ATM, namun ada juga beberapa penyedia jasa yang memang belum bekerja sama dengan bank yang kita gunakan.

Oiya, untuk jenis tagihannya sendiri bukan hanya PAM dan listrik saja, kamu juga bisa membayar tagihan telepon, kartu pascabayar, internet (WiFi), bayar asuransi Prudential atau yang lainnya, bayar iuran BPJS, sekolah, PBB, dan lain-lain.

Oiya, buat kamu yang ingin berbagi atau bersedekah, kamu juga memberikan santunan atau donasi lewat ATM ke lembaga yang kamu percaya.

Baca juga: 10+ Supermarket Korea Paling Ramai Pengunjung di Jakarta

Melakukan Pembelian Produk

Bukan hanya kegiatan transaksi perbankan saja lho yang bisa kamu bayar melalui mesin ATM, tapi kamu juga bisa membeli produk-produk lain yang tidak ada hubungannya dengan transaksi perbankan.

Kamu bisa membeli tiket kereta api, tiket pesawat, pulsa, paket kuota internet, tiket bioskop, dan berbagai produk lainnya melalui ATM.

Mungkin kamu tertarik juga untuk membaca salah satu artikel di bawah ini:

Akhir kata…

Itulah paparan mengenai fungsi dari kartu dan mesin ATM yang sering banget kita temukan dan sering digunakan oleh masyarakat sehari-sehari.

Dengan adanya mesin ATM ini adalah sebuah bukti dari kemajuan sebuah teknologi yang terus berkembang seiring berubahnya jaman.

Jika ada kesalahan dalam penulisan atau hal lainnya silakan untuk dikoreksi, beritahu admin melalui kolom komentar yang sudah disediakan di bawah.

Semoga bermanfaat!

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *