greater jakarta
Edukasi

Apa Itu Greater Jakarta? Ini Penjelasan Tentang Nomor Awalan +6221

Baru-baru ini banyak sekali pengguna smartphone yang mendapatkan panggilan dari Greater Jakarta atau Jabodetabek dengan nomor +6221 atau 021.

Ketika mendapatkan panggilan masuk dari nomor yang tidak dikenal atau nomor yang aneh, kebanyakan pengguna bahkan tidak mau menerima atau mengangkat panggilan tersebut.

Alasannya sangat beragam, ada yang merasa terganggu dengan panggilan tersebut, takut akan terjadinya penipuan, dan lain-lain.

Apa itu Greater Jakarta?

Pada kesempatan ini admin Mahatekno akan mencoba membahas mengenai apa itu greater jakarta, pengertian dan tujuan greater jakarta.

Terus, mengapa greater ini sering sekali mengganggu dan menelpon pada jam-jam kerja kantor? Kenapa greater jakarta tidak menelpon dihari libur atau diluar jam kerja (misal malam hari)?

Seperti yang sudah sering terjadi, biasanya greater ini melakukan panggilan ke nomor kamu dengan menggunakan nama “Greater Jakarta” atau dengan menggunakan kode nomor telepon indonesia seperti +6221******** atau 021*******.

Buat kamu yang belum tahu arti greater jakarta? Apa maksud dan tujuannya? Apakah berbahaya jika mengangkat telepon dari nomor +6221 atau greater jakarta?

Baiklah, jawabannya sudah saya siapkan secara detail dan lengkap di bawah ini, silakan kamu simak baik-baik.

Nomor +6221 atau 021

Perlu kamu ketahui, bahwa nomor +6221 adalah nomor awalan dari telepon kabel, baik itu telepon rumah, kantor, atau nomor telepon seluler.

Sebenarnya nomor +6221 itu sama saja dengan nomor 021. Mengapa saya katakan sama? Begini, kedua nomor tersebut sama-sama merupakan awalan dari nomor telepon kabel, dan ketika melakukan panggilan angka 0 akan berubah menjadi angka +62.

Saran saya sendiri, kamu nggak usah takut atau khawatir untuk menerima panggilan dari nomor yang berawalan 021 ataupun+6221, karena kebanyakan perusahaan ataupun instansi menghubungi calon karyawan atau panggilan interview dengan nomor tersebut juga.

Jadi, kalau kamu sudah memasukkan lamaran pekerjaan ke salah satu instansi atau perusahaan, jangan sampai kamu tidak menjawab telepon dari nomor greater jakarta, bisa saja itu panggilan interview atau ada hal lain terkait lamaran kamu.

Pengertian Greater Jakarta

Greater jakarta adalah salah satu petunjuk yang mempunyai arti kalau orang yang menelpon kamu tersebut berasal dari wilayah JABODETABEK (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan/atau Bekasi).

Yups, +6221 adalah kode telepon kabel dari wilayah tersebut!

Jadi, itulah yang dimaksud dengan greater Jakarta dan alasan menggunakan nomor atau kode telepon 021 atau +6221.

Lantas, jika kita mendapatkan panggilan masuk dari nomor tersebut, angkat, tolak atau biarkan saja?

Saran dari saya pribadi, sebaiknya kamu angkat saja panggilan tersebut, siapa tahu itu merupakan panggilan dari tempat kerja yang kamu lamar atau dari pihak bank atau dari pihak perusahaan yang akan menawarkan kerjasama.

Namun, berdasarkan pengalaman admin sendiri, kebanyakan panggilan dari nomor tersebut adalah seorang marketing yang menawarkan produknya seperti produk, jasa, atau asuransi dan yang lainnya.

Kamu juga jangan langsung percaya dengan apa yang dikatakan oleh orang yang menelpon dengan greater Jakarta, karena ada juga pihak yang melakukan modus penipuan dengan nomor tersebut.

Sebagai bahan antisipasi, silakan kamu simpan saja nomor Call Center atau Customer Service (CS) tersebut di kontak kamu. Jadi, jika itu memang panggilan penting kamu bisa menghubunginya kembali.

Cara Menjawab Panggilan dari Greater Jakarta

Jika saja kamu mendapat panggilan masuk dari nomor Greater Jabodetabek tersebut, janganlah kamu menanyakan dengan siapa? atau dari mana? Karena biasanya mereka kan mengatakan dari Bank Anu, Operator Anu atau dari CS Asuransi Anu.

Jika kamu merasa kalau panggilan tersebut asing, kamu bisa menyangkal panggilan tersebut dengan beberapa cara di bawah ini.

Misalnya, kamu mendapat panggilan dari operator X yang menawarkan paket atau layanan gratis, kamu jawab saja:

Oh, mohon maaf untuk saat ini saya sedang tidak membutuhkan paket/layanan gratisan, paket internet saya masih banyak.

Kalau kamu mendapat panggilan dari asuransi X, kamu cukup katakan saja:

Okeh mbak atau mas, nanti saya hubungi kembali ke nomor CS-nya, saya sangat asing dengan nomor telepon ini.

Aatau jika ternyata si penelpon tersebut memberitahukan kalau kamu mendapat undian berhadiah dari layanan yang tidak jelas, kamu jawab saja:

Gimana, saya dapat undian hadiah? Apa hadiahnya untuk saya, mobil, motor, rumah, kulkas, atau uang tunai? Baiklah, saya cek email dan nanti saya telpon CS-nya.

Namun, jika seseorang dari panggilan tersebut berkata: “Selamat pak, anda berhasil diterima di perusahan kami, besok bapak sudah bisa mulai bekerja atau masuk kantor pukul 08.30 WIB”.

Jangan tanya bagaimana harus menjawab telepon tersebut, ya 🙂 Karena jika kamu sebelumnya pernah memasukkan lamaran atau interview di perusahan tersebut, sudah jelas hal ini yang kamu tunggu bukan?

Contoh Nomor Greater Jabodetabek

Di bawah ini akan saya sajikan juga beberapa contoh nomor greater jakarta (jabodetabek) yang biasa suka menelpon, diantaranya:

  1. +622180648777
  2. 02130505555
  3. +622140003333
  4. 02130033038
  5. +622124163343
  6. 02180631000
  7. +622129752100
  8. 02129752300

Tidak sedikit dari mereka yang menelpon dengan menggunakan nomor greater Jakarta ini mengatasnamakan sebuah perusahaan tertentu, yang memang belum pasti kebenarannya.

Yang ujung-ujungnya, biasanya menawarkan produk atau jasa. Tapi, jika kamu tidak membutuhkan apa yang ia tawarkan, cukup matikan atau tutup saja telponnya langsung.

Sebagai catatan: Saya tidak bisa mengecap kalau itu panggilan dari penipu, sebab menipu atau tidaknya itu tergantung dari pihak yang menelpon. Jadi, hati-hati itu sangat penting bukan untuk berjaga-jaga.

Bagaimana, apakah sekarang kamu sudah paham dengan maksud apa itu Greater Jakarta? Jika memang jawaban yang saya sajikan ini kurang, kamu bisa menambahkannya di kolom komentar, ya 😀

Posted by
Fajar Muhsy

Seorang Blogger dan Internet Marketer. Suka menulis informasi terbaru seputar bisnis dan perkembangan teknologi.

20 Replies to Apa Itu Greater Jakarta? Ini Penjelasan Tentang Nomor Awalan +6221

  1. HARI INI TGL .. 27 – 5 – 2021 ..SAYA BARU SAJA DITELPON .. DENGAN ALASAN KARTU PRAKERJA ..DAN NO KTP DAN SERTIFIKAT PRAKERJA SAYA DIMINTA … NO LAHH SAYA KASII

    1. Hai, dika..
      Sebenarnya tidak semua greater Jakarta itu penipu. Namun ketika kita dapat panggilan dari nomor +6221 atau 021, kita harus pintar-pintar menilainya.. Karena banyak juga penipu yang menggunakan nomor greater Jakarta tersebut.

  2. Thankyu atas infonya emang sangat mengganggu baru saja saya ditelpon greater tapi saya nggak angkat takut penipuan sekali lagi terima kasih atas sarannya

  3. Baru saja saya di telepon dari greater,saya angkat dia memanggil nama saya ya saya jawab iya,, terus dia membacakan alamat saya ya saya jawab betul,, kemudian dia bertanya lagi pengirimannya jam kerja atau sewaktu waktu ya saya jawab terserah, habis itu dia bilang ok,, ya saya jawab terima kasih
    Saya tidak belanja online,,, cuma kemarin saya pas main game, game seperti roullet cuma isinya HP, uang dan hadiah yang tidak di tentukan,,, waktu saya star kemudian saya dapat box hadiah dan di dalamnya itu ada hadiah sesuatu terus ada tombol ambil saya klik saja,, terus muncul tulisan disuruh mengisi nama, alamat, no.tlpn,,, ya saya isi saja,, cuma alamatnya saya isi dengan alamat perusahaan saya

    1. Halo kang Didik, sebaiknya hati-hati dalam membuka halaman website yang alamat/link/tautannya tidak jelas, terutama yang menyuruh memasukkan data pribadi dengan iming-iming hadiah HP, Voucher, atau Uang Tunai, dan lain-lain.

      Karena takutnya website tersebut akan menyalahgunakan data-data pribadi, dan lebih ngeri lagi kalau website tersebut adalah phising.

  4. Barusan saya dapet telepon dari greater Jakarta dia bilang saya meminjam uang dari anu pdhal saya gak meminjam nya sama sekali dan tempat tinggal saya juga bukan di Jakarta.

  5. Kak mau nanya nih kan bapak dapat no telepon dengan kode 0221 / +6221 nah di hpnya itu bisa identifikasi nomor setelah di identifikasi ada tulisan penipuan terus harus gimana kak orangnya dah nelfon 2 kali nomornya +622150407140

    1. halo azma,
      kemungkinan besar itu adalah nomor penipu, solusinya abaikan saja panggilan dari nomor tersebut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

  6. Kak saya dapat telepon dengan id “greater jakarta” Terus yang bicara di telepon itu suaranya kayak robot gimana itu kak?

  7. Barusan saya jg dapat telfon dr greater jakarta, pas saya angkat cuma musik yang keluar, gak ada suara lain.. Itu gimana ya?

  8. Kak tadi saya di telfon greater jakarta mengatasnamakan akulaku dan mau data saya,,itu penipuan apa gak sih kak,,setahun saya akulaku tdk ada no greater jakarta

    1. Hati-hati dengan panggilan yang mengatasnamakan akulaku, kalau bisa segera konfirmasi dan tanyakan kebenarannya melalui call center akulaku di nomor berikut 1500920.

  9. Saya ditelfon oleh nomor greater tapi saya tidak angkat karena takut penipuan, tapi setelah saya cari tahu di google ternyata itu no perusahaan yg pernah saya melamar disana, kalau seperti itu bagaimana ya? Apakah saya telefon balik atau tetap menunggu ditelfon lagi ya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *