kata kata promosi sekolah
Marketing

Kata Kata Promosi Sekolah di Masa Pandemi (SD, SMP, SMA/SMK)

Contoh kata kata promosi sekolah – Seperti yang kita ketahui, ilmu pengetahuan itu sangat penting sekali untuk kelangsungan hidup manusia baik di dunia maupun akhirat.

Semua orang tua pasti akan selalu berusaha untuk memasukkan anak-anak mereka agar bisa menempuh pendidikan ke lembaga pendidikan atau sekolah yang berkualitas dan sudah terbukti berhasil mencetak generasi unggul.

Karena jika saja salah dalam memilih sekolah atau lembaga pendidikan, maka secara tidak langsung akan membuat masa depan anak menjadi buruk.

Sekarang ini, kita tidak disulitkan dalam mencari sekolah sekalipun di masa pandemi virus corona (covid-19) ini. Gedung sekolah dan kampus sudah bisa kita temukan dengan mudah di setiap daerah, bahkan sampai ke pedesaan sekalipun.

Akan tetapi yang menjadi salah satu kendalanya adalah bagaimana kita bisa yakin kalau sekolah atau kampus tersebut berkualitas dan cocok sesuai dengan yang kita inginkan?

Untuk meyakinkan orang tua atau wali murid terhadap kualitas lembaga pendidikan atau sekolah bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Oleh sebab itu, kamu harus paham bagaimana cara meyakinkan masyarakat terkait kualitas lembaga pendidikan (sekolah atau kampus) yang kamu tawarkan, bukan hanya sekedar promosi dengan kata kata manis saja.

Untuk itu, selain berfokus pada proses peningkatan kualitas pendidikan, kamu juga harus bisa meningkatkan cara promosi sekolah di masa pandemi ini agar banyak orang tertarik untuk masuk ke sekolahmu.

Cara Membuat Kata Kata Promosi Sekolah Yang Menarik

Dalam artikel kali ini, Mahatekno akan mencoba membagikan beberapa tips cara membuat dan menyusun kata kata promosi sekolah di masa pandemi untuk penerimaan peserta didik baru (PPDB).

Baiklah, berikut ini ada beberapa tips dan trik yang bisa kamu lakukan agar sekolah atau kampus kamu beken:

Gunakan kalimat ajakan yang halus agar lebih sopan

Dalam pembuatan kalimat promosi sekolah, kamu jangan menyamakannya dengan kata kata promosi makanan, ya! Ketika membuat iklan sekolah atau lembaga pendidikan seperti kursus dan lain-lain, kalimat persuasif yang bersifat agresif itu terasa kurang cocok untuk digunakan, seperti penambahan kata tunggu apalagi? Ayo, daftar sekarang juga!

Agar lebih meyakinkan wali murid, kamu bisa menyusun kata-kata promosi dengan kalimat persuasi yang halus dan sopan, namun tetap mempunyai penekanan yang jelas. Contoh iklan persuasif untuk mempromosikan sekolah ialah sebagai berikut:

  1. Marilah bergabung bersama kami, demi mewujudkan sistem pendidikan yang lebih baik dan modern.
  2. Jangan sampai lupa, batas akhir pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) tanggal 1 Juni 2021, kamu sangat menunggu putra/putri Anda!

Bagaimana, sangat mudah sekali bukan cara membuat atau menyusun kalimat ajakan secara halus itu?

Selanjutnya, jika iklan tersebut dibuat dalam bentuk banner atau spanduk, kamu juga harus memperhatikan posisi dan tempat untuk memasang iklan tersebut, karena tempat yang strategis juga akan sangat mempengaruhi ke-efektifan dari iklan tersebut.

Contoh posisi yang bagus dan strategis untuk memasang iklan promosi sekolah adalah di pertigaan atau perempatan jalan utama dekat gedung sekolah atau kampus atau bisa juga di depan bangunan sekolah.

Oiya, memasang spanduk promosi sekolah di sekitar gedung sekolah yang jenjangnya di bawah sekolah kita juga sangat bagus. Misalnya, kamu mempromosikan sekolah jenjang SMA dengan memasang iklan di sekitar sekolah SMP/MTS.

Baca Juga:Contoh Iklan Pendidikan Lengkap Beserta 5+ Gambarnya

Lead promosi harus dibuat se-menarik mungkin

Lead merupakan bagian pertama dalam sebuah rangkaian iklan. Letaknya sendiri umumnya yang dibuat paling mencolok atau dicetak tebal (bold).

Kalau dalam artikel sendiri, lead itu adalah judul atau title. Keberadaan lead ini sangat penting sekali karena yang menentukan apakah orang-orang akan lanjut membaca iklan kamu atau tidak.

Oiya, tidak ada ketentuan sama sekali tentang bagaimana lead iklan itu harus dibuat. Intinya, semakin kreatif kamu membuat lead, maka akan semakin banyak juga orang yang tertarik dengan iklan tersebut.

Berikut ini adalah contoh kalimat promosi sekolah yang dibuat dengan mencantumkan keunggulan dari lembaga pendidikan tersebut, seperti:

  1. Anak kesayangan kamu susah untuk belajar dan malah kecanduan gadget? TK Nurul Anwar siap membantu mengatasinya!
  2. Sedang mencari universitas yang sesuai dengan passion kamu? Universitas Indonesia saja, ada banyak jurusan yang bisa kamu pilih sesuai keinginan kamu!
  3. Di masa pandemi ini bingung mau kuliah dimana yang produktif tanpa harus ke kampus? Universitas Siber Asia (UNSIA) adalah salah satu perguruan tinggi yang menerapkan sistem full online learning, jadi kuliahnya cukup di rumah saja!

Beberapa contoh iklan di atas fokus pada masalah yang sedang dialami oleh orang tua murid dan calon peserta didik, dan penawaran tersebut akan menjadi sebuah solusinya.

Baca Juga: 20+ Contoh Kata Kata Untuk Mengajak Donasi Yang Menarik

Tampilkan motto sekolah agar iklan terlihat lebih elegan

Masing-masing lembaga pendidikan atau sekolah pastinya mempunyai sebuah motto pendidikan yang dijadikan sebuah asas dan juga tujuan diadakannya kegiatan belajar-mengajar di dalamnya.

Dalam sebuah promosi sekolah, kalimat motto ini tidak boleh kamu anggap remeh, karena hal ini sangat penting agar orang tua/wali murid bisa tahu tujuan utama dari sekolah yang kita tawarkan.

Biasanya motto pendidikan ini diletakkan tepat di bawah lead (*dalam iklan). Untuk pembuatan motto sendiri itu hampir sama dengan slogan yang mana dibuat secara singkat namun mewakili tujuan.

Berikut beberapa contoh motto pendidikan sekolah yang bisa menarik hati wali murid:

  1. Terwujudnya peserta didik yang GESIT (reliGious, Enterpreneurship, Smart, Inovative, Trustworthy) pada tahun 2024 (motto/visi SMK Negeri 1 Campaka).
  2. Belajar, Beramal, dan Berbakti!
  3. Tujuan Utama Dalam Pendidikan Bukanlah Ilmu, Melainkan Aksi atau Tindakan.
  4. Berkomitmen dalam mencetak lulusan yang kompeten dan mampu bersaing di dunia kerja.

Di atas adalah beberapa contoh kata kata motto dalam promosi sekolah yang mana motto ini menggambarkan  tujuan utama didirikannya lembaga pendidikan atau sekolah tersebut.

Sekolah yang memiliki motto yang bagus dan jelas, itu artinya lembaga pendidikan atau sekolah tersebut menunjukkan komitmen mereka dalam menyelenggarakan kegiatan belajar mengajarnya.

Baca Juga: Cara Penulisan Gelar yang Benar Sarjana, Magister, Diploma [Lengkap]

Tonjolkan keunggulan sekolah

Kalimat dalam sebuah iklan atau promosi yang singkat memang suatu keharusan. Jadi, kamu harus bisa memilih aspek-aspek apa saja yang harus dimasukkan dalam promosi tersebut.

Begini, kalau misalkan kamu memiliki 7 keunggulan dibanding sekolah lain, kamu jangan memaksakan untuk menuliskan semuanya dalam iklan. Karena terlalu banyak menuliskannya bukan membuat orang tertarik, malah akan membuat merekan malas untuk membacanya.

Kamu bisa fokus menampilkan 4 atau 5 poin keunggulan dari sekolah yang kamu promosikan, misalnya seperti ini:

Keunggulan sekolah SMK ………. diantaranya:

  1. Tenaga pengajar yang sangat ahli di bidangnya, semua guru minimal lulusan S1 dan sudah memiliki pengalaman mengajar lebih dari 10 tahun.
  2. Program beasiswa pendidikan bagi muridyang berprestasi (ranking 1, 2, dan 3 di kelas).
  3. Bebas sewa uang gedung.
  4. Fasilitas penunjang untuk belajar yang sangat lengkap: perpustakaan, mushola, lab komputer, kantin, perangkat alat musik, lapangan bola, basket, voli, tenis, dll.

Jangan lupa juga untuk menambahkan foto atau gambar pendukung dari setiap keunggulan tersebut, agar terlihat lebih menarik.

Baca Juga: Contoh Iklan Keluarga Yang Cocok Untuk Semua Kalangan

Gunakan bahasa yang singkat tapi mudah dimengerti

Dalam membuat naskah iklan, penggunaan bahasa yang singkat dan mudah dimengerti itu sangat dibutuhkan sekali. Karena bahasa yang panjang dan bertele-tele hanya akan membuat pembaca iklan tidak tertarik untuk melihatnya.

Jadi, kaidah dalam membuat iklan yang paling efektif itu ada 3 (tiga) aspek utama yaitu menggunakan kalimat promosi yang pendek namun mudah untuk dimengerti,  menyisipkan gambar pendukung yang relevan dengan isi, dan sampaikan iklan sekolah dengan penuh kejujuran.

Dengan menggabungkan tiga aspek tersebut, saya yakin akan banyak orang tua atau wali murid yang akan tertarik untuk memasukkan anak-anaknya ke sekolah yang kamu promosikan.

Oiya, hindari juga untuk menggunakan kata-kata bombastis alias yang bertele-tele, contohnya seperti ini:

  • Anda masih bingung menentukan sekolah SMK/MA/SMA terbaik untuk putra-putri Anda?
  • Wah, wah, wah, ada yang baru nih !!!
  • dan sejenisnya yang bersifat bombastis.

Bagaimana, sangat mudah sekali bukan cara menyusun dan membuat kalimat atau kata kata promosi sekolah dalam penerimaan siswa baru?

Intinya, jangan sampai lembaga pendidikan atau sekolah yang memiliki reputasi yang baik tidak didukung dengan teknik promosi yang baik. Karena hal tersebut bisa membuat kualitas sekolah atau lembaga pendidikan itu jadi sangat sulit untuk dikembangkan.

Baca Juga: Syarat Buka Rekening BCA [+Jenis Tabungan dan Kartu ATM]

Cara Promosi Sekolah Yang Paling Efektif

cara promosi sekolah

Promosi menggunakan spanduk

Sampai saat ini, spanduk termasuk salah satu cara promosi sekolah yang sangat ampuh dan paling banyak digunakan. Bentuk dan desain spanduk tersebut relatif, usahakan dibuat agar terlihat unik, menarik, dan berkesan.

Jangan lupakan juga untuk memberikan semua informasi penting terkait keunggulan dan prestasi sekolah, dan pasang spanduk tersebut di lokasi yang benar-benar strategis agar mudah dilihat oleh orang-orang.

Menyebarkan brosur promosi

Metode promosi sekolah selanjutnya yang tidak kalah menarik adalah menyebarkan brosur. Kamu bisa memulainya dengan menyiapkan desain dan mencetak brosur sebanyak mungkin, kemudian bisa menyebarkannya ke murid-murid yang akan segera lulus dari pendidikan sebelumnya.

Baca Juga: Download Template CV (Curriculum Vitae) Menarik Gratis Terbaru 2020

Memanfaatkan media sosial

Di masa pandemi covid-19 (wabah virus corona) seperti sekarang ini, semua orang dipaksa untuk berdiam diri di rumah dan menjauhi yang namanya kerumunan, sehingga promosi secara online melalui media sosial sangat berpeluang sekali.

Media sosial atau medsos memang sudah menjadi tempat atau platform yang sangat cocok sekali untuk melakukan promosi di berbagai hal. Bukan hanya berjualan online saja, media sosial juga bisa kamu manfaatkan untuk promosi sekolah atau universitas, lho!

Promosi secara langsung (door to door)

Cara promosi sekolah versi lama ini memang masih populer digunakan hingga saat ini karena dipercaya ampuh dalam merekrut peserta didik baru.

Caranya yaitu dengan melakukan promosi secara door to door, mulut ke mulut, atau mengadakan pertemuan dengan masyarakat umum untuk sosialisasi terkait sekolah atau lembaga pendidikan yang kamu tawarkan dengan memberitahukan keunggulan dan prestasi sekolah tersebut.

Baca Juga: 18+ Contoh Poster Niaga Tentang Makanan, Minuman dan Sabun

Bekerja sama dengan sekolah atau lembaga pendidikan yang lain

Cara promosi sekolah yang terakhir adalah menjalin kerjasama dengan sejumlah sekolah lain. Begini, misalnya kamu mempromosikan sekolah menengah kejuruan (SMK), maka kamu bisa menjalin kerjasama dengan sekolah SMP atau MTs.

Dengan cara ini, nantinya pihak sekolah SMP/MTs yang bekerja sama, akan membantu mempromosikan sekolah SMK kamu ke muri-murid atau ke orang tua/walinya.

Akhir kata…..

Demikianlah informasi yang bisa saya bagikan dalam artikel kali ini terkait contoh kata kata dan cara promosi sekolah yang menarik. Semoga bisa berguna dan bermanfaat.

Posted by
Fajar Muhsy

Seorang Blogger dan Internet Marketer. Suka menulis informasi terbaru seputar bisnis dan perkembangan teknologi.

One Reply to Kata Kata Promosi Sekolah di Masa Pandemi (SD, SMP, SMA/SMK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *