Kode Bank Mandiri Syariah: Cara dan Kode Transfer Antar Bank

  • 5 min read
  • Nov 17, 2020
kode bank mandiri syariah

Kode Bank Mandiri Syariah – Semua bank yang ada di Indonesia memiliki sebuah kode transfer yang berfungsi untuk memudahkan nasabah dalam melakukan transfer antar bank. 

Kode bank ini wajib digunakan ketika nasabah akan melakukan transfer ke rekening bank lain yang berbeda bank, misalnya dari bank BCA ke Mandiri Syariah.

Jadi, bisa kita ambil kesimpulan kalau fungsi dan kegunaan kode bank ini guna memudahkan transaksi transfer antar bank, entah itu melalui ATM, SMS, Mobile ataupun Internet Banking.

Kode transfer ini hanya digunakan ketika akan melakukan transfer antar bank. Sedangkan jika melakukan transfer ke rekening dengan bank yang sama, nasabah tidak perlu menggunakannya.

Secara umum, kode bank itu terdiri dari 3 (tiga) digit angka. Setiap bank mempunyai kode transfer yang berbeda, termasuk bank Mandiri Syariah yang merupakan perusahaan di bawah naungan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang berhasil meraih penghargaan sebagai bank syariah terbaik di Indonesia.

Sudah menjadi rahasia umu kalau bank Mandiri Syariah ini mempunyai banyak sekali layanan perbankan yang jadi sebuah solusi untuk warga masyarakat di Indonesia.

Salah satu layanan perbankan dari Mandiri Syariah adalah untuk menabung, investasi (deposito syariah), bahkan ada tabungan haji yang bertujuan mewujudkan mimpi nasabah untuk bisa berangkat ibadah haji dan umroh ke tanah suci.

Salah satu kelebihan dari bank Mandiri Syariah jika dibandingkan dengan bank konversional lainnya adalah memakai prinsip syar’i (syariah), yang mana menggunakan akad mudharabah muthlaqah.

Prinsip yang satu ini digunakan oleh pihak bank sesuai dengan ajaran agama islam, sehingga semua nasabah dapat terhindar dari yang namanya riba.

Memang, tujuan masyarakat menabung dan berinvestasi di bank Syariah adalah agar terhindar dari RIBA.

Bicara soal riba, mungkin kamu sudah tahu dan paham tentang apa itu RIBA? Oleh sebab itu, mahatekno.com tidak akan membahasnya dalam artikel ini.

Namun, yang akan saya paparkan saat ini adalah kode transfer bank Mandiri Syariah yang mana kode tersebut sangat penting sekali agar seseorang atau kamu bisa transfer uang ke bank tersebut.

Yuk, kita simak bersama ulasan lengkapnya berikut di bawah ini :

Kode Bank Mandiri Syariah

Sama seperti bank konversional lainnya, bentuk kode transfer bank Mandiri Syariah ini terdiri dari tiga digit angka, hanya saja angkanya yang berbeda.

Kode bank Mandiri Syariah adalah 451.

Kode ini bisa kamu gunakan untuk transfer uang ke dari berbagai bank yang ada di Indonesia atau luar negeri, misalnya dari bank BCA, BTPN, BTN, BRI, BNI, Mandiri, BJB atau bank yang lainnya ke bank Mandiri Syariah.

Jika mentransfer uang ke bank Mandiri Syariah dari bank lain tanpa menggunakan kode tersebut, maka sudah bisa dipastikan kalau proses transfernya akan gagal.

Oleh sebab itu, pastikan kamu memasukkan 3 digit kode tersebut terlebih dahulu sebelum melakukan transfer uang ke bank Mandiri Syariah, baik itu melalui ATM, SMS, Internet atau Mobile Banking.

Nah, buat kamu yang memang belum mengetahui tentang bagaimana cara transfer uang ke rekening bank Mandiri Syariah, kamu bisa perhatikan panduan lengkapnya di bawah ini.

Cara Transfer Ke Bank Mandiri Syariah

Melakukan transfer ke rekening yang berbeda bank, maka nasabah diharuskan untuk menyertakan kode bank tujuan guna mengidentifikasikan bank tujuan yang akan menerima transfer.

Jika kamu melakukan transfer di aplikasi bank BTPN Jenius, atau menggunakan layanan internet banking biasanya kode bank tujuan akan keluar secara otomatis. Jadi, kamu tidak perlu memasukkan kembali 3 digit kode tersebut.

Akan tetapi jika kamu melakukan tranfer antar bank melalui mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri), maka kode bank tujuan harus dimasukkan secara manual tepat di depan nomor rekening tujuan.

Yang sangat disayangkan adalah, banyak sekali nasabah yang belum tahu cara memasukkan kode bank yang benar. Untuk itu, kamu bisa memperhatikan langkah-langkah berikut :

  1. Kunjungi gerai ATM terdekat sesuai dengan rekening yang kamu miliki.
  2. Masukkan kartu ATM kamu dengan posisi yang benar ke dalam slot card yang tersedia.
  3. Kemudian kamu pilih bahasa Indonesia atau Inggris.
  4. Lalu kamu masukkan 6 (enam) digit PIN ATM kamu (*pastikan kamu memasukkan PIN ATM dengan benar, sebab jika salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali, maka kartu ATM kamu akan terblokir secara otomatis oleh sistem).
  5. Kemudian di layar monitor akan muncul beberapa menu yang bisa kamu pilih. Untuk mentransfer uang, silakan pilih opsi Transaksi Lainnya lalu tekan tombol Transfer.
  6. Selanjutnya, kamu pilih menu Antar Bank Online.
  7. Kemudian kamu akan disuruh untuk memasukkan kode bank dan nomor rekening tujuan transfer (Kode transfer ke bank Mandiri Syariah: 451). Contohnya: 45101234567890 (Merah: kode bank — Biru: nomor rekening).
  8. Kamu juga bisa melihat kode bank tujuan transfer melalui mesin ATM dengan memilih opsi Daftar Kode Bank yang di di pojok bawah bagian kanan.
  9. Setelah memasukkan kode bank + nomer rekening, sekarang kamu tinggal masukkan nominal (jumlah uang) yang akan ditransfer, lanjutkan dengan menekan tombol Benar.
  10. Selanjutnya, di monitor akan muncul informasi tentang nomor rekening, bank, dan nama pemilik rekening tujuan, beserta total nominal yang akan kamu transfer, jika dirasa sudah benar silakan pilih opsi YA.
  11. Tunggu proses transfer sampai selesai, hingga mesin mengeluarkan struk bukti transfer berhasil.
  12. Terakhir, silakan kamu ambil kartu ATM kamu kembali.

Informasi tambahan: Sebenarnya daftar kode bank yang ada di Indonesia itu bisa kamu lihat melalui mesin ATM secara langsung. Tapi, hanya sedikit orang yang mengetahuinya, karena merasa sulit saat mencarinya.

Nah, sesudah kamu mengetahui kode transfer bank Mandiri Syariah, maka kamu bisa langsung melakukan transfer dari bank lain ke rekening tersebut.

Perlu kamu ketahui, bahwa kode bank ini berlaku untuk mentransfer antar bank dari seluruh bank-bank yang ada di Indonesia, entah itu dari bank konversional ataupun bank Syariah ke bank Syariah Mandiri.

Baca juga: Cara Cek Saldo BRI Lewat HP: SMS, Mobile dan Internet Banking

FAQ

Buat kamu yang merasa kebingungan, coba kamu perhatikan sesi tanya jawab berikut ini:

Berapa kode bank Mandiri Syariah?

Kode transfernya adalah 451.

Mengapa proses transfer gagal?

Mungkin kamu salah memasukkan kode transfer dan nomor rekening, jadi pastikan kamu memasukkan kode bank tepat di depan nomor rekening tujuan.

Apakah bisa melakukan transfer ke bank lain tanpa kode?

Tidak bisa, sebab kode bank ini berfungsi sebagai identitas dari rekening tujuan. Namun, dibeberapa layanan seperti di aplikasi Jenius (bank BTPN) kamu tidak perlu memasukkan kode bank, lho!

Apakah kode bank Mandiri Syariah sama dengan Mandiri Konversional?

Beda. Kode bank Mandiri konversional: 008, sedangkan Syariah Mandiri adalah: 451.

Apakah kartu ATM Mandiri Syariah bisa dipakai di ATM Mandiri?

Bisa, kok!

Apa itu transfer SKN Mandiri Syariah?

Jalur transfer SKN atau jalur transfer Lalu Lintas Giro (LLG) adalah salah satu metode transfer antar bank (ke bank lain) yang bisa memakan waktu sangat lama. Uang yang kamu kirimkan dengan menggunakan jalur ini, biasanya akan masuk ke penerima dengan estimasi waktu 2 sampai 3 hari kerja.

Berapa biaya transfer dari Mandiri ke Mandiri Syariah?

Kamu akan dikenakan biaya transfer antar bank (bank lain) sebesar Rp6500,- per satu kali transfer.

Berapa biaya transfer dari BSM ke Mandiri?

Kamu akan dikenakan biaya Rp6500 per transfer. Sedangkan untuk cek saldo, tarik tunai, ubah/ganti PIN, transfer ke sesama Bank Syariah Mandiri (GRATIS).

Bisakah saldo ATM Mandiri dikosongkan?

Tidak bisa, sebab ada minimum saldo yang mengendap untuk semua rekening bank, baik Mandiri atau yang lainnya. Jadi, tidak bisa dikosongkan hinggan Rp0,-

Berapa minimal saldo di ATM Mandiri Syariah?

Saldo minimum rekening tabungan BSM (setelah transfer/penarikan) adalah Rp50.000 (dengan ATM), dan Rp20.000 (tanpa ATM).

Apa itu transfer SKN dan RTGS?

SKN (singkatan dari: Sistem Kliring Nasional) dan RTGS (kepanjangan dari: Real Time Gross Settelement) adalah metode pembayaran atau transfer uang yang diselenggarakan oleh pihak Bank Indonesia (BI).

Artikel lainnya yang mungkin kamu sukai:

Itulah sedikit informasi yang bisa saya sampaikan terkait kode transfer bank Syariah Mandiri (BSM).

Silakan kamu catat terlebih dahulu kode tersebut (451) ketikan akan mengirim uang ke bank Mandiri Syariah dari bank lain.

Semoga membantu 😀

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *