strategi branding online
Content Placement

Inilah 5 Tips Membangun Brand Bisnis Online Secara Efektif dan Ampuh

Membangun brand bisnis online bukanlah hal yang semestinya dilewatkan oleh setiap pemilik usaha. Terlebih lagi kita bersaing dengan kompetitor yang semakin banyak jumlahnya dan tingginya minat masyarakat terhadap belanja online. Tanpa branding yang bagus di digital marketing, pasti lebih sulit untuk bersaing dan mengembangkan bisnis ke depannya.

Tujuan dari membangun brand bisnis online adalah memperkenalkan merk Anda agar bisa diketahui oleh banyak orang, sekaligus menanamkan kepercayaan dibenak calon konsumen agar lebih tertarik dan yakin untuk melakukan pembelian.

Ketika brand bisnis sudah dikenal oleh masyarakat, pada akhirnya membantu bisnis berkembang secara optimal. Anda pasti tidak ingin dong penjualan stagnan dan hanya sebatas itu-itu saja? Simak apa saja strategi branding online di bawah ini.

Tips Membangun Brand Bisnis Online Secara Efektif

strategi branding online

Mengoptimalkan Akun Sosial Media

Melihat bagaimana perkembangan sosial media beberapa waktu belakangan, rasanya sayang sekali apabila Anda tidak memanfaatkan akun sosial media untuk mempromosikan bisnis. Ini adalah lahan potensial untuk memperluas jangkuan konsumen sekaligus mendapatkan pelanggan loyal.

Membangun brand bisnis online di sosial media ada dua pilihan, yaitu gratis dan berbayar. Anda bisa memilih membayar iklan apabila sudah memiliki skill beriklan cukup, budget dan target penjualan besar.

Sementara itu, untuk pemula bisa melakukan metode gratisan. Yaitu dengan memperbanyak followers dan interaksi yang luas bersama pengguna lain. Metode ini sebenarnya tidak kalah efektif dari beriklan, hanya saja membutuhkan waktu relatif lama untuk membuahkan hasil maksimal.

Instagram, TikTok, Facebook, Twitter dan lain-lain memiliki pengguna aktif yang siap membeli produk bisnis Anda.

Baca Juga: Cara Membuat Kata Kata Promosi Parfum Untuk Jualan dan Contohnya

Rajin Membuat Video di YouTube

Sama seperti sosial media, YouTube memiliki basis pengguna aktif sangat besar. Menemukan konsumen dari platform sharing video ini bukanlah sesuatu yang mustahil, bahkan sangat mungkin. Perhatikan bagaimana brand-brand ternama rela membayar iklan demi bisa tampil di video YouTube.

Manfaat lain adalah lebih meyakinkan calon konsumen terhadap produk Anda. Seseorang yang melihat video produk memiliki persentase lebih besar untuk membeli karena percaya, daripada sekedar melihat foto produk.

Oleh karena itu, membangun brand bisnis online di YouTube sangatlah dianjurkan. Anda bisa menjangkau lebih banyak calon konsumen sekaligus membuat konsumen lebih percaya.

Memanfaatkan Press Release

Press release pastinya sangat berguna untuk menjangkau lebih banyak calon konsumen. Selain karena memiliki kredibilitas yang baik disisi pembaca, traffic dari website press release juga sangatlah besar. Hal itu tidak lepas dari hobi kebanyakan orang membaca berita online.

Apa yang disampaikan oleh media-media besar lebih dipercaya masyarakat, daripada dari website lainnya. Ketika produk Anda diulas lewat press release, kegiatan branding menjadi lebih berkualitas dan kredibel.

Baca Juga: 5+ Cara Efektif Meningkatkan Penjualan Online

Menulis Postingan Tamu di Website

Meskipun press release jauh lebih kredibel daripada website biasa, bukan berarti mempromosikan bisnis di website tidak penting. Ini adalah cara murah untuk memperbanyak ulasan produk. Ketika calon konsumen mencari nama produk di Google, maka akan tampil banyak website yang mengulas.

Dengan demikian, konsumen merasa lebih percaya. Beda cerita apabila konsumen mendapatkan informasi produk terbatas. Mereka pasti banyak kecurigaan dan ragu untuk membeli.

Aktif di Forum yang Relevan

Strategi branding online terakhir adalah dengan aktif di forum. Sekarang ini ada banyak forum di internet yang membahas tentang suatu topik. Sebagai contoh, bergabunge forum-forum anime apabila Anda jualan kaos anime.

Ikuti setiap obrolan dan aktif berkomentar di forum, membuat nama Anda terkenal. Nah, di profil Anda bisa mengisi bio singkat dengan link toko online dan memberitahu produk dagangan.

Demikianlah lima tips membangun brand bisnis online secara efektif di tahun 2021. Semoga bermanfaat.

Posted by
Fajar Muhsy

Seorang Blogger dan Internet Marketer. Suka menulis informasi terbaru seputar bisnis dan perkembangan teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *