membangun usaha cafe
Content Placement

Mau Membangun Usaha Cafe? Persiapkan Dulu 7 Hal Ini

Memiliki usaha cafe kelihatannya sangat menyenangkan, bisnis ini pun kerap kali dijadikan usaha sampingan yang menjanjikan. Dibalik manisnya keuntungan usaha cafe, ada begitu banyak jerih payah yang dituangkan oleh pemiliknya saat membangun dan mengembangkannya.

Sama seperti bisnis lainnya, cafe yang jadi usaha kuliner ini butuh banyak strategi untuk memulai dan mengembangkannya. Jangan harap usaha cafe kamu akan sukses besar jika tidak melakukan persiapan. Apa saja persiapan yang harus kamu penuhi? Yuk, simak di artikel mahatekno yang satu ini!

7 Persiapan Penting dalam Memulai Usaha Cafe

Menjamurnya bisnis cafe tidak hanya terjadi di kota besar, beberapa cafe bahkan didirikan di wilayah pinggiran bahkan pedesaan. Bisnis ini banyak dilirik karena tidak membutuhkan modal besar namun peminatnya cukup tinggi.

Kebiasaan nongkrong yang kini jadi budaya hampir di seluruh masyarakat memicu banyaknya cafe dibuka. Kamu bisa memanfaatkan budaya nongkrong inipun untuk memperoleh penghasilan. Tentunya dengan berbagai persiapan seperti berikut.

Mempersiapkan Modal

Hal utama dalam bisnis adalah modal, ada dua jenis modal yang diperhatikan yaitu modal awal dan modal berjalan. Selama cafe belum memperoleh keuntungan kamu harus memiliki sumber modal yang memadai supaya usaha bisa terus berjalan.

Modal bisa didapatkan dari tabungan, dana patungan bersama teman atau bisa juga kredit di bank. Hanya saja jika ingin kredit kamu harus menyesuaikan dengan kemampuan membayar nantinya.

Membuat Konsep

Konsep yang dibuat ini haruslah memiliki ciri khas yang berbeda dari cafe-cafe yang sudah ada. Misalnya saja kamu ingin membuat cafe yang konsepnya tradisional, maka jenis makanan dan minuman pun harus disesuaikan.

Nantinya konsep ini akan menyelaraskan antara desain tempat, jenis makanan sampai dengan bagaimana kamu menciptakan suasana. Contohnya saja musik sampai seragam karyawan.

Baca Juga: 17+ Contoh Iklan Minuman Segar dan Sehat yang Menarik Minat Pembeli

Manajemen Cafe

Kamu mungkin tidak memiliki ilmu manajemen tapi bukan berarti tidak dapat mempelajari. Belajarlah ilmu manajemen kemudian lengkapi kafe dengan peralatan yang memudahkan manajerial.

Peralatan yang dimaksud bisa berupa mesin kasir hingga software akuntansi. Kamu bisa menemukan pilihan aplikasi kasir cafe seperti Majoo yang sudah dilengkapi juga dengan sistem inventory.

Kamu bisa memanfaatkan Majoo untuk menjaga kebutuhan stok cafe agar sampai habis. Begitu juga untuk memantau penjualan sehingga memudahkan menciptakan strategi penjualan ke depannya.

Menentukan Menu

Sesuai dengan konsep yang sudah dirancang kamu juga harus mempersiapkan menu apa saja yang akan dijual. Pemilihan menu ini memang tidak bisa standar dan kamu perlu menciptakan menu yang menjadi speciality dari cafe yang ingin dibangun.

Setelah menu sudah ditentukan, giliran soal harga. Kamu harus bisa menyesuaikan harga dengan jenis menu sekaligus daya beli masyarakat yang ada di sekitar. Daya beli ini bisa disesuaikan dengan target konsumen.

Memilih Supplier

Besar kecilnya skala cafe yang hendak kamu buat tidak akan terlepas dari masalah supplier. Dari manakah kamu akan mendapatkan pasokan bahan baku untuk membuat kopi, teh, atau makanan yang sudah jadi menu tetap.

Pastikan kamu mendapatkan supplier yang memberikan kualitas barang terjaga sekaligus dengan harga yang sesuai. Jika perlu supplier bersedia mengantarkan barang sampai ke cafe jadi kamu tak perlu repot untuk bolak balik mengambil.

Baca Juga: Contoh Kata Kata Untuk Merekrut Reseller Yang Bagus dan Menarik

Karyawan

Persiapan yang tak kalah penting adalah soal pekerja. Tidak perlu langsung merekrut belasan orang jika kamu hanya akan membuka cafe skala kecil. Sebuah cafe mini hanya membutuhkan minimal 2 orang sebagai permulaan.

Jika perlu pilihlah pekerja part time. Sistem paruh waktu ini memberikan beberapa keuntungan seperti keringanan pembayaran gaji.

Materi Promosi

Jauh sebelum membuka cafe akan lebih baik jika kamu sudah merancang sistem promosi. Langkah ini diperlukan untuk merencanakan besaran biaya untuk marketing. Jika kamu ingin usaha cafe segera diketahui oleh masyarakat maka perlu memasarkan di sosial media.

Belum lagi promosi pembukaan cafe seperti promo buy one get one atau diskon. Perencanaan promosi yang matang ini juga dibutuhkan agar tidak terjadi pemborosan. Sedangkan dana bisa dimanfaatkan untuk keperluan lainnya.

Apa saja yang sudah kamu persiapkan dari ketujuh daftar ini? Jika belum mulailah dari awal, karena persiapan ini sangat penting sehingga jangan sampai ada yang terlewat.

Posted by
Fajar Muhsy

Seorang Blogger dan Internet Marketer. Suka menulis informasi terbaru seputar bisnis dan perkembangan teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *