nama cv yang bagus
Marketing

6+ Tips Memilih Nama CV yang Bagus dan Bermakna

Memilih nama perusahaan adalah satu dari sekian banyak persiapan yang penting dilakukan oleh setiap pemilik bisnis. Ini akan menjadi identitas usaha Anda kedepannya, sehingga harus dipikirkan sebaik mungkin. Menemukan nama CV yang bagus dan bermakna tentu menjadi impian setiap orang. Apakah Anda juga demikian? Agar tidak pusing silahkan simak beberapa tips dari Mahatekno berikut ini.

Tips Memilih Nama CV yang Bagus dan Bermakna

Meskipun sampai saat ini masih banyak orang yang menyepelekan pentingnya sebuah nama, Anda jangan seperti itu. Taruhlah Anda memakai nama perusahaan asal-asalan, dampak yang langsung dirasakan adalah kurangnya kepercayaan dari calon klien.

Tentu masih banyak konsekuensi apabila memakai nama CV yang ngawur. Pahami dahulu langkah-langkah berikut supaya tidak bingung.

Hindari Penggunan Kata yang Mirip Perusahaan lain

Hal pertama yang perlu Anda ingat dalam menentukan nama perusahaan adalah sebisa mungkin hindari kata-kata yang sudah dipakai oleh perusahaan lain. Terlebih lagi nama pasaran yang sudah umum dipakai seperti “Sinar”, “Citra” , “Mandiri” , “Cahaya” , “Abadi”.

Menghindari pemakaian kata-kata tersebut bertujuan supaya Anda tidak dituduh menjiplak. Untuk melakukan riset Anda bisa memanfaatkan situs Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual dan internet.

Baca Juga: Download Template CV (Curriculum Vitae) Menarik Gratis Terbaru 2020

Singkat, Mewakili Produk dan Unik

Memilih nama CV yang bagus bertujuan supaya bisnis Anda mudah dikenal oleh khalayak ramai. Oleh karena itu, penting memilih nama yang singkat dan mewakili isi produk. Jangan terlalu panjang, karena mudah membuat orang lupa.

Menurut aturan wajib, sebuah perusahaan harus mempunyai nama yang tersusun dari sedikitnya tiga angka. Khususnya untuk perusahaan-perusahaan lokal, supaya berbeda dengan perusahaan asing.

Rangkaian tiga kata ini bisa dipilih sesuai selera, tidak mewajibkan memiliki arti saling berhubungan. Anda bisa saja membuatnya dari nama pribadi dan mitra bisnis atau lainnya. Tentu sangat dianjurkan menyertakan bidang bisnis yang digeluti, supaya masyarakat lebih mengenal perusahaan Anda.

Sebagai contoh, perusahaan Anda bergerak di pemasaran online. Maka jangan lupa menambah embel-embel “digital marketing”. Semisal “PT. Andalas Terampil Digital Marketing ”. Silahkan sesuaikan sendiri menurut bisnis dan kreatifitas masing-masing.

Unsur-unsur unik sebenarnya hanya optional saja, namun apabila berhasil mendapatkannya lebih bagus. Sebab, orang-orang lebih mudah mengingat sebuah nama yang menurut mereka jarang ditemukan.

Baca Juga: Tips Memilih Nama Usaha yang Bagus dan Contohnya

Jangan Menggunakan Karakter atau Angka

Meskipun untuk memilih nama CV yang bagus harus unik, bukan berarti Anda bisa sembarangan memakai karakter dan angka. Seperti “PT. Indah [email protected] Properti” atau “PT. C1pta Mekar Jaya”.

Menggabungkan Dua Kata

Jika Anda memperhatikan dengan jeli, sekarang banyak perusahaan startup yang memakai gabungan dua kata. Seperti ‘GilaBola’, ‘RuangGuru’, ‘TemanJalan’ dan ‘NetPlasa’. Ide seperti ini bisa menghasilkan nama-nama yang bagus.

Namun, Anda harus menemukannya secara teliti. Sehingga hasil penggabungan enak dibaca, pas dan mempunyai ciri khas.

Mengambil Referensi di Kamus

Ketika ide Anda sudah mentok dan tidak kunjung menemukan ide yang bagus, maka silahkan buka kamus. Disana tersedia banyak sekali kosa kata yang bisa dijadikan pilihan. Tidak harus selalu kamus bahasa Indonesia, bisa bahasa Inggris, Arab dan lain-lain.

Baca Juga: Contoh Kata Kata Mengajak Subscribe dan Cara Promosi Channel Efektif

Menggunakan Sinonim

Terakhir, Anda bisa memakai sinonim dari sebuah kata supaya unik dan tidak plagiat. Semisal Anda ingin menambahkan kata “Abadi”, maka bisa mengganti dengan “Lestari” atau ‘’Kekal”. Contoh lain, ketika ingin menambah kata “Kompeten”, maka bisa mengganti dengan “Perkasa” atau “Teguh”.

Demikianlah pembahasan ringkas mengenai beberapa tips memilih nama CV yang bagus dan bermakna. Kira-kira, apakah Anda sudah memiliki gambaran besarnya atau belum?

Posted by
Fajar Muhsy

Seorang Blogger dan Internet Marketer. Suka menulis informasi terbaru seputar bisnis dan perkembangan teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *