nama usaha yang bagus
Bisnis

Tips Memilih Nama Usaha yang Bagus dan Contohnya

Memberi nama usaha adalah langkah awal yang sangat penting dilakukan ketika Anda sedang merintis bisnis. Meskipun sekarang ini usaha Anda masih berstatus rumahan atau baru merintis, memikirkan nama sebagai brand utama tentu perlu dilakukan. Apabila masih bingung, simak deh contoh nama usaha yang bagus dan artinya ala Mahatekno berikut ini.

Layaknya memberikan nama kepada seorang anak, menentukan nama bisnis tentu tidak boleh sembarangan. Selain memperhatikan berbagai aspek dari segi bisnis, bagaimanapun juga sebuah nama adalah doa. Harapan dari pemilik terhadap usaha yang sedang dijalankan.

Di internet ada banyak referensi kumpulan nama usaha yang bagus dan unik. Seperti yang dijelaskan pada pembahasan dibawah ini.

Nama Perusahaan Mengandung Doa

Menentukan nama sebagai brand untuk kedepannya merupakan gerbong awal sebuah bisnis. Inilah yang menjadi identitas usaha Anda sekarang dan sampai puluhan tahun mendatang. Selain memilih nama unik, tidak sedikit pengusaha memilih memberikan nama perusahaan mengandung doa.

Salah satu contohnya sebagai berikut:

Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (perusahaan di bidang olahan pangan). Pada susunan kalimat ini ada kata Sukses dan Makmur. Dari kedua kata tersebut bisa langsung diketahui bahwasannya pemilik berharap perusahaannya sukses dan memberikan kemakmuran bagi banyak orang.

Baca Juga: Biaya Franchise Indomaret Terbaru 2021 dan Persyaratannya

Cara Menentukan Nama Perusahaan yang Bagus

Tidak bisa dipungkiri, menemukan nama perusahaan yang bagus dan artinya membawa keberuntungan memang bukanlah perkara mudah. Terlebih lagi membuat nama yang belum pernah dipakai sebelumnya.

Ketika mendaftarkan brand atau merek bisnis ke Kemenkumham, bisa jadi ada 10 pendaftar lain yang mengajukan nama sama. Namun itu tidak mengapa, justru melatih pikiran agar lebih kreatif. Berikut beberapa tips penting untuk memilih nama perusahaan:

1. Mengecek Ketersediaan Nama Brand

Setiap kali menemukan ide untuk memberikan nama bisnis, Anda perlu mencatatnya di selembar kertas. Kemudian mengeceknya ke website resmi https://pdki-indonesia.dgip.go.id.

Jangan sampai nama brand Anda sama seperti bisnis lain. Hal ini akan menjadi masalah ketika bisnis Anda sudah berkembang besar di masa mendatang. Pastikan nama brand yang Anda pilih belum terdaftar sebelumnya.

2. Memilih Nama yang Singkat

Hindari penggunaan nama brand yang terlalu panjang, karena itu susah diingat orang. Pilih saja nama brand yang singkat, contohnya saja ABC. Semua orang pasti hafal betul dengan batu baterai ABC.

Tidak harus 1 kata, Anda bisa juga memakai 2 kata. Sebagai contoh, Istana Es sebagai brand untuk menjual minuman segar. Dengan promosi yang benar, Istana Es berhasil menjadi penjual minuman terkenal di daerah saya.

Anda sudah memiliki gambaran umumnya bukan? Sekarang tinggal mengkreasikan ide menurut kreatifitas masing-masing.

Baca Juga: Contoh Tanda Tangan Simple, Keren, dan Berkesan (Huruf A-Z)

3. Mengandung Makna Positif

Setiap orang pasti menginginkan nama usaha yang bagus dan artinya bermakna positif. Oleh karena itu, sebaiknya menghindari pemilihan kata-kata yang mengandung konotasi negatif. Seperti nasi goreng setan, tahu pedas gila dan lain-lain.

Justru tidak mengapa memakai nama hewan, asalkan berkonotasi positif. Sebagai contoh, kacang garuda dan kacang dua kelinci.

Contoh Nama Usaha yang Beruntung

Tujuan dari setiap bisnis adalah menghasilkan keuntungan. Sehingga wajar apabila setiap pemilik bisnis senantiasa menginginkan keberuntungan. Selain terus mempelajari ilmu marketing dan mempraktekkannya, keberuntungan tersebut bisa dipancing dengan memberikan nama yang bagus.

Baca Juga: 20+ Contoh Kata Kata Untuk Mengajak Donasi Yang Menarik

Beberapa contoh nama yang dipercaya mendatangkan keberuntungan terhadap usaha antara lain:

  1. Hokki
  2. Makmur Jaya
  3. Al Barokah
  4. Toko Barokah
  5. Kamila
  6. Azza
  7. MM Maju
  8. Fortune

Demikianlah pembahasan mengenai nama usaha yang bagus dan artinya. Semoga bisa menjadi referensi untuk Anda semua yang sedang menentukan merk bisnis.

Posted by
Fajar Muhsy

Seorang Blogger dan Internet Marketer. Suka menulis informasi terbaru seputar bisnis dan perkembangan teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *