pelabuhan di indonesia
Content Placement

Daftar Pelabuhan Terbesar Di Indonesia Yang Paling Ramai

Pelabuhan adalah tempat untuk kapal singgah entah itu untuk kapal yang mengangkut penumpang atau kapal yang mengangkut peti kemas. Kita semua tentu tahu jika Indonesia merupakan negara kepulauan yang sebagian besar wilayah Indonesia merupakan daerah perairan.

Karena menjadi negara kepulauan tersebut tentu saja membuat setiap sudut semua pulau yang ada di Indonesia mempunyai pelabuhan tempat untuk kapal berlabuh. Kapal juga menjadi salah satu alat transportasi yang paling populer di Indonesia.

Kapal menjadi alternatif pesawat bagi masyarakat Indonesia yang ingin pergi melintasi pulau namun tidak mempunyai budget yang cukup, lalu apa saja pelabuhan terbesar di Indonesia? berikut di bawah ini mahatekno.com akan memberikan daftarnya.

Apa Saja Pelabuhan Terbesar Di Indonesia?

Tentu saja karena Indonesia sebagai negara kepulauan, membuat Indonesia juga memiliki banyak sekali pelabuhan-pelabuhan yang digunakan untuk tempat singgah dari kapal-kapal. Entah itu kapal dari dalam atau luar negeri.

Dari banyaknya pelabuhan yang ada di Indonesia, pernahkah anda berpikir tentang apa saja pelabuhan terbesar di Indonesia? Jika anda penasaran dengan informasi tersebut, berikut dibawah ini adalah beberapa pelabuhan terbesar di Indonesia.

Baca juga: 12+ Ide Usaha Yang Menjanjikan Keuntungan dan Penghasilan Besar

Pelabuhan Tanjung Priok

Pelabuhan yang terletak di Utara provinsi DKI Jakarta ini adalah pelabuhan teramai untuk mengangkut barang yang masuk dan keluar dari dalam atau luar negeri.

Pembangunan dari pelabuhan Tanjung Priok ini bermula karena terjadi pengendapan lumpur di muara Ciliwung pertengahan tahun 1960 lalu.

Akibatnya tentu saja membuat masalah untuk banyak kapal yang sedang ramai berlabuh di Pelabuhan Sunda Kelapa.

Oleh sebab itu karena lokasi dari Tanjung Priok yang dekat dengan Sunda Kelapa, akhirnya dibangunlah pelabuhan Tanjung Priok.

Pelabuhan Merak

Pelabuhan yang menghubungkan pulau Jawa dengan Sumatra yang terpisah oleh selat Sunda ini setiap harinya banyak perjalanan feri menuju Bakauheni dilampung dari merak atau sebaliknya.

Pelabuhan merak ini juga sering dijadikan sebagai gerbang keluar dan masuknya arus kapal dari pulau Jawa menuju ke Pulau Sumatra atau sebaliknya.

Baca juga: 14+ Toko Bahan Kue Surabaya Terdekat Yang Wajib Kamu Coba!

Pelabuhan Tanjung Perak

Apakah anda pernah mendengar lagu tentang pelabuhan Tanjung Perak? Jika pernah tentu saja hal ini wajar karena pelabuhan Tanjung Perak adalah pelabuhan terbesar di Indonesia.

Bahkan Menjadi pelabuhan teramai kedua setelah Tanjung Priok yang menghubungkan Surabaya dengan kota kota pelabuhan lain di Indonesia.

Pelabuhan yang terletak di Surabaya ini sering dijadikan sebagai tempat berlabuh dari kapal-kapal setiap harinya.

Pembangunan dari pelabuhan Tanjung Perak ini dibangun pada tahun 1910 lalu.

Pelabuhan Bakauheni

Pelabuhan yang menghubungkan pulau Jawa dengan sumatera yang setiap hari ramai karena ada jasa angkut mulai dari barang hingga bus Penumpang.

Pelabuhan ini diberi nama Bakauheni karena sesuai dengan nama kecamatan yang menjadi lokasi dari pelabuhan.

Baca juga: 7 Tokoh Wirausahawan Dibidang Kerajinan Yang Sukses

Pelabuhan Tanjung Mas

Pelabuhan yang berada di kota Semarang ini memiliki banyak sekali fasilitas di dalamnya. Dulu pihak Belanda merencanakan membuat kota Semarang sebagai kota pelabuhan dan dagang.

Pelabuhan Tanjung Mas ini memiliki luas sekitar 500 hektar yang memiliki banyak sekali alat-alat yang digunakan untuk kapal seperti Dermaga yang luas, Kolam Pelabuhan dan juga alur pelayaran.

Pelabuhan Ketapang

Pelabuhan yang menjadi pintu gerbang dari pulau Jawa menuju pulau Bali ini setiap harinya ramai untuk menyebrang menuju Bali atau sebaliknya. Setiap harinya ada ratusan kapal Feri yang singgah di pelabuhan Ketapang ini yang mengangkut orang-orang dari pulau Bali menuju Pulau Jawa dan sebaliknya.

Baca juga: 1000+ Kata Kata Bijak dan Mutiara: Romantis, Cinta, Motivasi, Kehidupan

Pelabuhan Harbour Bay

Pelabuhan yang sekarang menjadi salah satu destinasi pariwisata saat berkunjung di pulau Batam guna melihat lampu dari negeri tetangga yaitu Singapura.

Pelabuhan Sunda Kelapa

Pelabuhan yang sudah ada dari sejak abad ke 12 atau sejak era kerajaan Pajajaran ini yang sekarang menjadi pasar ikan.

Baca juga: 18+ Contoh Kata Kata Promosi Makanan di Instagram Yang Kreatif

Pelabuhan Batam Center

Pelabuhan yang sering menjadi tempat produk impor masuk dan tak sedikit orang yang menjual barang dari Batam Center dengan murah walaupun itu adalah merk terkenal.

Pelabuhan Soekarno Hatta Makasar

Menjadi tempat keluar masuknya barang dari daerah lain atau negara lain menuju ke Makasar. Dimana terdapat terminal peti kemas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *