Promotion Mix: Penjelasan dan Cara Implementasi Dalam Dunia Marketing

  • 5 min read
  • Okt 18, 2020
promotion mix

Apa itu Promotion Mix? Promotion Mix adalah sebuah gabungan dari segala bentuk promosi yang berbeda-beda untuk menawarkan satu produk yang sama, tujuannya agar hasil dari promosi tersebut bisa membuahkan hasil yang benar-benar maksimal sesuai target.

Namun sebelum melakukan kegiatan promosi apapun, alangkah baiknya kamu melakukan planing atau perencanaan yang benar-benar matang yang mencakup bauran promosi.

Promotion mix merupakan salah satu ilmu pemasaran yang paling mendasar yang memiliki peranan penting. Meskipun sebagian orang lebih sering mendengar istilah marketing mix 4p (product, price, place dan promotion) daripada promotion mix. Lantas, apa sih sebenarnya arti dari promotion mix?

Apa Perbedaan Promotion Mix Dengan Marketing Mix?

Kata ❝Promosi❞ sendiri mempunyai banyak sekali arti dan penafsirannya (multi-tafsir).

Sebagian orang berpendapat kalau promosi itu adalah iklan televisi (TV), Radio, media elektronik, dan yang lainnya.

Sebagian orang lagi berpendapat kalau promosi itu digambarkan dengan yang berbau diskon atau potongan harga, cashback, dan sebagainya.

Di samping itu ada juga yang menggambarkan kalau promosi itu ialah memberikan informasi-informasi sebanyak mungkin mengenai produk yang ditawarkan kepada calon konsumen.

Jadi, mana yang benar mengenai pengertian promotion mix atau bauran promosi?

Kalau kamu bingung untuk memilih definisi yang tepat dari istilah promosi ini, ada alternatif yakni sebuah kata  kunci yang bisa kamu jadikan sebagai acuan, yaitu Komunikasi (marketing communication mix).

Pasalnya, di era yang modern ini sebuah promosi harus benar-benar dapat mempresentasikan produk dengan komunikasi yang baik.

Intinya, promosi adalah sebuah cara kita berkomunikasi dengan calon customer (konsumen) atau target pasar kita, sehinga pesan promosi yang kita buat tersebut bisa diterima oleh target pasar, dan bisa memengaruhi mindset atau emosional calon pembeli.

Apa Arti Promotion Mix Yang Sebenarnya?

Promotion Mix atau yang biasa juga dikenal dengan istilah Bauran Promosi adalah elemen atau variabel pemasaran yang sudah memasuki ranah promosi.

Secara umum, marketing communication mix adalah gabungan dari 4 (empat) elemen atau variabel dasar (kata De Loizer).

Yang kemudian istilah tersebut dilanjutkan oleh Philip Kotler, dan bentuknya kemudian dimodifikasi atau ditransformasikan oleh Shimp dan juga Crosier.

Selanjutnya, konsep promotion mix tersebut dirumuskan ulang oleh Belch pada tahun 1995 menjadi Communication mix 4p yang terdiri dari 4 aktivitas dasar, diantaranya advertising, personal selling, sales promotion dan juga public relationship.

Apa Tujuan Promotion Mix?

Tujuan utama dari bauran promosi atau promotion mix adalah untuk membantu dalam menentukan strategi pemasaran atau marketing dalam hal ruang lingkup komunikasi dan juga persuasi kepada calon customer.

Dengan kata lain, promotion mix ini akan mengakomodir seluruh aspek yang ada kaitannya dengan variabel interaksi konsumen, baik yang bersifat satu arah (iklan atau periklanan), ataupun dua arah (personal selling, sales promotion, dan public relations).

Parameter yang digunakan untuk mengukur keberhasilan dari promotion mix adalah adanya feedback positif dari pelanggan yang bisa berupa InteractionsAwareness, dan garis akhirnya adalah Selling alias Omset.

Variabel Apa Saja Yang Masuk Ke Dalam Promotion Mix?

Seperti yang sudah tim Mahatekno bahas sebelumnya di atas, kalau bauran promosi itu memiliki 4 variabel alias elemen, berikut rangkuman beserta penjelasannya:

Advertising

Advertising (sebutan lain: iklan atau periklanan) adalah salah satu media komunikasi marketing yang sudah menjadi bagian paling integral di semua elemen masyarakat dan juga ekosistem manusia.

Dalam kehidupan warga masyarakat yang sudah kompleks dan maju, iklan ini berevolusi ke ranah sistem komunikasi vital masyarakat, apalagi di dalam dunia bisnis.

Untuk beriklan sendiri itu membutuhkan metode atau cara promosi yang benar-benar akurat, baik dalam isi pesan atau cara penyampaiannya agar bisa mendapatkan feedback yang dahsyat dari target pasar kita. (Prisgunanto, 2006:73).

Contoh iklan yang paling sering sekali digunakan alias yang paling umum sekali dipakai untuk promosi, seperti iklan media cetak, iklan media elektronik, TV, Radio, iklan display, iklan komersial dan juga media sosial yang diklaim dapat menyasar audience lebih spesifik.

Sebagai catatan, dengan paparan yang saya tulis ini sekaligus bisa mematahkan argumen yang menyatakan kalau promosi itu hanya sekedar beriklan saja.

Padahal, yang sebenarnya adalah iklan adalah salah satu bagian daripada bauran promosi.

Personal Selling

Personal selling ini mempunyai efek yang secara langsung pada tahapan penjualan produk berdasarkan sales force promotion.

Karena memang keunggulan personal selling yang paling utama adalah kemampuan untuk mendekatkan customer (pelanggan) dengan penjualan melalui jalur distribusi produk (barang/jasa) yang ada.

Karena melalui personal selling inilah pelanggan tidak akan sungkan untuk menanyakan tentang produk yang kamu tawarkan secara leluasa.

Calon pembeli juga akan mendapatkan informas-informasi yang sangat akurat, baik sisi kekurangan dan juga kelebihan dari produk yang kamu jual (Prisgunanto, 2006:74).

Lantas, apa perbedaan antara personal selling dengan sales force? Jawabannya tidak lain adalah identik.

Lha, mengapa jawabannya identik? Secara umum aktivitas dan tugas utamanya sangat mirip sekali, hanya saja yang menjadi perbedaan paling mendasarnya adalah GOAL.

Sales force pomotion akan fokus terhadap bagaimana mereka bisa closing penjualan sesuai target secara optimal.

Sedangkan personal selling akan lebih menitik beratkan tugasnya terhadap bagaimana informasi produk (product knowledge) dapat diterima dan dimengerti oleh calon konsumen.

Pernahkah kamu melihat Sales Promotion Girl (SPG) minuman (Yakult misalnya) berkeliling di tempat-tempat umum yang ramai untuk menawarkan produk barunya dan kemudian mereka meminta nomor HP?

Nah, kegiatan tersebut adalah salah satu contoh paling gampang dari sebuah personal selling yang saya maksud.

Tugas SPG Yakult tersebut tentunya akan berbeda dengan sales Yakult, karena sales akan lebih fokus ke bagaimana minuman Yakult tersebut bisa laku terjual ke banyak toko atau konsumen.

Bagaimana, sudah pahamkah? Jika sudah, mari kita lanjutkan ke materi berikutnya!

Sales Promotion

Dalam sarana dan prasarana komunikasi pemasaran, peranan sales promotion ini sangat mempunyai efek yang sangat baik dalam mengupayakan dan menstimulasi tekanan terhadap sikap pembelian yang dilakukan customer.

Asumsi inilah dimulai dari kebiasaan seseorang yang akan membeli suatu barang yang mana tidak ada rencana untuk membelinya (dadakan), dan hal ini yang akan terjadi pada closing penjualan dengan menggunakan sarana ini.

Penjualan mungkin saja terjadi membludak ketika sedang promosi atau membuka pameran produk, karena faktor emosional bukan dari kesadaran pembeli terhadap produk yang kita jual.

Karena pada artikel saya yang berjudul contoh kalimat menawarkan produk, bahwa ❝Penjual menawarkan produk secara rasional, sedangkan pembeli memutuskan untuk membeli produk berdasarkan emosional.

Sales promotion yang saya maksud adalah proses mengenalkan produk (barang/jasa) melalui sebuah acara pameran atau lokasi/daerah tertentu.

Jadi, poin utama daripada sales promotion adalah memotong jarak alias mendekatkan produk yang dijual kepada calon konsumen.

Tujuan utama dari aktivitas ini juga sama denga yang sebelumnya, yakni mendapatkan feedback yang tepat, akurat dan cepat.

Feedback inilah yang akan berperan sangat penting demi suksesnya produk tersebut, karena nantinya feed back ini akan diterjemahkan menjadi sebuah informasi dan data internal sebuah perusahaan tersebut.

Public Relations

Membanguan hubungan baik dengan dengan pelanggan atau calon konsumen dengan cara menciptakan sebuah pengembangan komunitas atau community development adalah salah satu strategi pemasaran yang bagus karena bersifat berkelanjutan bagi internal perusahaan.

Meskipun efek yang ditimbukan sangat lambat, akan tetapi proses menaikkan nilai trust (kepercayaan) dan juga penyampaian pesan akan menjadi semakin meningkat, baik secara konstan maupun ajek.

Variabel atau elemen bauran promosi yang terakhir ini menjadi salah satu yag paling hits saat ini ketimbang tiga elemen sebelumnya.

Bahkan, banyak sekali orang yang fokus untuk mendalami ilmu Public Relationship (PR) ini yang kemudian menjadikannya sebagai profesi utama mereka.

Secara umum arti public relations ini adalah sebuah wadah yang berguna untuk menampung seluruh aspirasi dari customer (pelanggan),

Bukan hanya itu saja, Public Relations juga juga berfungsi sebagai jembatan yang menghubungkan antara pihak perusahaan dengan pelanggannya, sehingga perusahaan bisa dengan mudah mendapatkan informasi-informasi penting dari sudut pandang masing-masing pelanggan.

Itulah paparan singkat mengenai pengertian dan definisi promotion mix dalam dunia marketing yang bisa saya sampaikan dalam artikel ini.

Jika ada yang kurang dimengerti, ada kesalahan dalam penjelasan, atau ada yang ingin kamu tanyakan, silakan tulis saja di kolom komentar!

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *